Salin Artikel

7 Tips WFH Bebas Stres dan Tetap Produktif

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 telah mengubah banyak hal, salah satunya tempat dan waktu bekerja. Jika dulu, semua bisa bekerja secara tatap muka tanpa perlu khawatir, kini tak lagi seperti itu.

Sistem kerja semasa pandemi pada akhirnya diubah menjadi online atau daring. Meski, tidak semua jenis pekerjaan 100 persen dilakukan secara online. 

Siapa yang bisa menduga harus bekerja di rumah bersama orang tua atau istri dan anak-anak, sehari penuh dan lima hari dalam seminggu atau dengan sebutan Work from Home (WFH) atau bekerja dari rumah. 

Bayangkan pekerja yang mempunyai anak yang masih kecil, betapa repotnya. Belum lagi sarana kerja yang tidak semua orang memilikinya, seperti laptop dan koneksi internetnya. Juga berbagai berkas, dokumen atau data yang sebagian besar tentunya berada di kantor.

Kondisi demikian, menuntut kita untuk bisa menyesuaikan diri dan tetap dengan komitmen, tetap bekerja secara aktif, produktif, dan kreatif walau bekerja dari rumah dengan segala keterbatasan. Agar tidak stres dan tetap produktif dari rumah, ada tips jitu yang bisa dilakukan. Dilansir dari laman Puslapdik Kemendikbud Ristek, berikut tipsnya:

1. Membuat jadwal harian

Setiap pekerja tentunya mempunyai job desk-nya sendiri-sendiri yang sudah disusun di kantor. Buatlah jadwal harian dan daftar pekerjaan yang harus diselesaikan setiap hari sesuai dengan job desk masing-masing.

Jadwal harian ini membuat semua pekerja fokus dan dapat digunakan sebagai panduan, mana pekerjaan yang sudah dikerjakan, mana yang belum dan mana pekerjaan yang harus segera diselesaikan agar tidak ada pekerjaan yang terlewat. Buatlah prioritas pekerjaan.

2. Persiapkan sarana komunikasi

Lengkapi handphone dengan kouta internet yang cukup. Anggaran transport dan makan siang di kantor bisa dialihkan untuk membeli kouta internet. Bekerja dari rumah membuka kemungkinan adanya kegiatan secara daring, seperti zoom, google meet, Webinar, dan sebagainya. Pastikan kouta internet mencukupi.

3. Menentukan ruang kerja

Agar pekerjaan bisa terselesaikan, usahakan memilih ruang kerja yang nyaman dan tidak terganggu. Usahakan untuk mempunyai kursi dan meja kerja yang khusus agar tidak mudah mengantuk atau malas dalam melakukan aktivitas.

4. Disiplin dengan Waktu

Dengan bekerja dari rumah tentunya jam kerjanya lebih fleksibel. Namun ada godaan dalam hal kedisiplinan karena tidak ada pengawasan langsung dari atasan maupun bagian kepatuhan internal. Pastikan, bahwa kita bekerja untuk “bekerja” bukan untuk terlihat pimpinan.

Jangan sampai sering meninggalkan pekerjaan untuk urusan lain yang akhirnya menghambat penyelesaian tanggung jawab pekerjaan. Buatlah manajemen waktu untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.

5. Jangan banyak menggunakan handphone

Salah satu sumber godaan saat bekerja di rumah adalah penggunaan Handphone untuk urusan di luar pekerjaan, seperti gaming, chatting, browsing, dan sebagainya. Kendalikan diri dalam menggunakan handphone dan gunakan hanya untuk urusan pekerjaan. Kalau untuk urusan di luar pekerjaan, gunakan sewajarnya.

6. Istirahat sejenak

Bekerja di rumah tentunya membosankan. Coba atasi kebosanan dengan sekedar menghirup udara segar untuk pergi ke halaman depan atau belakang rumah, atau bisa juga sementara waktu bercanda dengan istri atau anak-anak. Bisa juga dengan sejenak mendengarkan musik atau menonton televisi.

7. Berolahraga

Walaupun saat ini sedang pandemi jangan lupa untuk menyempatkan diri berolahraga. Olahraga sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas tubuh.

https://edukasi.kompas.com/read/2021/08/23/062100871/7-tips-wfh-bebas-stres-dan-tetap-produktif

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.