Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Unik, Mahasiswa Unesa Olah Ekstrak Daun Pisang Jadi Lotion Aromaterapi

KOMPAS.com - Buah pisang banyak tumbuh di Indonesia. Pisang juga dikenal memiliki banyak manfaat. 

Tak hanya buahnya saja, tetapi batang, daun hingga jantung buah pisang biasa dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia.

Kandungan buah pisang ini telah banyak dimanfaatkan para akademisi untuk membuat inovasi-inovasi yang bermanfaat di era sekarang.

Para mahasiswa Universitas Negeri Surabaya (Unesa) melakukan penelitian lebih lanjut terkait manfaat daun pisang.

Manfaatkan daun pisang raja

Tak hanya bermanfaat untuk membungkus makanan, daun pisang ternyata bisa diolah menjadi lotion yang dipakai untuk kulit manusia.

Ketua tim Desy Nur Rahmawati mengatakan, dia dan anggota tim lainnya menciptakan inovasi lotion alami aromaterapi dengan judul 'Lotion Aromaterapi dari Ekstrak Daun Pisang Sebagai Produk Stress Release dan Relaksasi Kulit'.

Dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa-Kewirausahaan (PKM-K) ini, Desy bersama dengan 4 mahasiswa lain yakni Nadifa Nur Permata, Anik Novitasari, Rizki Mulianingsih dan Muhammad Qomaruddin Sya’bani.

Desy menerangkan, manusia selalu dituntut untuk mengikuti perkembangan dan terus beradaptasi dengan perubahan yang kian lama kian cepat.

Manusia yang terus dituntut untuk mengikuti perubahan, sangatlah rentan dengan stres, gejala kecemasan, depresi maupun gangguan mental.

"Menurut data, manusia membutuhkan produk penghilang stres atau stres release dan banyak dicari," kata Desy seperti dikutip dari laman Unesa, Selasa (7/9/2021).

Stres memicu masalah pada kulit

Menurut Desy, kondisi stres berpengaruh pada banyak hal. Diantaranya menjadi faktor pemicu utama masalah peradangan kulit, kulit berminyak, maupun kulit kering.

"Tim kami membuat formulasi 'Care-U' lotion, yaitu alami aromaterapi dari ekstrak daun pisang raja," imbuh Desy.

Tim ini memilih ekstrak daun pisang raja karena kandungan serotonin dapat berfungsi sebagai antistres. Kandungan vitamin B dan vitamin E didalamnya juga berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit.

Hasilkan aromaterapi redakan stres

Desy mengungkapkan, melalui produk ini, timnya berharap "Lotion Aromaterapi dari Ekstrak Daun Pisang Sebagai Produk Stress Release dan Relaksasi Kulit" bisa membantu masyarakat. Khususnya dalam menghadapi masa pandemi Covid-19 seperti saat ini.

"Setidaknya, masyarakat dapat mengurangi tingkat stres melalui lotion alami aromaterapi yang kami buat," tandas Desy.

Dosen pembimbing dari tim PKM-K ini Wiryo Nuryono menambahkan, lotion ini dapat menjadi produk alternatif untuk menghilangkan stres, dan mengurangi kecemasan pada masyarakat.

https://edukasi.kompas.com/read/2021/09/08/092530571/unik-mahasiswa-unesa-olah-ekstrak-daun-pisang-jadi-lotion-aromaterapi

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+