Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Siswa, Seperti Ini Tips Jalin Pertemanan yang Sehat

KOMPAS.com - Saat mengenyam pendidikan, siswa tidak hanya bisa menambah ilmu dari pelajaran yang diperoleh. Tapi juga belajar bersosialisasi dengan teman sebaya.

Membangun pertemanan ke arah positif tentu mendatangkan banyak manfaat. Baik di masa sekarang maupun di masa yang akan datang.

Seorang siswa yang memiliki kepribadian supel pasti akan memiliki banyak teman. Tidak hanya teman seangkatan tapi juga kakak kelas bahkan adik kelas.

Apalagi manusia sebagai makhluk sosial tentu tidak bisa hidup sendiri. Pasti membutuhkan bantuan teman atau orang lain.

Saat menjalin pertemanan, semua siswa menginginkan pertemanan sehat yang mampu memberikan dampak positif.

Tips dalam menjalin pertemanan

Merangkum dari akun Instagram Dinas Pendidikan Jawa Barat (Disdik Jabar), Sabtu (13/11/2021), membahas hal-hal kecil yang berpengaruh besar terhadap lingkaran pertemanan. Mau tahu hal apa saja yang mempengaruhi sebuah pertemanan? Mari simak bersama ulasan berikut ini.

1. Mengucapkan terima kasih

Terkadang kita lupa mengucapkan terima kasih. Padahal kata yang dianggap sepele ini berpengaruh sangat besar dalam menjalin pertemanan.

2. Tidak pelit berbagi ilmu

Tidak ada salahnya kamu menjelaskan ulang agar temanmu makin paham. Berbagi ilmu tidak akan merugikanmu bahkan mampu mengasah kembali otakmu.

3. Mengakui kesalahan

Kalau berbuat salah kepada seorang teman, kamu perlu meminta maaf. Minta maaf tidak akan membuat harga dirimu rendah, sebaliknya mampu membuang sikap egois dan aroganmu.

4. On time (datang tepat waktu)

Kebiasaan orang Indonesia kalau ada janji bertemu selalu datang terlambat atau ngaret. Bilang sudah on the way (OTW) padahal masih di rumah. Mulai sekarang biasakan on time atau datang tepat waktu karena menunggu itu sesuatu yang tidak menyenangkan.

5. Ingat nama orang

Ini yang paling penting. Saat berkenalan dengan orang atau teman baru, usahakan ingat namanya. Manusia memang pelupa, kadang ingat wajahnya tapi lupa namanya. Kalau kamu sampai salah sebut atau lupa namanya, temanmu bisa saja berpikir kamu tidak berniat berteman dengannya.

Itulah 5 hal kecil yang berpengaruh besar dalam menjalin sebuah pertemanan. Jika kamu bisa menerapkan 5 hal itu, tentunya kamu bisa mendapat teman dan memiliki lingkaran pertemanan yang sehat dan mendatangkan dampak positif.

https://edukasi.kompas.com/read/2021/11/14/083600071/siswa-seperti-ini-tips-jalin-pertemanan-yang-sehat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke