Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mahasiswa, Manfaatkan 5 Channel YouTube Ini untuk Belajar TOEFL

KOMPAS.com - Memiliki kemampuan berbahasa asing sudah menjadi hal mutlak di era saat ini.

Tak hanya sebagai syarat untuk mencari kerja, menguasai bahasa asing juga bisa dimanfaatkan jika kamu ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri.

Banyak universitas luar negeri mewajibkan para calon mahasiswanya memiliki nilai ujian language proficiency. Mungkin yang biasa dikenal seperti TOEFL, IELTS dan lain-lain.

Untuk mengikuti tes kemampuan bahasa Inggris seperti TOEFL, bagi yang kemampuannya belum cukup besar, bisa belajar dan mempersiapkan diri jauh-jauh hari.

Melansir dari laman ican-education.com, Minggu (19/9/2021), ada beberapa cara untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Termasuk memanfaatkan media YouTube.

Saat ini banyak channel YouTube belajar TOEFL yang bisa dimanfaatkan untuk memahami soal dalam tes sekaligus meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris kamu.

Dengan memiliki persiapan yang matang dan lengkap, kamu bisa lebih tenang saat mengikuti tes TOEFL. 

Channel YouTube terbaik untuk belajar TOEFL

Ada banyak cara untuk belajar TOEFL. Bisa belajar lewat film, lagu atau percakapan sehari-hari. Sering menonton video-video di Youtube juga bisa jadi solusi belajar sebelum mengikuti tes TOEFL. Yuk simak bersama ulasan 5 channel YouTube yang bisa digunakan untuk belajar TOEFL.

1. Vesa Yunita Putri

Di channel ini kamu bisa mendapatkan banyak informasi mengenai kuliah di luar negeri, hingga tips mengerjakan TOEFL dan mendapatkan nilai terbaik. Ada banyak hal seputar perkuliahan yang bisa dijumpai di channel milik Vesa Yunita Putri.

2. ANDALIMANBOOKS TV

Channel Youtube belajar TOEFL lainnya yang bisa disimak adalah ANDALIMANBOOKS TV. Di salah satu videonya, channel ini menjabarkan strategi yang tepat untuk menaklukan soal Structure dan Written Expression. Dalam videonya, kamu juga bisa mendapatkan informasi mengenai buku-buku apa saja yang dapat menunjang proses belajar kamu.

3. Dunia TOEFL

Bagi yang membutuhkan contoh soal dan kunci jawaban TOEFL, channel ini bisa jadi pilihan. Penjabaran soal di channel ini sangat lengkap dan akan membantumu memahami berbagai soal yang diberikan. Semua video di channel ini membahas seputar TOEFL dan bagaimana harus mengerjakan soalnya.

4. Yanto Tanjung

Channel YouTube ini juga lengkap dalam melakukan pembahasan. Dengan penjabaran yang detail Yanto Tanjung berusaha memberikan ilmu sangat lengkap terkait TOEFl dan soal-soal yang akan keluar dalam tes tersebut.

5. Rifathi

Satu lagi channel Youtube belajar TOEFL yang bisa dimanfaatkan untuk belajar. Channel ini mengupas tuntas seputar mengerjakan soal TOEFL. Setiap materi dijabarkan secara lengkap sehingga bisa mengerti setiap bagian soal yang akan keluar dalam tes.

Jika kamu sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti TOEFL, kamu mungkin memiliki skor yang hendak dicapai. Tes latihan TOEFL juga akan membantu memahami lingkungan tes, jenis pertanyaan, dan kendala yang akan dihadapi pada hari tes.

Cara lain untuk mempersiapkan diri mengikuti tes TOEFL yakni dengan membaca setiap hari. Bahkan penutur asli Bahasa Inggris meningkatkan vokabulari dengan membaca. Semakin banyak buku yang dibaca, semakin baik pula membangun kemampuan membaca.

Itulah 5 channel YouTube yang bisa dimanfaatkan untuk persiapan mengikuti tes TOEFL. Jika berhasil meraih skor yang bagus tentu hal tersebut jadi kebanggaan tersendiri dan membuktikan seberapa jauh kemampuanmu berbahasa Inggris.

https://edukasi.kompas.com/read/2021/09/19/200926071/mahasiswa-manfaatkan-5-channel-youtube-ini-untuk-belajar-toefl

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke