Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Prospek Kerja Jurusan Komputerisasi Akuntansi

KOMPAS.com - Saat ini dan di masa yang akan datang, jurusan kuliah yang berkaitan dengan teknologi atau komputer akan banyak dicari.

Tapi tahukah kamu bahwa ada ilmu Komputerisasi Akuntansi? Bidang ilmu yang satu ini mungkin masih asing di telinga kebanyakan orang.

Namun pada dasarnya jurusan ini merupakan salah satu spektrum Ilmu Komputer yang memiliki keterkaitan dengan Ilmu Akuntansi.

Komputerisasi Akuntansi sendiri termasuk salah satu bidang ilmu yang berkembang karena kemajuan teknologi beberapa dekade belakangan ini.

Dalam praktiknya, mahasiswa yang masuk ke jurusan ini akan belajar banyak hal tentang program-program komputer terkait akuntansi dan bagaimana cara memanfaatkannya.

Keterampilan dasar akuntansi dan mengoperasikan komputer tentu sangat dibutuhkan para mahasiswa Computerized Accounting.

Meskipun belum terlalu akrab di telinga masyarakat, Ilmu Komputerisasi Akuntansi termasuk salah satu jurusan dengan peluang karier cukup luas. Lulusan jurusan ini tidak hanya bisa bekerja di lembaga keuangan, tetapi juga berbagai badan usaha dari bidang lain.

Merangkum dari laman Universitas Bina Nusantara (Binus), Sabtu (13/11/2021), ada prospek kerja Komputerisasi Akuntansi yang perlu diketahui mahasiswa. Yuk simak ulasannya.

1. Private Accountant

Apabila perusahaan akuntan publik melayani lebih dari satu perusahaan, akuntan pribadi hanya melayani satu perusahaan, lembaga, atau perseorangan. Hal ini membuat pekerjaan akuntan pribadi lebih eksklusif dan peluang mendapatkan gaji tinggi pun lebih besar.

Selain itu, akuntan privat di sebuah perusahaan juga memiliki jenjang karier menjanjikan sebagaimana akuntan publik. Apalagi ketika perusahaan kita terjun di dunia digital dan berkembanga menjadi lebih besar lagi. Peran lulusan Ilmu Komputerisasi Akuntansi tentu sangat dibutuhkan di sini.

2. System Analyst

Pekerjaan ini menuntut lulusan Komputerisasi Akuntansi untuk merancang sistem yang dapat memenuhi kebutuhan bisnis. Profesi system analyst biasanya ada di perusahaan yang menjual barang dan jasa atau bahkan startup. Dalam praktiknya, lulusan Computerized Accounting tidak hanya bekerja sebagai akuntan tetapi juga programmer.

Program yang dibangun biasanya tidak jauh-jauh dari strategi pengembangan bisnis. Meskipun secara teknik pekerjaannya berhubungan dengan tindakan strategis layaknya akuntan namun keterampilan serta pengetahuan tentang komputasi akan selalu dibutuhkan.

3. Financial Clerks

Profesi ini bertugas mengatur catatan keuangan, tagihan, serta berbagai transaksi keuangan lain. Dalam praktiknya, financial clerks juga bertanggung jawab membuat laporan keuangan, perpajakan.

Bahkan membuat anggaran untuk sebuah perusahaan. Profesi financial clerks selalu ada di hampir semua jenis perusahaan.

4. Accounting Receptionist

Seperti namanya, accounting receptionist adalah menjawab telepon, menyambut klien, hingga menjadwalkan pertemuan antara klien dengan staf perusahaan. Dalam praktiknya, profesi ini juga akan mengerjakan hal-hal lain terkait dengan akuntansi.

Soal teknologi, di era sekarang hampir semua profesi pasti memanfaatkan kecanggihan gadget begitu pula dengan accounting receptionist.

Jadi jangan khawatir keterampilan komputasi selama menjadi mahasiswa tidak terpakai karena dalam praktiknya, profesi ini juga akan menggunakan komputer.

5. Accounting Clerks

Apabila financial clerks fokus pada berbagai transaksi keuangan sebuah perusahaan, profesi ini bertanggung jawab dalam hal utang piutang.

Tidak hanya itu, seorang accounting clerks juga akan bertanggung jawab terhadap tata buku, pencatatan setiap transaksi, penghitungan tingkat bunga, hingga pembukuan terhadap segala hal tentang keuangan.

Jangan heran apabila posisi accounting clerks termasuk vital di sebuah perusahaan. Profesi ini sendiri cukup banyak ditemukan di berbagai jenis perusahaan mulai dari kantor pemerintahan, lembaga keuangan, perusahaan lokal dan asing, industri, organisasi, hingga startup.

Demikian prospek kerja lulusan Komputerisasi Akuntansi. Dengan segala ilmu dan pengetahuan yang diperoleh saat kuliah menyebabkan mahasiswa jurusan Komputerisasi Akuntansi bisa bertahan di era digital karena keterampilan komputasi dan programming yang dimiliki.

https://edukasi.kompas.com/read/2021/11/13/112600371/5-prospek-kerja-jurusan-komputerisasi-akuntansi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke