Salin Artikel

Cara Asyik Kenalkan Sains pada Siswa SD ala Mahasiswa ITB

KOMPAS.com - Ada beragam cara untuk mengenalkan dunia sains kepada anak-anak, salah satunya seperti yang dilakukan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Fisika (HMFT) Institut Teknologi Bandung (ITB).

Siswa SD diajak untuk bereksperimen sederhana secara daring melalui salah satu rangkaian acara Skullers Insight 2021, yaitu Playground.

Playground dilaksanakan sebanyak tiga kali, yaitu pada 25 September, 16 Oktober, dan 23 Oktober dengan percobaan yang berbeda tiap harinya. Percobaan yang dilakukan adalah prinsip kapilaritas, tegangan permukaan air dan Archimedes.

Peserta menunjukkan antusiasme dan inisiatif yang tinggi untuk tanya jawab dalam acara. Terjadi peningkatan peserta dalam setiap harinya. Hari pertama dihadiri sekitar 40 peserta, hari kedua 80-an peserta dan hari ketiga 240-an peserta.

Ariel Brandon selaku Ketua Bidang Acara Skullers Insight 2021 mengatakan percobaan itu dipilih karena dilihat dari bahan-bahannya yang cukup terjangkau dan mudah didapatkan.

Percobaan prinsip kapilaritas dilakukan dengan memindahkan air dari satu gelas ke gelas lain menggunakan tisu, prinsip tegangan permukaan air ditunjukkan dengan perahu kertas yang bisa melaju di atas air dengan diberikan sabun, dan prinsip Archimedes dengan telur yang mengambang di air asin tetapi tidak di air tawar.

“Selain itu juga gampang untuk dijelaskan materinya dan masih relatable ke kehidupan sehari-hari,” ujar Ariel Brandon selaku Ketua Bidang Acara Skullers Insight 2021 seperti dirangkum dari laman ITB, Kamis (4/11/2021).

Salah satu tantangan yang dihadapi panitia adalah bagaimana menyusun kalimat yang mudah dipahami terkait penjelasan sains dibalik praktikum.

Panitia mengakalinya dengan menghubungkannya dengan cerita dongeng. Misalnya, untuk prinsip kapilaritas, panitia menganggap tisu sebagai jembatan yang harus dilewati peri.

"Dari Skullers Insight sendiri berharap dari apa yang sudah kami lakukan di playground ini benar-benar bisa memantik anak-anak SD itu untuk bisa menemukan apa yang mereka inginkan sejak awal, supaya mereka bisa lebih fokus,” jelas Ariel.

https://edukasi.kompas.com/read/2021/11/04/180641571/cara-asyik-kenalkan-sains-pada-siswa-sd-ala-mahasiswa-itb

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.