Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Prospek Kerja dan Besaran Gaji Lulusan Jurusan Sistem Informasi

KOMPAS.com – Pekerjaan mapan dengan gaji besar mungkin menjadi impian setiap orang. Dengan hal ini, seseorang bisa memiliki masa depan yang baik dan cemerlang.

Namun cita-cita tersebut tentunya harus dibarengi dengan sejumlah usaha. Pendidikan menjadi faktor utama yang harus dikejar terlebih dahulu.

Untuk memperoleh pendidikan yang menjamin cita-cita itu, seseorang harus bisa memilih jurusan dan universitas yang tepat.

Bagi Anda yang tertarik bekerja di bidang teknologi dan komputer, jurusan sistem informasi (SI) mungkin menjadi pilihan yang tepat.

Pasalnya, jurusan tersebut menjanjikan prospek karier serta gaji yang besar bagi para lulusannya.

Sebagai informasi, SI merupakan bidang ilmu yang menggabungkan antara ilmu komputer dengan bisnis serta manajemen.

Setiap orang yang mengambil jurusan tersebut bisa belajar tentang cara identifikasi kebutuhan dan proses bisnis perusahaan berdasarkan data-data yang dimiliki perusahaan hingga menyusun sistem yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Tidak heran, para lulusan SI bisa langsung turun ke dunia kerja. Hal ini dikarenakan banyak perusahaan yang membutuhkan skill dan keterampilan lulusan SI.

Lulusan ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan, baik swasta maupun negeri. Sebab, jurusan ini menjembatani programmer dengan user.

Selain memiliki prospek karier yang gemilang, salary atau gaji yang diterima para lulusan SI juga sangat bisa diperhitungkan.

Melansir situs Jobskarir.id, secara umum, gaji awal lulusan SI berada pada kisaran Rp 5 juta dengan posisi sebagai staf bidang teknologi informasi di suatu perusahaan.

Namun, pada kenyataannya, nominal gaji tersebut sangat bergantung pada tempat kerja serta kemampuan dan pengalaman yang dimiliki.

Semakin tinggi skill dan kemampuan yang dimiliki seseorang, semakin tinggi pula gaji yang akan didapatkan.

Universitas Bina Sarana Informatika (BSI) dalam keterangan tertulisnya, Senin (4/10/2021), membahas sejumlah prospek karier bagi lulusan SI yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Business analyst

Business analyst merupakan salah satu jabatan dalam pekerjaan yang memiliki peranan penting. Sebab, pekerjaan ini bertugas untuk menjembatani manajemen dengan pemegang saham serta tim IT dengan user.

Gaji rata-rata yang diterima para business analyst adalah sekitar Rp 10 juta per bulan.

2. Web developer

Nama pekerjaan ini mungkin tidak asing bagi para lulusan SI. Ketika bekerja sebagai web developer, seseorang diharuskan untuk menciptakan program aplikasi atau website.

Adapun gaji rata-rata yang diterima seorang web developer, yakni Rp 6 juta setiap bulannya.

3. Project manager

Porject manager merupakan posisi sentral yang menggerakan seluruh anggota tim pada suatu proyek.

Dalam posisi yang lebih strategis, seorang project manager sangat menentukan keberlangsungan hidup perusahaan.

Dengan perananan krusial ini, project manager bisa mendapatkan rata-rata gaji Rp 5 juta setiap bulan.

4. E-commerce system developer

System developer dalam perusahaan e-commerce memiliki peran yang penting untuk mengatur alur sistem, tingkat keamanan, hingga user interface (UI) dan user experience (UX) aplikasi.

Gaji yang ditawarkan pun tidak tanggung-tanggung, yakni Rp 17 juta hingga Rp 158, juta per bulan. Sangat fantastis, bukan?

5. IT manager

Seorang IT manager harus memiliki skill, baik untuk mengatur, mengkoordinasikan, serta menyusun segala aktivitas yang berkaitan dengan SI.

Dengan kompleksnya pekerjaan yang harus dijalani, IT manager bisa meraup rata-rata gaji Rp 21 juta setiap bulannya.

6. Database administrator

Di perusahaan, harus ada orang yang bisa mengelola serta merapikan data perusahaan. Untuk itu, peran database administrator sangat dibutuhkan.

Saat ini, diperkirakan rata-rata gaji untuk pekerjaan ini adalah Rp 5 juta hingga Rp 13 juta per bulan.

7. System analyst

System analyst merupakan profesi yang berkaitan erat dengan IT. Sebab, mereka mengelola aplikasi, membuat spesifikasi yang digunakan programmer, serta mengidentifikasi apa saja kebutuhan user agar sistem yang dikembangkan bisa sesuai.

Di Indonesia, rata-rata gaji yang diterima para system analyst adalah Rp 4 juta per bulan.

8. IT consultant

IT consultant memiliki peran yang hampir sama dengan konsultan pada umumnya. Bedanya, profesi ini menekankan konsultasi yang berhubungan dengan IT.

Seorang IT consultant memiliki peran untuk membantu perusahaan dalam meningkatkan struktur dan efisiensi sistem IT.

Adapun rata-rata gaji yang diterima profesi ini di Jakarta adalah Rp 5 juta per bulan.

9. System engineer

System engineer memiliki tugas untuk mendesain dan mengatur sistem yang kompleks. Pekerjaan ini merupakan interdisipliner yang menggabungkan rekayasa manajemen dengan rekayasa kompleks.

Rata-rata gaji yang diterima para system engineer di Indonesia adalah Rp 11 setiap bulannya.

10. Information system manager

Profesi yang lebih dikenal dengan nama IS manager ini menekankan pada kerja yang berkaitan dengan perencanaan, instalasi, maintenance, termasuk menangani upgrade pada hardware dan software.

Gaji yang diterima para penggelut profesi ini adalah Rp 8,5 juta per bulan.

11. Network security

Network security merupakan salah satu dari enam jenis pekerjaan di bidang cyber security dengan bayaran paling tinggi.

Bagaimana tidak, gaji rata-rata yang diterima para network security administrator berkisar antara Rp 10 juta hingga Rp 15 juta setiap bulannya.

12. Programmer

Dengan bekal pengetahuan di bidang IT, lulusan SI bisa juga bekerja sebagai programmer.

Rata-rata gaji yang diterima programmer pemula atau fresh graduate berkisar antara Rp 4 juta hingga Rp 5 juta per bulan.

Sementara itu, bagi mereka yang sudah berpengalaman, gaji yang diperoleh bisa mencapai Rp 18 juta hingga Rp 40 juta setiap bulan.

Bagi Anda yang tertarik dengan jurusan SI, Program Studi (Prodi) Sistem Informasi (SI) Universitas Bina Sarana Informatika (BSI) mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Sebab, SI Universitas BSI sudah terbukti menghasilkan lulusan siap kerja di bidangnya.

Berbeda dengan jurusan lain, di SI Universitas BSI, mahasiswa akan ditawarkan prospek karier yang banyak dan beragam, contohnya data scientist, konsultan informasi teknologi (IT), hingga staf pengajar (dosen).

Dengan kualitas pembelajaran dan kurikulum yang plaing update, lulusan Universitas BSI dapat dengan mudah mengaplikasikan ilmu dan keterampilan yang didapat selama kuliah ke dunia kerja.

Di samping Prodi SI, Fakultas Teknik dan Informatika (FTI) Universitas BSI juga menyediakan jurusan lain, yakni Rekayasa Perangkat Lunak, Ilmu Komputer, Teknologi Informasi, Teknik Industri, serta Sistem Informasi Akuntansi dan Teknik Komputer.

https://edukasi.kompas.com/read/2021/10/04/140848271/prospek-kerja-dan-besaran-gaji-lulusan-jurusan-sistem-informasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke