Salin Artikel

Kedokteran Gigi Terbaik di Indonesia Versi SIR by Subject Areas 2021

KOMPAS.com - Fakultas Kedokteran Gigi menjadi salah satu jurusan yang diincar calon mahasiswa.

Jika ingin mewujudkan mimpimu jadi seorang dokter gigi, kualitas dan akreditasi universitas yang dituju juga perlu dipertimbangkan.

Saat ini sudah banyak jurusan Kedokteran Gigi di universitas yang mengantongi akreditasi A. Selain akreditasi, pemeringkatan dari lembaga nasional juga bisa menjadi pertimbangan dalam memilih kampus tujuan.

Salah satu lembaga pemeringkatan yang melakukan penilaian berdasarkan beberapa subyek adalah Scimago Institutions Rankings (SIR).

Scimago Institutions Rankings adalah lembaga pemeringkatan yang menggabungkan tiga indikator yang berbeda, yakni berdasarkan kinerja penelitian (bobot 50 persen), hasil inovasi (bobot 30 persen), dan dampak sosial (bobot 20 persen) yang diukur dengan visibilitas web.

Salah satu pemeringkatan berdasarkan Subject Areas yang dilakukan SIR yaitu di bidang Dentistry atau Kedokteran Gigi.

Dalam pemeringkatan Scimago Institutions Ranking (SIR) by Subject Areas 2021, Universitas Indonesia (UI) dinobatkan sebagai universitas terbaik nasional di bidang Kedokteran Gigi.

UI berhasil meraih peringkat ke-35 di Asia dan posisi ke-238 di dunia dari total 694 universitas.

Melansir dari laman www.scimagoir.com, Senin (13/9/2021), selain UI ada 5 kampus lainnya yang bidang Kedokteran Gigi-nya terbaik di Indonesia versi SIR by Subject Areas 2021.

Kedokteran gigi terbaik di Indonesia versi SIR 2021

1. Universitas Indonesia

  • Peringkat 238 dunia

2. Universitas Hasanuddin

  • Peringkat 277 dunia

3. Universitas Airlangga

4. Universitas Gadjah Mada

  • Peringkat 450 dunia

5. Universitas Padjadjaran

  • Peringkat 479 dunia

6. Universitas Trisakti

Itulah 6 Universitas baik negeri maupun swasta yang menjadi Kedokteran Gigi terbaik di Indonesia versi SIR by Subject Areas 2021. 

https://edukasi.kompas.com/read/2021/09/13/171545971/kedokteran-gigi-terbaik-di-indonesia-versi-sir-by-subject-areas-2021

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.