Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Jurusan Kuliah dengan Prospek Kerja Menjanjikan Setelah Lulus

KOMPAS.com - Saat melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, ada banyak sekali program studi (prodi) yang bisa dipilih.

Selain menyesuaikan bakat dan minat, calon mahasiswa juga mempertimbangkan prospek kerja setelah lulus dalam memilih suatu prodi.

Agar tidak semakin galau, berikut ada 5 jurusan yang mempunyai prospek kerja menjanjikan setelah lulus.

Melansir dari laman Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, Sabtu (11/9/2021), berikut 5 jurusan kuliah yang memiliki prospek kerja menjanjikan setelah lulus kuliah.

Adiministrasi Bisnis

Salah satu jurusan yang menjanjikan setelah lulus yakni Administrasi Bisnis. Saat memilih jurusan Administrasi Bisnis, kamu akan mempelajari semua seluk beluk tentang dunia bisnis.

Kamu juga akan mempelajari, bagaimana mengelola keuangan, mengelola sumber daya, sampai pemasaran produk. Selain mendapatkan teori, biasanya ada pula program pengaplikasian teori tersebut melalui kegiatan KKN atau magang.

Prospek jurusan ini di dunia kerja meliputi staff administrasi, manajemen perusahaan, staff HRD, sampai staff pemasaran. Sehingga lulusan Administrasi Bisnis banyak dicari perusahaan karena mereka dinilai lebih mumpuni dalam bidang-bidang tertentu. Kamu juga bisa menjadi seorang konsultan bisnis andal atau membuka usaha sendiri.

Teknik Elektro

Di zaman sekarang, lulusan Teknik Elektro juga memiliki prospek kerja yang terbuka lebar. Apalagi semua kegiatan masyarakat saat ini tidak bisa terlepas dari elektronika.

Sehingga lulusan Teknik Elektro dibutuhkan oleh perusahaan maupun instansi lainnya. Cakupan teknik elektro sendiri cukup luas, seperti teknik komputer, telekomunikasi, listrik, dan sebagainya.

Materi-materi tersebut dipelajari semasa kuliah. Saat masuk di dunia kerja, lulusan Teknik Elektro memiliki kemampuan andal yang sesuai kebutuhan dalam bidang elektronika.
Pekerjaan yang membutuhkan lulusan Teknik Elektro biasanya perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi dan kelistrikan seperti PLN.

Setiap instansi juga membutuhkan sarjana Teknik Elektro untuk keperluan jaringan elektronik. Teknik Elektro berdampingan dengan Teknik Mesin. Sehingga peluang kerja keduanya sama-sama besar dan saling melengkapi.

Teknik Sipil

Jurusan Teknik Sipil menjadi salah satu jurusan yang banyak dicari oleh perusahaan. Bahkan ada yang menyebut jurusan Teknik Sipil adalah bagian terpenting dari pembangunan negara. Pasalnya ilmu yang ada dalam jurusan Teknik Sipil banyak diaplikasikan para lulusannya untuk membangun infrastruktur umum.

Contohnya seperti jembatan, jalan raya, dan sebagainya. Lulusan Teknik Sipil banyak dilirik oleh perusahaan besar baik swasta maupun BUMN, terutama kontraktor. Tidak hanya itu, lulusan Teknik Sipil juga berpotensi mendapatkan penghasilan tinggi.

Apalagi kalau kamu menguasai teknik infrastruktur. Bukan tidak mungkin akan mendapatkan proyek besar dengan keuntungan yang sangat menjanjikan.

Hukum

Calon mahasiswa jangan beranggapan bahwa memilih Jurusan Hukum hanya berpeluang menjadi seorang pengacara atau hakim saja.

Jurusan Hukum memiliki banyak peluang kerja lainnya. Baik di sebuah perusahaan besar maupun instansi tentu memerlukan lulusan hukum dalam berbagai macam urusan yang berkaitan dengan perjanjian, kontrak, dan tender.

Prospek dari lulusan hukum, kamu bisa menjadi seorang staff legal atau staff HRD di perusahaan. Kamu juga bisa menjadi seorang konsultan hukum ataupun menjadi notaris.

Selain itu, jika ingin berkarier di pemerintahan, Sarjana Hukum memiliki peluang yang juga cukup besar. Misalnya menjadi seorang diplomat atau staff pengajar di universitas bergengsi.

Ilmu Sosial dan Politik

Sama halnya dengan jurusan Hukum, banyak orang beranggapan jurusan Ilmu Sosial dan Politik hanya mencetak seorang politikus semata.

Faktanya, tidak hanya dalam dunia politik, lulusan Ilmu Sosial dan Politik memiliki prospek peluang kerja yang luas. Baik sebagai seorang Pegawai Negeri Sipil, bekerja di suatu instansi atau lembaga pemerintahan, bahkan bekerja di suatu media.

Kamu juga bisa berpeluang kerja di perusahaan dan lembaga internasional karena dalam Ilmu Sosial dan Politik kamu akan mempelajari ilmu komunikasi dan hubungan masyarakat.

Alhasil, cukup banyak perusahaan dan lembaga mencari lulusan Ilmu Sosial dan Politik sebagai staff public relation dan jabatan lain yang berhubungan dengan administrasi masyarakat.

Itulah lima jurusan dengan prospek kerja menjanjikan setelah lulus kuliah. Agar kuliahmu semakin berkualitas, kamu bisa memilih kampus berkualitas pula dengan jurusan pilihanmu.

https://edukasi.kompas.com/read/2021/09/12/060700171/5-jurusan-kuliah-dengan-prospek-kerja-menjanjikan-setelah-lulus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke