Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Program Studi Animasi: Ini Mata Kuliah, Kampus, hingga Prospek Kerjanya

KOMPAS.com - Film animasi mempunyai penggemar di semua kalangan. Tak hanya anak-anak, faktanya juga banyak orang dewasa yang menyukai film animasi.

Film animasi merupakan film yang merupakan hasil dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar bergerak.

Selain dari segi gambar, cerita film animasi saat ini juga sangat menarik. Di balik film animasi, tentu ada tangan-tangan kreatif yang bekerja dari nol hingga menghasilkan suatu film.

Jika kamu tertarik membuat suatu film animasi, ada jurusan kuliah yang bisa mendukung impianmu itu lho.

Merangkum dari laman Ruang Guru, Jumat (26/11/2021), seperti disiplin ilmu lain yang terus berkembang, animasi kini menjadi suatu program studi yang memiliki dua peminatan, yaitu film animasi dan animasi game.

Pada peminatan film animasi biasanya mahasiswa lebih berfokus pada produksi film animasi. Sedangkan dalam peminatan animasi game, mahasiswa akan belajar mendesain suatu game dan berbagai macam karakter di dalamnya.

Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta menjadi salah satu kampus pertama yang memisahkan antara Desain Komunikasi Visual (DKV) dan Animasi. ISI Yogyakarta mengelompokkan Animasi di dalam Fakultas Seni Media Rekam (FSMR).

Mata kuliah program studi Animasi

Jika memilih program studi Animasi, kamu akan belajar teknik pembuatan animasi mulai dari merancang karakter 2D dan 3D, membuat storyboard, menulis skenario, hingga video editing. Mahasiswa Animasi juga akan diajari cara menambahkan sound effects pada tampilan animasi yang telah dibuat sebelumnya.

Beberapa mata kuliah yang akan kamu tempuh di semester pertama dan kedua selama kuliah di program studi Animasi antara lain:

Kampus yang menyediakan program studi Animasi

Saat ini sudah banyak kampus negeri maupun swasta yang menyediakan program studi Animasi. Selain jenjang S1, program studi Animasi juga ada di jenjang D3. Berikut kampus negeri maupun swasta yang memiliki program studi Animasi:

1. Institut Kesenian Jakarta (S1 DKV - Animasi)

2. Universitas Negeri Malang (D3 Game dan Animasi - Fakultas Sastra)

3. Institut Seni Indonesia Yogyakarta (D3 Animasi - FSMR)

4. STMM MMTC Yogyakarta (S1 Animasi )

5. Binus University (S1 DKV - Animasi Fakultas Seni dan Desain)

6. Universitas Multimedia Nusantara (S1 Film dan Animasi - Fakultas Seni dan Desain)

7. Sekolah Tinggi Media Komunikasi - Universitas Trisakti (S1 DKV - Animasi dan Game)

Prospek kerja program studi Animasi

Jika memilih program studi Animasi, tak menutup kemungkinan kamu bisa berkarier di perusahaan animasi besar, seperti Pixar Animation Studios dan Sony Interactive Entertainment. Pekerjaan yang bisa kamu lakukan dalam penggarapan film animasi seperti:

Selain pekerjaan yang berhubungan dengan animasi, ada beberapa jenis pekerjaan lainnya yang dapat dikerjakan seorang animator, seperti:

  • Pengarah konsep iklan
  • Desainer pameran
  • Sutradara
  • Editor film/video
  • Artis permainan
  • Spesialis multimedia
  • Produser musik
  • Desainer produksi, teater/televisi/film
  • Teknisi suara

Lulusan program studi Animasi tidak hanya bisa bekerja di industri animasi. Lulusan program studi animasi juga memiliki kesempatan bekerja menjadi motion designer, illustrator, produser film, sutradara, dan pekerjaan kreatif lainnya.

Demikian informasi mengenai prodi Animasi seputar mata kuliah, kampus hingga prospek kerjanya. Jika kamu punya keterampilan menggambar dan mempunyai ide-ide kreatif, prodi Animasi ini menjadi pilihanmu untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

https://edukasi.kompas.com/read/2021/11/27/103300371/program-studi-animasi-ini-mata-kuliah-kampus-hingga-prospek-kerjanya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke