Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Siswa, Seperti Ini 3 Metode Penjernihan Air dari Kadar Besi Tinggi

KOMPAS.com - Manusia dan makhluk hidup lainnya tentu butuh air. Karena itu, penting sekali menjaga keutuhan dan keberlangsungan air bagi kehidupan di bumi.

Kini, keberadaan air di permukaan bumi mencapai 71 persen. Akan tetapi, 96,5 persen seluruh air yang ada adalah air asin. Hanya 3,5 persen air yang dapat dikonsumsi oleh kita.

Tentu, air-air yang dapat dikonsumsi tersebut tersebar di berbagai tempat. Meski demikian, tak jarang kita masih kesulitan mendapatkan air bersih yang layak dikonsumsi.

Bahkan terkadang ada masalah pada air tersebut sehingga tidak dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Masalah yang paling sering ditemukan adalah air sumur yang berwarna kekuningan dan juga berbau karat tidak sedap. Masalah itu terjadi akibat akibat air yang telah tercemar limbah organik.

Warna kekuningan dan bau karat pada air disebabkan oleh unsur logam seperti besi (Fe), mangan (Mn), alumunium (Al), atau logam berbahaya lainnya yang terkandung di dalam air.

Oleh karena itu, untuk menjernihkan air dari zat-zat besi, diperlukan metode-metode yang bisa mengurangi kadar besi yang terkandung di dalamnya.

Seperti apa caranya? Melansir laman Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, Jumat (29/10/2021), siswa SMP bisa belajar dan paham 3 cara mengurangi kadar besi dalam air:

1. Aerasi

Adapun Ion Fe selalu dijumpai pada air alami dengan kadar oksigen yang rendah seperti pada air tanah dan pada daerah danau yang tanpa udara. Kadar besi (Fe) yang terdapat di dalam air dapat dikurangi dengan melakukan oksidasi.

Metode ini disebut dengan aerasi karena konsepnya adalah memasukkan udara ke dalam air. Udara yang masuk ke dalam air akan mengubah Fe menjadi Fe(OH)3 yang tidak larut dalam air. Setelah itu, barulah diendapkan ke dasar air.

2. Sedimentasi

Sedimentasi adalah proses pengendapan partikel-partikel padat yang tersuspensi dalam cairan karena pengaruh gravitasi (gaya berat secara alami).

Proses ini sering digunakan dalam pengolahan air. Dalam proses sedimentasi partikel tidak mengalami perubahan bentuk, ukuran, ataupun kerapatan selama proses pengendapan berlangsung.

Partikel-partikel padat akan mengendap bila gaya gravitasi lebih besar dari pada kekentalan dan gaya kelembapan (inersia) dalam cairan.

3. Filtrasi

Sedangkan metode terakhir adalah filtrasi air. Filtrasi merupakan proses menyaring partikel-partikel dan juga kotoran organik maupun anorganik yang terdapat dalam air.

Penyaringan ini memiliki peranan penting dalam proses pemurnian dan juga penjernihan air untuk pemakaian sehari-hari. Biasanya media yang digunakan untuk menyaring kotoran adalah kerikil dan pasir.

Pasir lebih umum digunakan karena keras, tahan lama dipakai, bebas dari kotoran, dan tidak larut dalam air.

Itu tadi adalah tiga metode yang digunakan untuk menjernihkan air dari kandungan besi dan juga kotoran.

Untuk lebih efektifnya, ketiga metode tersebut bisa digabungkan agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

https://edukasi.kompas.com/read/2021/10/29/130803771/siswa-seperti-ini-3-metode-penjernihan-air-dari-kadar-besi-tinggi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke