Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Calon Mahasiswa, Ini Mata Kuliah Teknik Industri yang Dipelajari

KOMPAS.com - Bagi yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi, maka harus mempersiapkan diri mulai sekarang. Terlebih dalam menentukan jurusan kuliah.

Bagi siswa SMA atau calon mahasiswa, memilih jurusan kuliah tak bisa asal-asalan. Tetapi harus disesuaikan dengan minat dan bakatnya. Tetapi jika sudah menentukan, maka harus dipersiapkan dengan baik.

Terlebih yang ingin mengambil Jurusan Teknik Industri. Maka, seperti apa mata kuliahnya harus paham. Melansir laman Institut Teknologi Batam (Iteba), ini informasi mengenai mata kuliah di Jurusan Teknik Industri.

Menurut IISE (Institute of Industrial and System Engineers), teknik industri adalah ilmu tentang rancang desain, perbaikan, serta pembuatan sistem yang mengoptimalisasi kegiatan manusia.

Jurusan Teknik Industri tak jarang diminati oleh para mahasiswa baru. Nah, kira-kira apa saja yang dipelajari dalam jurusan ini? Berikut daftar mata kuliah Program Studi Teknik Industri.

Secara harfiah, Teknik Industri ini merupakan ilmu interdisipliner yang mempelajari seluk-beluk mengenai proses industri. Tidak hanya dari sisi tekniknya sendiri, ilmu tersebut juga akan membawamu ke dalam sisi manajemen.

Berikut ini rangkum jajaran mata kuliah (matkul) yang akan muncul ketika kamu masuk ke dunia Teknik Industri.

Mata kuliah Teknik Industri di semester awal

Ketika masih di semester awal berkuliah di Teknik Industri, kamu akan menghadapi beragam matkul. Matkul di bagian awal tersebut merupakan jalan pembukamu sebelum mulai bergelut dengan materi yang lebih menarik lagi di semester mendatang.

Salah satu mata kuliah yang akan dipelajari di fase awal berkuliah di Teknik Industri adalah Matematika. Matkul ini sangatlah penting dalam berbagai aspek kehidupan, terutama untuk anak Teknik yang mengutamakan perhitungan dengan detail.

Matematika yang akan dipelajari di sini masih bersifat sangat dasar, seperti statistik untuk keperluan analisis kebutuhan pabrik industri.

Teknik Industri ini mewajibkan para mahasiswanya untuk memahami berbagai aspek industri setelah lulus nanti. Oleh karena itu, mahasiswa akan diperkenalkan mengenai dasaran dari berbagai bidang keilmuan yang menjadi basis pembelajaran di dalamnya.

Selain Matematika, mahasiswa juga akan diberikan materi mengenai Fisika, Kimia, hingga Dasar Teknologi Informasi dan Pemrograman yang umumnya ditemui para penggiat Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi.

Pemahaman dasar inilah yang dapat membentuk pemikiran mahasiswa Teknik Industri sebelum terjun ke materi tingkat selanjutnya.

Mata kuliah Teknik Industri di semester akhir

Usai melalui ragam mata kuliah dasar pada beberapa semester awal, mahasiswa Teknik Industri akan disuguhkan berbagai pembelajaran yang lebih lanjut.

Seperti yang telah dibahas, Teknik Industri akan membuatmu mempelajari ragam materi mengenai dua sisi, yakni teknik dan manajemen dalam industri itu sendiri.

Dalam ilmu teknik, umumnya kamu akan disuguhkan dengan mata kuliah seperti Elektronika Industri. Matkul ini akan membawamu untuk menjajal dan memahami berbagai macam piranti elektronik dalam industri secara langsung.

Tidak hanya itu, ada pula beberapa matkul lain, seperti Sistem Basis Data hingga Analisis & Perancangan Sistem Informasi. Mata kuliah ini membawamu menyelami berbagai teknologi informasi yang umum diterapkan dalam berbagai jenis industri.

Selain itu, mahasiswa Teknik Industri juga perlu mempelajari manajemen supaya dapat memahami proses industri secara utuh.

Untuk menunjang hal ini, ada beberapa mata kuliah yang dapat diambil oleh mahasiswa bila memutuskan untuk masuk ke dalam Teknik Industri. Salah satunya yang akan dipelajari mengenai sisi manajemen industri tersebut adalah Analisis Biaya.

https://edukasi.kompas.com/read/2021/10/30/101539571/calon-mahasiswa-ini-mata-kuliah-teknik-industri-yang-dipelajari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke