Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

ITS Raih Medali Terbanyak di Gemastik 2021, Unggul dari ITB

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) resmi menutup Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) XIV 2021.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mampu menjadi juara umum dengan perolehan medali terbanyak dengan raihan 2 emas, 2 perak, 5 perunggu dan 4 honorable.

Tahun ini, Universitas Telkom telah dipercaya sebagai tuan rumah pelaksanaan GEMASTIK XIV dalam memfasilitasi pelaksanaan kompetisi dari total 3.164 tim yang mengikuti pada 11 divisi lomba 11 cabang lomba, 2 ekshibisi e-Sport, serta kompetisi poster di mana sebaran tim berasal dari 235 perguruan tinggi yang tersebar pada 33 provinsi di Indonesia.

Total terdapat 10 perguruan tinggi sebagai kelompok peraih medali terbanyak yaitu Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Telkom, Universitas Bina Nusantara, Universitas Pelita Harapan, Institut Teknologi Telkom Purwokerto, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Syiah Kuala, Universitas Mataram dan Universitas Indonesia (UI).

Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek), Nizam dalam sambutan yang dilakukan secara daring, mengatakan, Gemastik XIV menjadi ajang pembuktian mahasiswa untuk mengekspresikan kreativitas dan suguhan kreasi penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi serta membangun persahabatan antar Perguruan Tinggi.

“Melalui ajang GEMASTIK ini, para peserta belajar tentang motivasi diri untuk berprestasi, dan belajar untuk bisa mengimplementasikan pengetahuan kompetensi bidang TIK melalui Kampus Merdeka,” tegas Nizam seperti dirangkum dari laman Kemendikbud Ristek.

Daftar pemenang Gemastik XIV

Diawali divisi lomba pemrograman (Programming) di mana Juara I diraih oleh tim Proof by Clarification dari Universitas Bina Nusantara, Juara II oleh tim Ayaka Sayu Venti dari Universitas Indonesia, Juara III oleh tim Semoga Dapat Akun dari Institut Teknologi Bandung dan Juara Harapan oleh tim Dolanan Wae dari Universitas Indonesia.

Untuk divisi lomba keamanan siber (Cyber Security), Juara I oleh tim Average kuliah online enjoyer dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Juara II oleh tim Anonymous dari Universitas Gunadarma, Juara III oleh tim AMIKOM DEEPWEEB dari Universitas Amikom Yogyakarta dan Juara Harapan oleh tim Terlantarkan dari Universitas Bina Nusantara.

Selanjutnya divisi lomba penambangan data (Data Mining), Juara I oleh tim ILY dari Institut Teknologi Bandung, Juara II oleh tim PRATAMA AZMI ATMAJAYA dari Universitas Telkom, Juara III oleh tim Nasigoreng dari Institut Teknologi Bandung, Juara Harapan oleh tim Signal dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan penghargaan The Most Inspiring oleh tim Onet v.2 daril Universitas Muhammadiyah Malang.

Kemudian divisi lomba desain pengalaman pengguna (UX Design), Juara I oleh tim Neo-Future dari Universitas Pelita Harapan Medan, Juara II oleh tim Parama dari Universitas Gadjah Mada, Juara III oleh tim DPP-C-Kelompok 7 dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Juara Harapan diraih tim Ketidur-AN dari Universitas Indonesia dan penghargaan The Most Inspiring oleh tim Twinless Twin dari Universitas Bina Nusantara.

Untuk divisi lomba animasi (Animation), Juara I oleh tim BAM dari Institut Teknologi Bandung, Juara II oleh tim LANGDALI dari Universitas Telkom, Juara III oleh tim Boombox dari Institut Seni Indonesia Surakarta, Juara Harapan diraih tim Arutala dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan penghargaan The Most Inspiring oleh tim DULASAWE Twin v.2 dari Universitas Budi Luhur.

Selanjutnya divisi lomba kota cerdas (Smart City), Juara I oleh tim PhantomV dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Juara II oleh tim Go Go HAF dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Juara III oleh tim Lembuswana dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Juara Harapan oleh tim Smart Future dari Universitas Telkom dan penghargaan The Most Inspiring oleh tim Axton dari Universitas Islam Indonesia.

Kemudian divisi lomba karya tulis ilmiah TIK (ICT Scientific Paper), Juara I oleh tim Mawapres Tegeng dari Universitas Mataram, Juara II oleh tim Ganesha_KTI01 dari Universitas Pendidikan Ganesha, Juara III oleh tim Agrotek UG dari Universitas Gunadarma, Juara Harapan diraih tim AmiComTech2021 dari Universitas Amikom Yogyakarta dan penghargaan The Most Inspiring oleh tim Hygieia dari Universitas Negeri Surabaya.

Selanjutnya divisi lomba pengembangan perangkat lunak (Software Development), Juara I oleh tim 1611016110004 dari Universitas Lambung Mangkurat, Juara II oleh tim Sehat dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Juara III oleh tim Triple A dari Universitas Telkom, Juara Harapan oleh tim Calon Bunda dari Universitas Indonesia dan penghargaan The Most Inspiring oleh tim SoftTech dari Universitas Teknologi Indonesia.

Kemudian divisi lomba piranti cerdas, sistem benam & IoT (Smart Device, Embedded System & IoT), Juara I oleh tim AFA Team dari Universitas Syiah Kuala, Juara II oleh tim Analog PCR dari Politeknik Caltex, Juara III oleh tim ALIVE dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Juara Harapan diraih tim Reagtifity dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan penghargaan The Most Inspiring oleh Tim Start Hunters dari Universitas Negeri Makassar.

Selanjutnya divisi lomba pengembangan aplikasi permainan (Game Development), Juara I oleh tim Yakut dari Institut Teknologi Telkom Purwokerto, Juara II oleh tim Ganesha-Game01 dari Universitas Pendidikan Ganesha, Juara III oleh tim Apaya dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan penghargaan The Most Inspiring oleh tim Hako dev dari Universitas Pamulang.

Kemudian divisi lomba pengembangan bisnis TIK, Juara I oleh tim Aipet dari Universitas Telkom, Juara II oleh Cle Bleue dari Universitas Indonesia, Juara III oleh Han Ji-Pyeong dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Juara Harapan oleh tim Guardians dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan penghargaan The Most Inspiring oleh tim FIPMO Fish Pond Monitoring dari Universitas Brawijaya.

Adapun untuk lomba ekshibisi e-Sport yang merupakan kategori tambahan di tahap final, Juara I oleh tim PCR_Squad dari Politeknik Caltex Riau, Juara II oleh tim Unsoed Sobat dari Universitas Jenderal Soedirman dan Juara III oleh tim Tel-U Clutch dari Universitas Telkom.

Selain itu terdapat hasil kompetisi poster di mana Juara I oleh tim Guardians dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Juara II oleh tim Techify dari Universitas Jember, Juara III oleh tim Boombox dari Institut Seni Indonesia Surakarta dan Juara Harapan diraih tim Gravis Indonesia dari Universitas Telkom. Seluruh pemenang mendapatkan sertifikat penghargaan dan uang pembinaan dari Puspresnas.

https://edukasi.kompas.com/read/2021/10/12/194710871/its-raih-medali-terbanyak-di-gemastik-2021-unggul-dari-itb

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke