Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bantu Percepatan "Herd Immunity", Sekolah Pribadi Depok Gelar Vaksinasi Covid-19

KOMPAS.com - Untuk mendukung Pemerintah dalam mempercepat proses terbentuknya herd immunity (kekebalan kelompok), Sekolah Pribadi Depok menggelar vaksinasi pada Selasa, 10 Agustus 2021.

Acara yang dimulai sejak pukul 08.00 WIB tersebut menargetkan 1.000 peserta pada tahap pertama menggunakan vaksin jenis Astrazeneca.

Peserta vaksin ditujukan untuk usia minimal 18 tahun dan ditujukan bagi warga sekolah, alumni, orangtua siswa. Acara ini terselenggara atas kerja sama Sekolah Pribadi Depok dengan Polsek Beji dan Satgas covid Kemiri Muka, Beji, Kota Depok.

"Alhamdulillah warga sekolah, orangtua siswa serta alumni antusias memberikan dukungan kegiatan vaksin ini," ujar Bibit Wiyana, Kepala Sekolah SMP Pribadi Depok kepada Kompas.com melalui pesan singkat (10/8/2021).

Lebih jauh Bibit menjelaskan, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Sekolah Pribadi Depok dalam menekan jumlah pasien terpapar virus Corona mengingat pemberian vaksin merupakan salah satu upaya efektif untuk mengatasi pandemi yang masih berlangsung. 

Bibit menyampaikan, sebelum acara berlangsung, seluruh peserta telah mengisi form pendaftaran yang disediakan oleh pihak sekolah. Para peserta diminta untuk membawa kartu identitas diri ketika datang, sebagai bukti telah terdaftar sebagai penerima vaksin.

Penyelenggaraan vaksinasi ini, tambah Bibit, tetap menerapkan protokol kesehatan selama acara berlangsung. Kegiatan vaksinasi tersebut berjalan dengan lancar dan kondusif.

"Seluruh peserta yang terdaftar diberikan arahan dengan jelas dan dilayani dengan sebaik mungkin. Kegiatan tersebut juga dijadwalkan oleh pihak sekolah sehingga tidak terjadi penumpukan selama berlangsungnya vaksinasi," ungkapnya.

Ke depan, Bibit menyampaikan pihaknya juga telah mengangendakan untuk mengadakan vaksinasi khusus bagi siswa, atau vaksinasi anak 12 tahun ke atas. "Kita sudah agendakan dengan satgas covid untuk menyelenggarakan vaksin untuk siswa di kota Depok," ujar Bibit.

Sekolah Pribadi Depok sendiri, ujar Bibit, saat ini masih menjalankan pembelajaran berbasis daring sambil menunggu keputusan Dinas Pendidikan dan Satgas Covid terkait izin pelaksanaan PTM terbatas nantinya.

"Vaksin Covid-19 diharapkan bisa menjadi solusi untuk menyudahi pandemi yang telah memakan banyak korban jiwa serta melumpuhkan aktivitas masyarakat, dan partisipasi Anda dalam program vaksinasi ini akan sangat membantu pemulihan kondisi negara kita," pesan Kepala Sekolah SMP Pribadi Depok ini.

Lebih jauh ia mengingatkan, vaksin bukanlah "obat pandemi" melainkan upaya untuk membentengi diri dari efek virus penyebab Covid-19.

"Karena itu, jangan pernah tinggalkan gaya hidup sehat dan selalu praktikkan 5M; menggunakan masker, mencuci tangan, menjauhi kerumunan, menjaga jarak dan mengurangi mobilitas," pungkas Bibit.

https://edukasi.kompas.com/read/2021/08/10/215834671/bantu-percepatan-herd-immunity-sekolah-pribadi-depok-gelar-vaksinasi-covid

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke