Salin Artikel

Webinar UGM: Ini Lho yang Dipelajari Lebih Dalam di Ilmu Komunikasi

KOMPAS.com - Bagi calon mahasiswa yang tertarik untuk ambil jurusan kuliah Ilmu Komunikasi, maka harus paham betul apa saja yang dipelajari. Sehingga bisa nyaman saat kuliah nantinya.

Sebab, yang belum paham tentang dunia Ilmu Komunikasi maka bakal berpikir bahwa kuliahnya nanti akan santai. Atau cuma belajar speaking saja. Padahal tidak demikian.

Pada Webinar Afternoon Talks gelaran mahasiswa Departemen Ilmu Komunikasi Universitas Gadjah Mada (UGM), Sabtu (13/11/2021), hal ini dibahas lebih lengkap mengenai dunia Ilmu Komunikasi.

Adapun pembicaranya ialah Damar Rizky Nuranda, former Director’s Personal Manager di Ravacana Films.

Cocok yang suka isu terkini

Menurut Damar, Jurusan ilmu Komunikasi sangat cocok bagi calon mahasiswa yang ingin mempelajari isu-isu terkini. Ilmu Komunikasi memberi ruang untuk belajar mulai dari hal-hal yang paling kita sukai, misalnya analisis film dan musik, kampanye brand, atau pemberitaan.

"Memang terkesan santai, dikiranya tidak kuliah atau cuma belajar speaking. Padahal, kita bisa mengeksplorasi banyak bidang, mulai dari pemasaran, komunikasi strategis, media, broadcasting, sampai jadi penyiar berita," ungkap Damar seperti dikutip dari laman Fisipol UGM.

Terlebih di Ilmu Komunikasi UGM, mahasiswa bisa memilih mata kuliah dari beragam peminatan, yaitu komunikasi strategis yang terdiri atas periklanan dan hubungan masyarakat, serta media yang terdiri atas media hiburan dan jurnalisme.

Dia memberi contoh dalam peminatan media hiburan, Damar belajar menulis script, cara menjual film, atau bagaimana cara produk media hiburan bisa tersampaikan ke masyarakat.

Ia juga mengambil mata kuliah peminatan periklanan yang menurutnya juga tidak kalah menarik.

Sebab, dia bisa mempelajari bagaimana mempromosikan produk, mempertimbangkan media yang akan menjadi wadah untuk promosi, serta menganalisis biaya melalui mata kuliah Perencanaan Media Iklan dan Media Planning.

Damar juga mengatakan bahwa kuliah di ilmu komunikasi membuka kesempatan untuk berkontribusi di event atau kegiatan volunteer.

Pengalaman Damar sebagai Project Manager Ajisaka, event kompetisi komunikasi oleh Ilmu Komunikasi UGM, memberinya kesempatan untuk menjalin relasi serta merangkai event, termasuk ekshibisi virtual dan kompetisi nasional secara daring.

"Kita juga bisa mencoba event di luar kampus. Jogja itu kota budaya, memberi kesempatan untuk masuk ke industri kreatif. Bisa mencoba jadi volunteer atau panitia event-event kreatif di Jogja," tutur Damar.

Selain itu, Damar juga menyarankan untuk merancang skala prioritas ketika sudah kuliah, agar setiap kesibukan yang diambil tetap bisa dipertanggungjawabkan.

"Jurusan kuliah bisa memengaruhi jalan kita ke depannya seperti apa. Perlu banyak riset tentang jurusan sebelum memilih agar tidak merasa salah jurusan," tandasnya.

https://edukasi.kompas.com/read/2021/11/21/145109371/webinar-ugm-ini-lho-yang-dipelajari-lebih-dalam-di-ilmu-komunikasi

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.