Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pertama di Indonesia, Unpad Bakal Gelar Kompetisi Hackathon Rami

KOMPAS.com - Universitas Padjadjaran melalui Pusat Studi Bioprospeksi Serat Alam dan Sumber Daya Hayati akan menggelar kompetisi hackathon di bidang rami.

Kompetisi yang akan berlangsung mulai 30 November 2021 hingga 3 Desember 2021 ini Tidak hanya perdana di Jawa Barat, namun juga menjadi kompetisi hackathon rami perdana di Indonesia.

Kompetisi bertajuk “The 1st Ramie National Hackathon” akan menantang peserta untuk menyelesaikan permasalahan berkaitan dengan tumbuhan rami (Boehmeria nivea) melalui inovasi dan kreativitas.

Selain itu, kompetisi ini juga merupakan ajang pengembangan kolaborasi antarjejaring dan ekosistem rami di seluruh Indonesia.

Ketua Pusat Studi Bioprospeksi Serat Alam dan SDH Unpad, Asri Peni Wulandari mengajak peserta untuk menerka potensi pengembangan tanaman rami di masa depan melalui kompetisi ini.

"Rami masih menyimpan begitu banyak potensi pengembangan sampai hari ini. Untuk itu, kita, pelaku industry, pengembang, dan pengguna sekalipun akan diajak untuk membuat ide bersama di ‘The 1st Ramie National Hackathon’," tutur Asri seperti dilansir dari laman Unpad, Kamis (18/11/2021).

Bekerja sama dengan komunitas bisnis The Local Enablers, kompetisi hackathon ini akan menghadirkan para mentor multidisiplin terpilih yang akan memperkaya diskusi dan pendampingan proses pembentukan inovasi.

Pendiri The Local Enabler yang juga Dosen FTIP Unpad, Dwi Purnomo mengatakan peserta juga akan diajak melihat potensi pengembangan bisnis rami dari berbagai sudut pandang.

Proses ini diharapkan mampu mengubah pola pikir bisnis rami dari semula konvensional menjadi berkelanjutan.

“Bisnis hari ini, perlu mengedepankan produk yang berorientasi pada pelanggan/user centric dalam setiap pengembangannya. Selain itu, bisnis saat ini juga membutuhkan organisasi yang tangkas/agile dalam menghadapi setiap perubahan apalagi di era digital,” kata Dwi.

Sebagai informasi, Pusat Studi Bioprospeksi Serat Alam dan Sumber Daya Hayati Unpad merupakan penyedia layanan laboratorium dan teknologi khususnya dalam pengembangan serat alam dan sumber daya hayatinya.

Pusdi BSA-SDH memberikan informasi yang dapat menunjukkan arahan bagi pengembangan biota dari sumber daya hayati agar bisa dikembangkan lebih luas.

Selain itu, Pusdi ini juga berperan terhadap upaya konservasi keanekaragaman hayati sekaligus menyediakan dasar bagi pengembangan industri bioteknologi modern di negara berkembang.

https://edukasi.kompas.com/read/2021/11/18/162835171/pertama-di-indonesia-unpad-bakal-gelar-kompetisi-hackathon-rami

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke