Salin Artikel

8 Hutan Paling Seram di Dunia, Salah Satunya di Indonesia

KOMPAS.com - Di sejumlah negara, termasuk di Indonesia, ada banyak hutan yang masih terjaga kelestariannya dan menyandang status sebagai hutan lindung.

Sebagai paru-paru dunia yang menyimpan berbagai jenis tanaman atau hewan atau dikenal dengan biodiversity, hutan perlu dilindungi dari penebangan liar yang berpotensi menyebabkan rusaknya ekosistem di bumi.

Namun, ada sebagian masyarakat memiliki kepercayaan hutan tertentu menyimpan misteri, mulai dari kejadian mistis hingga hal mengerikan lain.

Merangkum platform pendidikan Kelas Pintar, Sabtu (28/8/2021), berikut 8 hutan paling angker di dunia yang salah satunya ada di Indonesia:

1. Aokigahara Forest, Jepang

Jepang merupakan salah satu negara yang dikenal memiliki tingkat bunuh diri terbesar di dunia. Bahkan, anggapan harakiri sangat kental dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kebudayaan Jepang.

Saking tingginya angka bunuh diri di kalangan masyarakat, konon Aokigahara Forest menjadi salah satu lokasi yang sering digunakan untuk melaksanakan hal mengerikan tersebut.

Maka, tidak salah bila ada anggapan banyak yang sering melihat roh gentayangan di kawasan tersebut

2. Dow Hill Forest, India

India merupakan salah satu negara yang memiliki hutan yang sangat luas. Salah satu hutan yang dilindungi adalah Dow hill Forest.

Begitu dilindunginya hutan ini bahkan masih terjaga kelestariannya. Meski begitu, tidak sedikit berhembus informasi di kalangan masyarakat sekitar hutan yang mengungkapkan misteri yang mengerikan tentang hutan ini.

Konon, Dow Hill Forest merupakan salah satu lokasi yang kerap dijadikan sebagai lokasi pembunuhan. Tak sedikit orang yang melihat penampakan mengerikan anak kecil tanpa kepala bergentayangan di tengah hutan.

Meski sulit untuk mendapatkan bukti, kabar tersebut sudah menjadi rahasia umum bagi masyarakat India.

3. Epping Forest, Inggris

Inggris merupakan salah satu negara yang aktif dalam perjalanan perang dunia I hingga perang dunia II dan memiliki rekam jejak peperangan lainnya sejak berabad-abad silam.

Sehingga, ada banyak kejadian mengerikan yang terjadi pada masa tersebut. Salah satunya adalah kejadian misterius yang terjadi di hutan Epping Forest.

Konon, hutan ini menjadi salah satu tempat pembantaian dan menyimpan banyak jenazah korban perang ataupun korban pembunuhan. Masyarakat Inggris menyebut ada misteri yang terjadi mulai dari sering terdengarnya suara mistis hingga terlihat penampakan misterius dari dalam hutan.

Satu hal yang pasti, masyarakat Inggris menganggap Epping Forest sebagai salah satu hutan paling mengerikan.

4. Isla de las Munecas, Meksiko

Meksiko menyimpan misteri hutan yang memiliki mistis yang sangat mengerikan. Di mana, di salah satu hutannya, yakni Isla de las Munecas banyak menyimpan boneka-boneka yang tergantung dalam pepohonan di hutan tersebut.

Sehingga memberikan efek yang menyeramkan bagi siapa saja yang menjelajahi hutan.

Dalam kisahnya, penduduk pulau tersebut menemukan jasad seorang gadis dengan sebuah boneka, sebagai bentuk penghormatan boneka tersebut digantungkan di sebuah pohon dan hingga kini jumlah boneka yang tergantung di hutan tersebut semakin banyak dan mencapai ribuan hingga kini hutan tersebut memberikan aura mistis yang kental.

5. Hoia-Baciu Forest, Romania

Hoia-Baciu di Transylvania menjadi perhatian banyak orang, bahkan dianggap sebagai segi tiga Bermuda di daratan. Hal ini dikarenakan hutan tersebut memiliki lingkaran di tengahnya.

Konon, ada seorang penggembala dengan ratusan domba gembalanya hilang di hutan tersebut, sehingga menambah anggapan hutan tersebut menyeramkan.

Banyak anggapan setiap orang yang masuk ke dalam hutan tidak akan pernah kembali atau hilang, karena hutan ini memiliki portal menuju dunia lain. Kalaupun selamat, mereka akan mengalami sejumlah gangguan fisik.

6. Black Forest, Jerman

Hutan ini begitu padat, pohon cemara dan pinus menjulang rapat, hingga nyaris tak ditembus sinar matahari.

Masyarakat sekitar sering mengaitkan pada kejadian mistis, bahkan di antaranya pernah mendengar ada yang melihat penampakan misterius penunggang kuda yang konon suka menculik perempuan.

7. Alas Purwo, Indonesia

Hutan Alas Purwo dikenal sebagai salah satu hutan yang dilindungi kelestariannya di Jawa. Namun rupanya masyarakat sering kali mengaitkan kepada hal mistis, sehingga tidak sedikit yang mempercayainya.

Konon, siapapun yang berani menjelajah hutan ini bisa salah jalan hingga hilang. Bahkan, dalam berbagai postingan di media sosial, banyak kendaraan bis yang diketahui nyasar hingga ke dalam hutan.

8. Amazon Rainforest

Hingga kini, hutan hujan yang masuk dalam teritorial beberapa negara ini memiliki banyak misteri yang belum terungkap.

Hal ini disebabkan karena hutan terbesar di dunia ini selain memiliki sungai terbesar dan terpanjang di dunia juga menyimpan flora dan fauna terbesar di dunia.

Bahkan, sebagian besar di antaranya merupakan flora dan fauna yang belum diketahui jenisnya. Sehingga, menjadikan Amazon Rainforest sebagai pusat penelitian flora dan fauna dunia, selain difungsikan sebagai paru-paru dunia.

https://edukasi.kompas.com/read/2021/08/28/113000571/8-hutan-paling-seram-di-dunia-salah-satunya-di-indonesia

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.