Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tertarik Jadi Pengusaha Kuliner, 7 Jurusan Kuliah Ini Jadi Pilihan

KOMPAS.com - Selain bekerja di suatu perusahaan atau memilih menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), mahasiswa juga bisa berwirausaha lho.

Salah satu bisnis yang paling banyak dipilih adalah bidang kuliner. Jika bisa menyuguhkan hidangan enak, tidak menutup kemungkinan bisnis kuliner yang dijalani bisa sukses besar.

Jika kamu bercita-cita ingin membuka suatu rumah makan atau restoran, ada jurusan kuliah di perguruan tinggi yang menunjang impianmu itu lho.

Merangkum dari laman akupintar.id, Rabu (27/10/2021), berikut daftar jurusan kuliah bagi kamu yang punya minat cukup besar di bidang kuliner. Yuk simak bersama ulasan berikut ini.

1. Jurusan Manajemen Kuliner

Management Culinary adalah jurusan pas buat kamu yang ingin mengelola usaha kuliner.

Jika memilih jurusan ini, mahasiswa belajar tentang bagaimana mendapatkan konsumen dan membuatnya menjadi pelanggan setia.

Karena berbisnis di bidang kuliner, mahasiswa juga akan belajar tentang membuat menu baru, menciptakan menu yang sedang diminati pasar kuliner, dan lain sebagainya.

Bila tak mendirikan usaha kuliner sendiri, setelah lulus kuliah kamu masih bisa bekerja di restoran maupun katering hotel.

2. Jurusan Tata Boga

Sama seperti di jurusan Manajemen Kuliner, di jurusan Tata Boga mahasiswa belajar tentang bagaimana menjalankan bisnis katering.

Bedanya, jurusan Tata Boga lebih fokus pada pengadaan makanan, pengetahuan dasar makanan, dan segala sesuatu tentang makanan.

Bahkan, selama kuliah mahasiswa akan banyak memasak dan mencicipi makanan.

Lulusan jurusan ini banyak yang menjalankan usaha restoran sendiri, menjadi koki di hotel atau restoran, hingga menjadi manajer restoran maupun katering.

3. Jurusan Teknologi Pangan

Bidang kuliner yang satu ini lebih dekat dengan saintek meskipun masih ada kaitannya dengan makanan yang dikonsumsi.

Teknologi yang diterapkan disini mencakup pemrosesan makanan, pengemasan makanan, pengawetan makanan, distribusi makanan, kandungan gizi, pemilihan bahan pangan, dan lain-lain.

Jurusan ini juga lebih serius dengan mengharuskan mahasiswanya menguasai Biologi dan Kimia.

Alih-alih masak-memasak, jurusan Teknologi Pangan akan membuat mahasiswanya berurusan dengan Mikrobiologi, Bioteknologi Pangan, Fermentasi Makanan, dan lain sebagainya.

Jadi, lulusan jurusan ini biasanya dibutuhkan sebagai pengendali mutu (Quality Assurance) perusahaan makanan maupun pengembang produk (Product Developer).

4. Jurusan Gizi

Mahasiswa yang memilih jurusan Gizi akan meneliti tentang kandungan gizi makanan. Jurusan ini meski masih ada kaitannya dengan makanan namun lebih dekat dengan sains.

Mahasiswa jurusan ini banyak memperoleh manfaat dari kuliahnya karena semakin sadar akan kualitas makanannya sehari-hari.

Jurusan ini sangat cocok bagi kamu yang ingin membuka bisnis kuliner dengan menu sehat.

Apalagi saat ini makan makanan dengan menu sehat juga sudah menjadi gaya hidup masyarakat.

5. Jurusan Baking dan Pastry Art

Kalau kamu ingin punya toko roti dan kue, jurusan Baking dan Pastry Art sangat cocok untuk dipilih.

Dalam jurusan ini, mahasiswa akan fokus mempelajari dessert, pastry, dan cake.

Disini kamu belajar semua hal tentang patiseri, seperti penggunaan alat, teknik pengolahan, teknik pembuatan, bahan-bahannya dan masih banyak lagi.

Selain citarasa, tampilan yang indah juga menjadi perhatian utama dalam pembuatan kue, cake, dan dessert di jurusan ini.

6. Jurusan Seni Kuliner

Tak hanya jurusan Seni Tari dan Musik, kuliner juga ada jurusan seninya lho.

Pada jurusan ini, mahasiswa belajar tentang teknik memasak makanan, termasuk juga bahan-bahannya, proses pengolahannya, hingga penggunaan mesin industri, dari berbagai negara di dunia.

Bahkan, bartending, patiseri, hingga tata boga juga menjadi bagian dari kurikulum Jurusan Culinary Art.

Selain itu, mahasiswa Seni Kuliner juga akan belajar tentang seni penyajian hidangan yang menarik mata dan menggugah selera. Lulusan jurusan ini banyak yang menjadi chef di hotel maupun restoran besar

7. Jurusan Bisnis Kuliner

Jurusan Bisnis Kuliner bisa jadi pilihan bagi kamu yang suka dunia kuliner. Ilmu seni kulliner di jurusan ini dikombinasikan dengan ilmu manajemen.

Jurusan Bisnis Kuliner akan mempelajari mata kuliah Perpajakan, Akuntansi, Statistik, Manajemen Bisnis, dan berbagai mata kuliah lainnya. Selesai kuliah, kamu punya pengetahuan yang cukup untuk mengelola restoranmu sendiri.

Itulah 7 jurusan yang bisa dipilih jika kamu tertarik di bidang kuliner. Jurusan tersebut tersedia di sejumlah perguruan tinggi negeri maupun swasta. Selain di perguruan tinggi, ada pula institut atau sekolah khusus di bidang kuliner yang bisa dipilih.

https://edukasi.kompas.com/read/2021/10/27/140600071/tertarik-jadi-pengusaha-kuliner-7-jurusan-kuliah-ini-jadi-pilihan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke