Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tertarik Jadi Game Developer? Mahasiswa Harus Miliki 5 Skill Ini

KOMPAS.com -Seiring perkembangan zaman, video game juga mengalami kemajuan pesat. Video game saat ini tidak hanya menjadi hiburan sehari-hari untuk mengisi waktu luang. Namun bagi sebagian orang, bermain game dijadikan suatu profesi yang cukup menjanjikan.

Apalagi saat ini sudah banyak kompetisi resmi yang dikemas dalam pertandingan esport baik di tingkat nasional maupun internasional.

Dibalik game-game online yang dimainkan, ada banyak orang yang terlibat dalam pembuatan game. Salah satunya adalah game developer.

Game developer merupakan pekerjaan untuk membuat video game. Game developer akan membuat fitur-fitur dalam sebuah game, seperti pembuatan karakter, alur cerita, serta menyusun desain dan mekanisme permainan.

Selain itu, Game developer akan membuat software agar permainan tersebut bisa diakses oleh PlayStation, Nintendo, dan aplikasi Android dan iOS.

5 skill yang harus dimiliki game developer

Melansir dari situs resmi Universitas Bina Nusantara (Binus), Selasa (28/9/2021), ada skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang Game developer terbaik. Yuk simak bersama ulasan berikut ini:

1. Memiliki bakat dalam bidang IT

Untuk membuat video game, developer perlu memahami tentang bahasa pemrograman dan desain perangkat lunak. Seorang game developer harus memiliki kemampuan untuk mengoperasikan peralatan yang berhubungan dengan video dan audio.

Karena sebagian besar bagian dari game adalah grafis dan animasi, maka developer harus terbiasa dengan desain karakter, desain pemandangan, dan desain antarmuka.

2. Memiliki kemampuan problem solving yang kuat

Dalam proses pembuatan video game, pasti akan mengalami kendala berupa error dari kode yang sudah dibuat. Seperti terjadinya bug pada saat memainkan game, layar hitam, dan network error.

Developer akan mengatasi dan menyelesaikan semua gangguan teknis yang terjadi. Game developer harus memiliki kesabaran dan mencoba untuk mencari sudut pandang lain saat menghadapi masalah.

3. Memiliki keterampilan manajemen waktu yang baik

Video game memiliki banyak bagian yang komplek dan bergerak. Seringkali, developer memerlukan bantuan dari tim artistik dan teknis yang memiliki tanggung jawab untuk menyatukan bagian yang berbeda.

Untuk itu, game developer harus bisa bekerja di bawah tekanan dan cobalah untuk berkolaborasi dengan tim lain agar bisa menempati tenggat waktu.

4. Kemampuan kreativitas yang tinggi

Seorang developer harus memiliki kreativitas yang tinggi untuk membuat dunia virtual yang menantang dan menarik. Selain itu, kreativitas juga diperlukan untuk membangun plot cerita yang menantang dan menghidupkan karakter tokoh semenarik mungkin.

Developer juga harus memperhatikan detail pada setiap desain seperti warna, pakaian, tekstur, dan background dalam  game yang dibuatnya.

5. Selalu mengikuti perkembangan industri

Sebagai seorang game developer, harus menyukai bermain game. Sehingga bisa memperbarui diri tentang apa yang dibutuhkan oleh pesaing dan dunia game pada saat itu.

Game developer juga bisa memperbaiki desain dan meningkatkan ide game yang dibuat sendiri melalui elemen yang ada pada game lain

Itulah 5 skill yang harus kamu pelajari untuk menjadi seorang game developer terbaik. Profesi ini sangat menarik karena selain pasar dari sebuah game tak terbatas, pendapatan yang dihasilkan juga sangat besar.

Jika kamu tertarik bergabung dalam suatu tim dan membuat game, kamu bisa memilih jurusan Computer Science. Dengan memilih jurusan ini, kamu akan belajar tentang teknik dan proses bagaimana mengembangkan sistem berbasis komputer.

https://edukasi.kompas.com/read/2021/09/28/120900771/tertarik-jadi-game-developer-mahasiswa-harus-miliki-5-skill-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke