Salin Artikel

UM Surabaya Kenalkan Konsep Belajar di Era Baru bagi Maba

KOMPAS.com - Setiap tahun, kampus atau perguruan tinggi pasti mengadakan kegiatan masa pengenalan kampus bagi mahasiswa baru (maba).

Seperti halnya di Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya. Sebagai salah satu universitas terbaik di Jawa Timur, kampus ini selalu menyajikan konsep baru yang berbeda dalam kegiatan pengenalan mahasiswa barunya.

Di UM Surabaya, kegiatan pengenalan kampus ini dikenal dengan sebutan MOX (Mastama, Ordik dan Expo UKM). Tiga tahun sebelumnya kegiatan MOX mampu hingga mencetak rekor MURI.

Mulai dari 2018 MOX dengan tema DNA 4.0 sebanyak 2.232 mahasiswa baru UM Surabaya catat Rekor Muri dengan dance atau menari dengan panduan Virtual Reality (VR).

Pada tahun 2019 dengan tema berani memulai UM Surabaya kembali memecahkan rekor dengan 2.243 mahasiswa baru serentak memainkan game Si Bima.

Game ini mengajak seluruh mahasiswa baru mengenal dan berkeliling untuk mengetahui setiap sudut dan ruang-ruang yang ada di kampus.

Di tahun 2020 dalam kondisi pandemi, dengan tema berbuat dari sini sebanyak 2.016 mahasiswa baru UM Surabaya bagikan paket lansia berdaya.

Aksi digital movement berhasil memecahkan rekor MURI pada saat pengukuhan yang dilakukan secara daring. Sedangkan 2021 ini, MOX UM Surabaya kembali kenalkan konsep baru yakni dengan tema “Belajar di Era Baru”.

Menurut Junaidi Fery Efendi selaku kepala biro administrasi kemahahasiswaan dan inovasi UM Surabaya, pada saat technical meeting (13/9/2021), MOX 2021 mengusung tema #BelajarDiEraBaru.

Tentu sebagai sebuah komitmen untuk terus beradaptasi dan bergerak di situasi dan kondisi belajar yang banyak berubah di masa pandemi.

"Pandemi membuat masyarakat khususnya kelompok pelajar yang dalam lingkungan kampus disebut mahasiswa harus siap dengan beragam bentuk pembelajaran," ujarnya dikutip dari laman UM Surabaya, Senin (27/9/2021).

Dalam hal ini mahasiswa baru yang pertama mengalami masa pembelajaran harus siap untuk menghadapi dan berdaptasi.

Agus Budiman selaku ketua pelaksana MOX 2021 menyampaikan teknis kegiatan belajar di era baru ini akan dilakukan dengan dua metode yaitu:

1. pembelajaran langsung melalui live atau virtual (Sinkronus).

2. pembelajaran mandiri dimana saja, kapan saja dan dengan siapa saja (Asinkronus).

Menurutnya, belajar di era baru berarti semua bisa jadi guru, semua bisa membagi ilmu, tanpa batas ruang dan waktu.

"Selain kegiatan belajar di era baru nantinya akan ada project sosial kreatif dan sosial experiment personal," terang Budi.

Adapun kegiatan ini akan dimulai dari Ordik Fakultas pada 27 September hingga 4 Oktober yang merupakan puncak dari kegiatan MOX pada saat pengukuhan mahasiswa.

https://edukasi.kompas.com/read/2021/09/28/112337871/um-surabaya-kenalkan-konsep-belajar-di-era-baru-bagi-maba

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.