Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Webinar Unnes: Ajak Masyarakat Waspada dengan Merebaknya Infodemi

KOMPAS.com - Meski kasus positif Covid-19 di Indonesia melandai, namun masyarakat tetap harus waspada.

Saat beraktivitas di luar rumah tetap harus menerapkan protokol kesehatan (prokes) untuk mencegah penularan Covid-19.

Health Educator dan Satgas Covid-19 FIK Universitas Semarang (Unnes) RR Sri Ratna Rahayu menyampaikan, adanya fenomena lonjakan kasus Covid-19 setelah cuti libur hari besar.

Menurutnya, lonjakan kasus Covid-19 terjadi sebagai akibat dari tidak jalannya protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas. Selain itu kebijakan pelonggaran kegiatan masyarakat yang tidak disikapi dengan bijaksana.

Mahasiswa jadi bagian pencegahan Covid-19

Sri Ratna Rahayu menekankan, mahasiswa merupakan sivitas akademika yang juga merupakan bagian dari masyarakat. Sehingga upaya pencegahan Covid-19 gelombang ketiga juga menjadi tanggung jawab bersama.

"Harapannya pandemi stop, jadi endemi", kata Sri Ratna Rahayu pada acara kuliah pakar yang mengusung tema 'Waspada Covid-19 Gelombang 3, Tangkal Infodemi Covid-19' seperti dikutip dari laman Unnes, Senin (8/11/2021).

Acara yang diadakan Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Unnes ini juga menghadirkan Epidemiologist dari prodi Kesehatan Masyarakat Unnes Lukman Fauzi.

Maraknya infodemi

Lukman Fauzi menjelaskan, ancaman gelombang 3 Covid-19 ini diiringi dengan masifnya infodemi atau berita menyesatkan yang tersebar di lingkungan digital maupun fisik.

Menurutnya, fenomena infodemi Covid-19 berkaitan dengan mis-informasi, dis-informasi, dan mal-informasi yang tidak ditekan penyebarannya. Hal ini justru akan memberikan dampak yang lebih besar daripada pandemi Covid-19 itu sendiri.

"Salah satu fenomena infodemi yang sering terjadi adalah informasi salah yang dibagikan di grup keluarga," beber Lukman.

Lukman menambahkan, hal yang paling tepat untuk menyikapi permasalahan ini yaitu dengan edukasi secara terus-menerus. Walaupun pengalaman terinfeksi Covid-19 seringkali juga dinilai ampuh dalam membuat seseorang percaya adanya Covid-19. Namun terpapar Covid-19 tentu menjadi sesuatu yang tidak diinginkan siapapun.

Gencarkan vaksinasi

Narasumber terakhir dalam acara tersebut yakni Health Promotor di Puskesmas Pegandan Kota Semarang Merny Mutiara. Dia mengungkapkan, kondisi lapangan terkait testing, tracing, dan treatment (3T).

Serta edukasi protokol kesehatan Covid-19 yang dilakukan sebagai seorang health promotor di Puskesmas Pegandan Kota Semarang.

Merny menekankan, menggencarkan vaksinasi merupakan agenda yang sedang dilaksanakan secara terus menerus sebagai upaya untuk mencegah ancaman gelombang ketiga Covid-19.

Selain itu, Merny juga berbagi pengalaman dan tantangan yang dihadapi ketika berhadapan dengan masyarakat. Apalagi masih ada masyarakat yang tidak percaya dengan Covid-19.

Masyarakat perlu waspada akan ancaman terjadinya gelombang ketiga Covid-19 apalagi di tengah infodemi Covid-19 yang merajalela.

"Think before share it menjadi kalimat yang tepat yang harus dilakukan masyarakat selain tetap perketat protokol pencegahan Covid-19," tegas Merny.

https://edukasi.kompas.com/read/2021/11/09/064200971/webinar-unnes--ajak-masyarakat-waspada-dengan-merebaknya-infodemi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke