Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cangkang Telur Bisa Jadi Pupuk Tanaman, Mahasiswa Unpad Jelaskan Caranya

KOMPAS.com - Berdasarkan hasil observasi, angka konsumsi telur di Indonesia tiap tahunnya meningkat. Hal ini berimbas pada meningkatnya limbah by product berupa cangkang telur.

Limbah tersebut biasanya hanya akan dibuang begitu saja oleh industri UMKM, restoran, atau bahkan di skala rumah tangga. Padahal, cangkang telur memiliki kandungan kalsium yang tinggi, cangkang telur dapat diolah menjadi pupuk dan biopestisida.

Hal tersebut dipaparkan dalam diskusi kelompok terpumpun tentang pemanfaatan limbah cangkang telur sebagai pupuk dan biopestisida oleh tim KKN-PPM Virtual Integratif Universitas Padjadjaran tahun 2021 dengan dosen pembimbing Atiek Rostika Noviyanti.

Tim KKN-PPM Virtual Integratif Unpad tahun 2021 pun melakukan peragaan penggunaan limbah cangkang telur sebagai pupuk dan biopestisida.

Menurut tim, penggunaan cangkang telur untuk pupuk cukup mudah. Cangkang telur bekas pakai terlebih dahulu dihancurkan, bisa menggunakan penggiling atau hancurkan dengan tangan.

Setelah itu, cangkang telur yang telah dihancurkan bisa ditaburkan di atas permukaan tanah. Dibutuhkan waktu beberapa minggu hingga cangkang bisa terurai dan diserap oleh akar tanaman.

Selain mengandung kalsium, cangkang telur juga mengandung fosfor yang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan tanaman.

ada kesempatan tersebut juga digelar sayembara bagi peserta untuk membuat video kreatif tentang pembuatan pupuk atau biopestisida dari cangkang telur.

Para peserta yang mengikuti kegiatan tersebut berasal dari 10 kabupaten/kota di Jawa Barat. Peserta berasal dari berbagai kalangan, di antaranya pelajar dan ibu rumah tangga.

Adapun tim KKN ini meliputi Esti Widyaningsih (FEB), Dickry Abil (FK), Adinda Salma (FK), Annisa Nafis (FISIP), Rifqi Aufan (FISIP), Badra Jultouriq (FISIP), Aji permana (Fapet), Dini Fitria (Fkep), Nur Bilqis (Fkep), dan Qariba Zaki (FTG).

https://edukasi.kompas.com/read/2021/08/20/174254971/cangkang-telur-bisa-jadi-pupuk-tanaman-mahasiswa-unpad-jelaskan-caranya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke