Salin Artikel

Tahun Depan, Untirta Bakal Punya Embung

KOMPAS.com - Tahun depan atau 2022, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) bakal memiliki embung kampus. Tentu ada banyak manfaat dengan adanya embung tersebut.

Tak hanya untuk layanan primer (menyimpan air) namun juga menjadi aspek destinasi wisata, faktor ekonomi dan sebagainya.

Sebelumnya, Untirta mengadakan pembahasan mengenai Perencanaan dan Penataan Kawasan Embung Kampus Untirta Sindangsari Tahun 2021.

Serta penyerahan Dokumen DED Embung Kampus Sindangsari kepada BBWS C3 Provinsi Banten di Ruang Rapat Gedung Rektorat Kampus Untirta Sindangsari pada, Kamis (18/11/2021).

Menurut Rektor Untirta Prof. Fatah Sulaiman, amanat Presiden ketika peresmian kampus Untirta langsung di respon oleh Menteri PUPR dan tim cipta karya.

"Mulai dari pengukuran lapangan, pengukuran teknis dan sebagainya semua terlibat dalam implementasi pembuatan embung Untirta," ujarnya seperti dikutip dari laman Untirta.

Ini menunjukan komitmen yang kuat dari pemerintah untuk bisa mewujudkan fasilitas infrastruktur yang dapat digunakan oleh masyarakat.

Karena dijadikan pelopor perguruan tinggi atau kampus sehat serta role model kampus yang terintergrasi smart and green.

Dikatakan, pihaknya kedatangan tamu dari berbagai wilayah yang ingin belajar. Nantinya juga ada sindangheula yang menjadi target objek wisata, dari mulai sport center Singdang sari, Untirta Sindangsari dan Bendungan Sindangheula itu bisa di optimalkan dari berbagai aspek.

Bukan hanya untuk layanan primer namun juga menjadi aspek destinasi wisata, faktor ekonomi dan sebagainya.

"Diharapkan embung sebagai tata kelola utama air, tapi juga bisa dimanfaatkan menjadi aset negara dan bisa di akses oleh BUMN dan masyarakat," katanya.

"Sehingga meningkatkan minat masyarakat untuk menyekolahkan putra dan putrinya ke jenjang pendidikan tinggi di Untirta," harapnya.

Embung adalah cekungan yang digunakan untuk mengatur dan menampung suplai aliran air hujan serta untuk meningkatkan kualitas air.

Embung digunakan untuk menjaga kualitas air tanah, mencegah banjir, berfungsi mendistribusikan dan menjamin kontinuitas ketersediaan pasokan air untuk keperluan tanaman ataupun ternak dimusim kemarau dan mencegah banjir di musim penghujan.

https://edukasi.kompas.com/read/2021/11/19/142347571/tahun-depan-untirta-bakal-punya-embung

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.