Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Panti Goceng, Cara Mahasiswa IPB Berbagi Ilmu dan Kebahagiaan ke Anak Panti Asuhan

KOMPAS.com - Dua mahasiswa IPB University membangun komunitas Panti Goceng, sebuah komunitas yang bergerak di bidang sosial untuk berbagi kebahagiaan dengan anak-anak panti asuhan.

Mengangkat motto "Give A Little Help A Lot", komunitas sosial ini diharapkan tak hanya sekadar berbagi materi, melainkan dapat meningkatkan wawasan, ilmu pengetahuan, dan berbagi kebahagiaan kepada adik-adik panti asuhan.

Mahasiswa Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan, Hanif Anshary Nasution mengatakan awal mula tercetus untuk mendirikan komunitas ini ialah pada saat ia dan rekannya, Habibul Fuadi Hanif dari Departemen Teknik Mesin dan Biosistem, mendatangi sebuah panti asuhan yang berada di sekitar daerah kampus IPB Dramaga.

"Kami melihat adik-adik yang tinggal di panti ini kurang termotivasi dalam merencanakan mimpi dan cita-citanya. Ada sekitar 20-an anak dengan jenjang pendidikan SMP hingga SMK. Dari kunjungan tersebut, muncul ide untuk menginisiasi berdirinya komunitas sosial yang dapat meningkatkan wawasan, ilmu pengetahuan, dan berbagi kebahagiaan kepada adik-adik panti asuhan,” ujar Hanif seperti dirangkum dari laman IPB University, Sabtu (28/8/2021).

Dari komunitas ini, Habibul dan Hanif mencoba untuk tak hanya berbagi dalam bentuk materi, tapi juga berbagi wawasan dan ilmu pengetahuan maupun softskill.

“Dengan adanya kata goceng dalam nama komunitas ini, kami ingin menyebarkan pesan bahwa tak perlu banyak, cukup sedikit saja kamu juga sudah sangat membantu. Dengan ini kami berharap lebih banyak teman-teman yang tergugah untuk membantu membahagiakan adik-adik di panti,” imbuhnya.

Menurut Hanif, ada banyak kegiatan yang telah dilakukan oleh komunitas Pantigoceng. Di antaranya yaitu kegiatan #TurunPanti, sebuah kegiatan berkunjung ke panti asuhan untuk berbagi wawasan dan pelajaran baru sekaligus bermain permainan yang edukatif.

“Ada juga Silaturahmi Panti, Buka Bersama Ramadhan di enam kota di Indonesia, webinar internasional, Qurban untuk Panti dan perlombaan antar panti. Ada juga beberapa kegiatan lainnya sebagai upaya membahagiakan dan membangkitkan semangat adik-adik di panti asuhan,” imbuhnya.

Untuk pengumpulan donasi, Hanif mengatakan mereka melakukan aksi-aksi kreatif seperti konser amal dengan Fosmi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (KM) IPB University dan GOMBAL (Go Beramal) setiap hari Jumat melalui platform media sosial Instagram Pantigoceng (@Pantigoceng).

“Kami juga juga membuka kesempatan beramal melalui rekening BSI a.n Amelia Kamila Islami 7152089729 dan dompet virtual (Go-Pay, OVO, dan Dana) melalui nomor 0877-8860-9839 atas nama Amelia Kamila Islami,” tutupnya.

https://edukasi.kompas.com/read/2021/08/28/160000571/panti-goceng-cara-mahasiswa-ipb-berbagi-ilmu-dan-kebahagiaan-ke-anak-panti

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke