Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Siswa, Ini 7 Tips Belajar Bahasa Asing Efektif dan Menyenangkan

KOMPAS.com - Mempelajari bahasa asing menjadi hal penting yang harus dilakukan siswa di era saat ini. Dengan kemampuan berbahasa asing, hal ini menjadi skill yang sangat menunjang saat mencari pekerjaan.

Selain mendapatkan pelajaran bahasa asing dari sekolah atau tempat les, siswa bisa juga bisa belajar dari kegiatan atau bahkan hobi sehari-hari. Misalnya melalui membaca buku maupun mendengarkan musik.

Melansir dari akun Instagram Dinas Pendidikan Jawa Barat, Sabtu (4/9/2021), mempelajari bahasa itu penting. Seperti kata pepatah, dengan menguasai bahasa asing maka dunia berada di genggamanmu.

Seperti kutipan dari jurnalis asal Amerika Flora Lewis, mempelajari bahasa lain bukan sekedar belajar kata yang berbeda untuk hal yang sama, melainkan mempelajari cara lain dalam berpikir tentang suatu.

Berikut tips belajar bahasa asing dari akun Instagram resmi Dinas Pendidikan Jawa Barat.

1. Biasakan mendengarkan lagu asing

Dengan mendengarkan lagu asing, kamu bisa menambah kosakata atau bahasa melalui lirik lagu yang disukai.

2. Menonton film

Menontin drama, film, anime atau pun video dengan subtittle bahasa asing bagi kamu yang suka menonton. Kamu juga bisa belajar hanya dengan menonton dengan catatan gunakan subtittle bahasa asing ya.

3. Bermain game onlien dengan orang asing

Bagi gamers, kamu juga bisa mengembangkan kemampuan bahasa kalian dengan melatih berbicara bersama lawan main yang merupakan orang asing. Ingat ya, gunakan kata-kata yang baik agar bisa berteman dan direspons dengan baik pula.

4. Melatih berbicara bahasa menggunakan Ome TV

Kamu juga bisa meniru Fiki Naki yang berlatih berbicara dengan orang asing melalui Ome TV. Jangan lupa, gunakan dengan bijak aplikasi ini agar mendapatkan manfaatnya.

5. Belajar autodidak melalui video learning di Youtube

Hanya dengan menonton video learning di Youtube, kamu bisa belajar bahasa asing secara gratis.

6. Mendengarkan podcast asing

Selain mendapatkan ilmu, kamu juga bisa belajar bahasa asing dengan mendengarkan podcast berbahasa asing.

7. Menghafal dan mencari kata-kata baru di buku asing

Kamu bisa belajar mencari kata-kata baru di buku asing dan mencari artinya di kamus. Jangan lupa menghafalkan kata-kata barunya.

Itulah 7 tips berbahasa asing yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuannya. Jika kamu terus memperdalam kemampuan berbahasa asing, hal ini sangat berguna saat mencari pekerjaan di masa yang akan datang.

https://edukasi.kompas.com/read/2021/09/05/072254871/siswa-ini-7-tips-belajar-bahasa-asing-efektif-dan-menyenangkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke