Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenali Jenis Beasiswa Kuliah Sebelum Memilih

KOMPAS.com - Saat menempuh pendidikan, mahasiswa maupun pelajar bisa memanfaatkan beasiswa untuk meringankan biaya pendidikan.

Apaalagi saat ini, beberapa program beasiswa tidak hanya sekedar meringankan biaya kuliah saja. Tapi juga ada keunggulan lain misalnya kesempatan magang atau bekerja di pihak penyedia beasiswa.

Sebelum mendaftar beasiswa, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa jenis beasiswa yang bisa kamu manfaatkan.

Melansir dari laman Ruang Guru, Selasa (14/9/2021), jenis beasiswa bisa dibedakan dari bentuk pembiayaan yang diberikan, cakupan pembiayaan hingga berdasarkan sumber pembiayaan atau pihak penyedia. Yuk simak bersama ulasan berikut ini.

Jenis beasiswa berdasarkan bentuk pembiayaan

1. Beasiswa penghargaan

Jenis beasiswa ini hanya diberikan kepada seseorang memiliki prestasi atau pencapaian akademik yang bagus. Indikator beasiswa ini bisa berupa Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) untuk mahasiswa atau rata-rata nilai akademik bagi pelajar.

Tidak hanya dari sisi akademik, aktif dalam kegiatan non-akademik lainnya juga akan menjadi pertimbangan untuk bisa mendapatkan jenis beasiswa penghargaan.

2. Beasiswa bantuan

Jenis beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa atau pelajar yang dinilai kurang mampu secara ekonomi, tetapi memiliki prestasi bagus. Sehingga dianggap layak untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi.

3. Beasiswa penelitian

Beasiswa ini menawarkan pendanaan bagi penerima yang akan melakukan penelitian sesuai bidang studinya.

Sumber beasiswa ini dapat berasal dari universitas, perusahaan, atau lembaga pemerintahan yang memiliki proyek penelitian dan membutuhkan tenaga akademis.

4. Beasiswa non-akademik

Prestasi di bidang non-akademik juga bisa menjadi peluang mendapatkan beasiswa.

Saat ini sudah banyak lembaga atau perguruan tinggi menyediakan bantuan pendidikan bagi mereka yang mempunyai prestasi di luar bidang akademik. Misalnya beasiswa di bidang olahraga maupun kesenian.

5. Beasiswa ikatan dinas

Penerima beasiswa ini bersifat mengikat dengan pihak penyedia atau bersifat ikatan dinas pada pihak sponsor (pemberi beasiswa).

Jenis beasiswa berdasarkan cakupan pembiayaan

1. Beasiswa penuh (Full Scholarship)

Jenis beasiswa ini, tidak hanya memberikan biaya pendidikan. Tapi juga menyediakan dana untuk kebutuhan pendukung bagi penerimanya seperti biaya hidup, biaya perjalanan, asuransi, akomodasi, hingga sarana dan prasarana pendukung pembelajaran. 

2. Beasiswa sebagian (Partial Scholarship)

Jenis beasiswa ini hanya menanggung biaya tertentu saja atau sebagian dari biaya total yang dibutuhkan saat menjalani perkuliahan masa studi dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Beasiswa jenis ini biasanya hanya menanggung sebagian atau parsial bisa dalam bentuk biaya kuliah atau akomodasi saja.

Jenis beasiswa berdasarkan pihak penyedia

1. Beasiswa dari pemerintah

Jenis beasiswa ini ditawarkan oleh pihak pemerintah, misalnya dari kementerian atau lembaga lainnya.

Berbagai departemen dan lembaga pemerintahan menyediakan berbagai beasiswa yang tidak hanya dapat diikuti oleh karyawannya saja, tetapi juga terbuka untuk umum.

2. Beasiswa dari pihak swasta

Beasiswa ini biasanya ditawarkan institusi berupa perusahaan-perusahaan besar atau korporat. Mayoritas beasiswa yang ditawarkan pun berupa perwujudan dari bentuk program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan bagi masyarakat. 

3. Beasiswa dari negara maju atau donor

Jenis beasiswa ini merupakan bentuk kerjasama eksklusif dari negara maju dengan negara berkembang dalam bidang pendidikan dan kesejahteraan sosial.

Selain memfasilitasi pelajar mendapatkan pendidikan yang lebih baik, beasiswa ini juga bertujuan untuk memperbanyak pusat-pusat penelitian di negara berkembang. 

4. Beasiswa dari komunitas, organisasi, atau yayasan

Jenis beasiswa ini biasanya ditawarkan oleh komunitas, organisasi, atau yayasan yang berlatar belakang sosial, akademik, atau juga keagamaan.

Pihak penyedia biasanya peduli terhadap pendidikan dan ingin memberikan bantuan. 

5. Beasiswa perguruan tinggi

Saat ini masing-masing perguruan tinggi juga memiliki program beasiswa. Biasanya program beasiswa diberikan dalam bentuk bantuan dana akademik.

Selain ditujukan bagi para mahasiswanya sendiri, ada juga perguruan tinggi yang menawarkan beasiswa untuk mahasiswa luar perguruan tinggi bahkan luar negeri.

Itulah jenis-jenis beasiswa kuliah yang bisa dimanfaatkan untuk mendukung pendidikanmu.

Kamu bisa sering-sering berselancar di internet atau di media sosial untuk mencari tahu informasi beasiswa.

https://edukasi.kompas.com/read/2021/09/14/190341671/kenali-jenis-beasiswa-kuliah-sebelum-memilih

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke