Salin Artikel

6 Kampus Ini Berencana Adakan PTM Terbatas

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) terus mendorong agar siswa dan mahasiswa bisa mengikuti pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas dalam kondisi pandemi Covid-19.

Meski sempat tertunda karena lonjakan kasus positif Covid-19 beberapa waktu lalu, saat ini sejumlah perguruan tinggi terus berbenah untuk kembali melakukan perkuliahan tatap muka terbatas.

Melansir dari salah satu platform edukasi di Instagram @campuspedia, Jumat (10/9/2021) ada beberapa kampus yang sudah merencanakan perkuliahan tatap muka terbatas. 

Pihak kampus tetap mengedepankan protokol kesehatan dengan membatasi mahasiswa yang mengikuti perkuliahan tatap muka terbatas ini.

6 kampus yang merencanakan perkuliahan tatap muka

1. Universitas Sebelas Maret (UNS)

UNS telah melaksanakan PTM terbatas sejak Senin (6/9/2021) lalu secara bertahap dan bersyarat sesuai surat edaran Walikota.

PTM dilaksanakan di Fakultas Hukum, Fakultas Kedokteran, Fakultas Keolahragaan serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Kapasitas ruang kelas pun dibatasi hanya sampai 30 persen saja dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes).

2. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

UNJ melaksanakan kuliah tatap muka di semester ini hanya untuk kegiatan perkuliahan yang memerlukan kegiatan praktikum. 

PTM terbatas rencananya akan mulai dilaksanakan secara bertahap sampai Desember.

Namun tanggal pastinya masih belum ditentukan. Untuk perkuliahan yang tidak memerlukan praktikum masih tetap dilaksanakan secara daring.

3. Institut Teknologi Bandung (ITB)

ITB tidak akan terburu-buru untuk melaksanakan program PTM terbatas.

Namun menurut Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Jaka Sembiring, kuliah tatap muka tersebut akan dilaksanakan setelah UTS dengan kapasitas tidak lebih dari 30 persen.

4. Institut Pertanian Bogor (IPB)

PTM terbatas rencananya akan dilaksanakan IPB pada bulan Oktober setelah UTS. Saat ini, pihak kampus masih mempersiapkan segala hal agar pelaksanaan kuliah tatap muka terbatas bisa efektif.

Kuliah tatap muka terbatas ini akan diutamakan untuk kegiatan praktikum, praktik di laboratorium, studio dan laboratorium lapang.

5. Universitas Airlangga (Unair)

Unair sudah mulai melaksanakan kuliah tatap muka terbatas pada Senin (6/9/2021) dengan jumlah mahasiswa maksimal 25 persen.

Direktur Pendidikan Unair Prof. Sukardiman mengatakan, bahwa beberapa prodo rumpun Ilmu Kesehatan akan mulai melaksanakan praktikum hybrid setelah UTS di pertengahan Oktober.

6. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) 

ITS akan melaksanakan kuliah hybrid akhir September. Rektor ITS Prof, Mochamad Ashari mengatakan, ITS akan mengutamakan mahasiswa angkatan 2020 dan 2021 yang berlokasi di Surabaya Raya untuk kuliah hybrid atau secara daring dan luring.

Sebab, angkatan tersebut belum pernah melaksanakan kuliah langsung di ITS.

Itulah 6 kampus yang sudah merencakan PTM terbatas. Saat mengikuti perkuliahan tatap muka terbatas, mahasiswa tetap harus menggunakan masker dan menjaga jarak untuk mencegah penularan Covid-19.

 

https://edukasi.kompas.com/read/2021/09/10/130808071/6-kampus-ini-berencana-adakan-ptm-terbatas

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.