Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Orangtua, Begini Cara Mudah Ajari Anak Belajar Membaca dan Menghitung

Penulis: Jan Alvin, John Putra, dan Jesicca Ford, SMK Tarakanita Jakarta

KOMPAS.com - Pendidikan bagi anak usia dini, khususnya usia 3–5 tahun amatlah penting sebagai dasar perkembangan anak. Selama masa ini, konsep pembelajaran penting diberikan sambil bermain sesuai dengan masa tumbuh kembangnya.

Apalagi, saat ini semua sistem pendidikan mulai PAUD hingga bangku kuliah telah berubah total semenjak pandemi Covid-19 menimpa Indonesia. Sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ) diterapkan sekitar setahun belakangan ini.

Lantas, di masa seperti sekarang ini, bagaimana orangtua bisa memenuhi kebutuhan pembelajaran tersebut? Apalagi, sistem belajar ini membuat orangtua berperan jauh lebih banyak daripada saat sebelum Covid-19 melanda.

Keterlibatan orangtua selama PJJ memang menjadi sangat penting. Namun, banyak orangtua yang merasa kesulitan dalam mengatur waktu saat mendampingi anak belajar. Terlebih bagi mereka yang anaknya masih duduk di bangku PAUD atau TK.

Terlebih, pada masa PAUD keterampilan anak penting untuk diasah sebagai persiapan menuju jenjang sekolah berikutnya. Untuk itu, orangtua perlu cermat dan tepat memberikan pembelajaran pada si kecil.

Orangtua, harus kreatif saat menghadirkan situasi belajar yang menyenangkan bagi anak. Tentu agar anak tidak merasa bosan saat belajar dari rumah. Apa saja yang perlu dipelajari anak-anak di usia PAUD dan TK?

Tentu pembelajaran berkaitan bicara, berbahasa, mengenal warna, mengenal bentuk, mengenal banyak hal, perlu diajarkan pada anak diusianya yang masih sangat kecil.

Lalu, bagaimana caranya? Mudah kok. Anda tidak perlu khawatir karena buku Aktivitas Super Paud terbitan Elex Media Komputindo bisa menjadi referensi sekaligus inspirasi Anda saat mendampingi anak-anak usia PAUD belajar di rumah.

Anda bisa melakukan banyak aktivitas dan kegiatan seru lewat buku ini, seperti mengasah kemampuan bahasa, logika, dan juga sains.

Aktivitas-aktivitas tersebut terungkap dalam kegiatan mengenal huruf, latihan membaca, latihan menulis, mencocokkan dan menghubungkan benda dengan katanya, dan masih banyak lagi.

Beragam aktivitas yang ada dalam buku ini dijamin tidak akan membuat anak bosan belajar di rumah, kecerdasan dan kreativitasnya diharapkan juga akan meningkat pesat. Buku ini bisa menjadi solusi untuk mendampingi anak usia PAUD dan TK untuk belajar di rumah.

Penasaran?

Cek di sini: https://www.gramedia.com/products/aktivitas-hebat-paud-stiker

Pengen beli buku ini, tapi dompet tetap aman?
Klik ini: http://bit.ly/voucher_artikel

https://edukasi.kompas.com/read/2021/08/17/152503771/orangtua-begini-cara-mudah-ajari-anak-belajar-membaca-dan-menghitung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke