Salin Artikel

Begini Tips Mahasiswa Unair Berhasil Lolos IISMA ke Hungaria

KOMPAS.com - Bisa mewujudkan impian menempuh studi di luar negeri tentu menjadi kebanggaan bagi diri sendiri maupun keluarga.

Kuliah di luar negeri saat ini bisa menjadi mimpi tiap mahasiswa. Hal ini bisa diwujudkan dengan biaya mandiri atau mencari beasiswa yang disediakan baik oleh negara maupun swasta.

Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Airlangga (Unair) Yosua Putra Iskandar termasuk salah satu yang beruntung karena bisa kuliah di luar negeri melalui program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA).

Dia sangat bersyukur bisa lolos IISMA karena bisa menempuh studi di luar negeri sudah jadi impiannya sejak lama.

Tips ikuti program IISMA

Yosua membagikan tips bagi mahasiswa lain yang ingin mengikuti program IISMA di batch selanjutnya.

Mahasiswa angkatan 2018 ini menerangkan, penting bagi mahasiswa agar memiliki relasi dengan peserta IISMA batch sebelumnya. Menurutnya, selain persiapan esai ataupun dokumen, juga harus punya kenalan yang pernah ikut IISMA batch sebelumnya.

Banyak rekomendasi dan informasi mengenai IISMA baik di TikTok atau YouTube. Namun jika bisa berkomunikasi langsung dengan peserta IISMA, mahasiswa bisa dapat insights personal atau wawasan yang memang penting untuk diperhatikan saat mendaftar program ini.

Kuliah di luar negeri beri banyak pengalaman

Menurut Yosua menempuh studi di luar negeri memberikan banyak pengalaman serta pengetahuan baru.

"Dari awal masuk kuliah, memang ingin ikut exchange program. Karena menarik dan jadi satu kesempatan yang bagus untuk mengembangkan diri," kata Yosua seperti dikutip dari laman resmi Unair, Sabtu (9/10/2021).

Yosua menjelaskan, dengan berkuliah di luar negeri dia bisa belajar education system di negara lain. Selain itu dia juga bisa mendapat education experience sekaligus dapat networking.

Melalui program IISMA, Yosua dan awardee lain diperbolehkan mengikuti mata kuliah yang tidak linear dengan jurusan asal.

"Kami diberi kebebasan untuk ambil mata kuliah non-linear. Jadi kami bisa explore ke hal-hal lain. Seperti ekonomi, dan personality psychology. Asiknya semua course multidisiplin, jadinya seru dan dapat international exposure," papar mahasiswa yang ingin berkarier di organisasi internasional tersebut.

Suka duka kuliah di luar negeri

Setelah bertolak ke Pécs, Hungaria pada September 2021 lalu, Yosua sempat mengalami hambatan bahasa. Pasalnya di Eropa mayoritas orang tidak menggunakan bahasa Inggris namun menggunakan bahasa di masing-masing negara.

"Sehingga waktu di supermarket pun untuk bahasa tulisnya tetap memakai bahasa Hungaria," terang mahasiswa yang aktif dalam organisasi International Law Student Association (ILSA) ini. 

Selain sempat mengalami kendala bahasa, Yosua juga perlu beradaptasi rasa makanan di Hungaria yang lebih hambar jika dibandingkan dengan makanan dari Indonesia. Yosua juga perlu beradaptasi terhadap cepatnya perubahan cuaca di Hungaria.

Yosua mengaku didukung penuh oleh universitas dan fakultas dalam menjalani salah satu program Kampus Merdeka ini.

Semua didukung dan diakomodasi sama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) dan universitas. Khususnya Airlangga Global Engagement (AGE), dan pihak fakultas.

"Selama persiapan, selalu diingatkan mengenai dokumen dan cukup sering di-briefing untuk tips saat berangkat," tandas Yosua.

Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) atau Beasiswa Mobilitas Internasional Mahasiswa Indonesia merupakan salah satu program Direktorat Belmawa yang membuka kesempatan bagi mahasiswa S1 dari perguruan tinggi di Indonesia untuk mengikuti proses pembelajaran di perguruan tinggi terkemuka di dunia.

Program ini bertujuan memperkaya dan meningkatkan wawasan mahasiswa serta kompetensinya di dunia nyata sesuai dengan minat dan cita-citanya.

https://edukasi.kompas.com/read/2021/10/09/113537971/begini-tips-mahasiswa-unair-berhasil-lolos-iisma-ke-hungaria

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.