Salin Artikel

5 Mata Kuliah Ini Bakal Dipelajari jika Pilih Jurusan Farmasi

KOMPAS.com - Bagi siswa jurusan IPA, salah satu jurusan yang diminati untuk dipilih saat kuliah adalah jurusan Farmasi.

Lulusan jurusan Farmasi tentu sangat dibutuhkan oleh dunia kesehatan. Pasalnya, mereka punya pengetahuan tentang penggunaan obat-obatan secara efektif dalam ilmu kesehatan hingga pengobatan higienis.

Saat kamu memilih jurusan Farmasi, kamu akan menggabungkan ilmu Kimia dan Biologi. Tentu saat berada di perguruan tinggi, ilmu yang dipelajari akan lebih dalam.

Merangkum dari salah satu platform edukasi di Instagram yakni @masukkampus, Sabtu (20/11/2021), ada beberapa mata kuliah yang dipelajari saat memilih jurusan Farmasi. Yuk simak bersama ulasan berikut ini.

Mata kuliah di jurusan Farmasi

1. Analisis Farmasi

Saat mempelajari mata kuliah ini, kamu diharapkan bisa memahami manfaat dan prinsip penggunaan bahan tambahan dan bahan aktif yang digunakan dalam dunia farmasi. Mata kuliah ini salah satu yang terpenting lho bagi mahasiswa jurusan Farmasi.

2. Mikrobiologi Farmasi

Pada mata kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari mikrobiologi dan korelasinya dengan dunia farmasi. Di mata kuliah ini juga membahas tentang jenis sel, mikroba uni dan multiseluler, sifat persyaratan hidupnya, cara pengendaliannya, sistem metabolisme dan pertumbuhannya.

3. Kimia Analitik

Di mata kuliah ini, mahasiswa Farmasi akan belajar tentang prinsip identifikasi, separasi dan kuantifikasi senyawa-senyawa kimia dengan pengembangan metode, teknik dan instrumentasi dan juga aplikasinya di dunia kesehatan.

4. Parasitologi

Pasti kamu mengetahui apa itu parasit? Di mata kuliah ini, mahasiswa jurusan Farmasi akan mempelajari tentang parasit lebih dalam lagi.

Selain itu kami juga akan mendapatkan ilmu tentang interaksi inang-parasit, evolusi parasit dan juga diversitas parasit.

5. Kimia Organik

Mungkin kamu sudah tidak asing dengan pelajaran kimia organik. Di mata kuliah ini, kamu akan belajar tentang struktur senyawa organik reaksi kimia dan juga sintesis sederhana senyawa-senyawa organik.

Itulah mata kuliah yang bakal kamu pelajari jika memilih jurusan Farmasi. Lulusan Farmasi juga memiliki prospek kerja yang terbuka lebar. Pasalnya banyak perusahaan atau kantor yang membutuhkan lulusan Farmasi.

https://edukasi.kompas.com/read/2021/11/22/081955871/5-mata-kuliah-ini-bakal-dipelajari-jika-pilih-jurusan-farmasi

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.