Salin Artikel

Unpar Buka Jalur Tanpa Tes bagi Mahasiswa Baru 2022, Simak Syaratnya

KOMPAS.com - Selain melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri (PTN), calon mahasiswa juga bisa memilih perguruan tinggi swasta (PTS).

Terlebih saat ini banyak PTS yang mempunyai kualitas tak kalah bagus dengan kampus negeri. Masalah biaya, saat ini banyak kampus swasta yang memberikan keringanan bagi calon mahasiswa yang memiliki kekurangan di bidang finansial atau merupakan siswa berprestasi.

Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) membuka seleksi tanpa tes bagi mahasiswa baru tahun 2022 melalui seleksi Program PMDK (Penelusuran Minat dan Kemampuan) yang telah dibuka sejak 1 September 2021 hingga 2 November 2021.

Seleksi Program PMDK yang ditawarkan Unpar tidak memungut biaya apapun.

Unpar buka jalur PMDK

Seleksi Program PMDK UNPAR tahun akademik 2022/2023 dilakukan secara online dan mengisi formulir isian yang tersedia sesuai petunjuk melalui laman http://pmb.unpar.ac.id.

Seleksi ditujukan bagi siswa kelas XII atau kelas 3 SMA/SMK/sederajat di seluruh Indonesia pada tahun ajaran 2021/2022.

Melansir dari laman Unpar, Sabtu (11/9/2021), persyaratan umum yaitu memiliki minat yang tinggi untuk melanjutkan studi di Unpar dan akan mendaftarkan diri apabila dinyatakan lulus seleksi program PMDK dan lulus SMA.

Jika pada jalur seleksi lain peserta bisa memilih sampai 3 pilihan program studi (prodi), pada seleksi Program PMDK, peserta hanya dapat memilih 1 prodi yang paling diminati dari 17 prodi yang tersedia di Unpar. Selain itu, pendaftaran PMDK hanya dapat dilakukan satu kali.

Peserta juga wajib memenuhi persyaratan nilai rapor, yaitu Nilai Mata Pelajaran di SMA kelas X sampai dengan kelas XI (nilai teori dan praktik) tidak kurang dari Nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

Jika sekolah menerapkan kurikulum 2013, nilai akan dikonversi secara otomatis sesuai dengan perhitungan dari Kemendikbud atau nilai yang diinput adalah nilai yang telah dikonversi dalam skala 100 oleh sekolah.

Selanjutnya, jika terdapat 2 nilai (Nilai Wajib dan Peminatan) dalam satu mata pelajaran. Hanya diinput nilai mata pelajaran wajib

Persyaratan khusus prodi

1. Program Studi Arsitektur : mengirimkan hasil gambar sesuai dengan petunjuk soal dan ketentuan.

2. Program Studi Filsafat : mengirimkan hasil penulisan esai/paper sesuai dengan petunjuk soal dan ketentuan.

3. Program Studi Teknik Kimia dan Teknik Elektro : Tidak Buta Warna, dibuktikan dengan mengupload Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari Dokter Spesialis Mata.

4. Program Studi Ilmu Hubungan Internasional : uraian/motivasi/testimoni di tulis dalam Bahasa Inggris

Berkas yang harus diupload

Kelengkapan berkas pendaftaran yang harus di-upload meliputi :

Informasi selengkapnya bisa dilihat di laman pmb.unpar.ac.id atau melalui layanan Informasi PMB Unpar.

https://edukasi.kompas.com/read/2021/09/11/130000171/unpar-buka-jalur-tanpa-tes-bagi-mahasiswa-baru-2022-simak-syaratnya

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.