Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pakar Unair: 3 Manfaat Tanaman Hias dalam Kehidupan

KOMPAS.com - Direktur Pendidikan Universitas Airlangga (Unair), Prof. Sukardiman mengatakan, keberadaan tanaman hias sebenarnya memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan organ maupun mental seseorang.

Karena, tanaman hias bisa membantu meningkatkan kadar oksigen serta menghilangkan berbagai polutan dan racun di udara.

"Karena debu-debu bisa ditangkap melalui tanaman-tanaman. Sebab tanaman memiliki peran yang istilahnya itu fitoremediasi, yaitu berfungsi menangkap polutan-polutan mengganggu di lingkungan sekitar tanpa perlu membuangnya di tempat lain," kata dia melansir laman Unair, Senin (27/9/2021).

Sukardiman mengaku, ada beberapa jenis tanaman hias beserta manfaatnya yang perlu diketahui masyarakat.

1. Membantu manusia bernafas

Jenis tanaman hias, seperti bunga anggrek, sukulen, dan bromeliad berfungsi menyerap karbondioksida dan melepaskan oksigen.

"Sukulen cocok untuk hiasan di rumah, karena bisa menyimpan air di tanaman tersebut dalam jangka yang lam dan tanpa membutuhkan sinar matahari," ungkap dia.

2. Membantu mencegah penyakit

Jenis tanaman hias seperti boston fern atau pakis boston, cemara dan tanaman laba-laba berfungsi menambah kelembaban.

Pada kesempatan itu, dia juga mengutip dari hasil penelitian Norwegia yang menyebutkan penempatan tanaman di dalam ruangan bisa mengurangi timbulnya kulit kering, pilek, sakit tenggorokan, dan batuk kering.

"Sumber penyakit mulanya juga bisa datang dari pikiran. Nah, pakis boston ini bisa membantu kelembaban di lingkungan rumah, tanpa dipetik bisa memberikan manfaat kepada kita," ungkap dia.

3. Mengurangi kecemasan dan stres

Dia menilai tanaman hias yang cukup populer, yaitu lidah mertua (sansevieria) atau laba-laba (chlorophytum comosum) bisa mengurangi kecemasan dan stres.

Dia juga menyebut, tanaman-tanaman yang dirawat di rumah sekaligus menceritakan keromantisan yang hadir di keluarganya.

"Kadang istri saya juga tiba-tiba memberi kejutan bunga, mungkin kelihatannya hal sepele, tapi itu sebagai bentuk saling menguatkan. Jadi ya sementara tidak perlu pergi ke Batu. Memang benar, hanya dengan menarik napas dalam-dalam sambil menyiram tanaman hias setiap hari, bisa cukup menangkal kecemasan dan stres," tukas dia.

https://edukasi.kompas.com/read/2021/09/27/093553571/pakar-unair-3-manfaat-tanaman-hias-dalam-kehidupan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke