Salin Artikel

Yuk Kenali 5 Hal Menarik dari Jurusan Computer Science

KOMPAS.com - Semakin maju perkembangan zaman, seseorang dengan kemampuan di bidang teknologi dan informasi sangat dibutuhkan di dunia kerja.

Jurusan yang berkaitan dengan teknologi informasi pun makin diminati calon mahasiswa. Pengetahuan di bidang teknologi informasi akan memudahkan seseorang yang mendalami bidang ilmu itu bisa memahami berbagai teknologi baru yang ada di dunia ini.

Salah satu jurusan populer di bidang teknologi informasi adalah Computer Science. Computer Science merupakan ilmu yang mempelajari tentang komputer dan sistem komputasi.

Orang yang bergelut di bidang ini biasanya melakukan proses interaksi dengan data yang kemudian disajikan ke dalam format program.

Merangkum dari laman Universitas Bina Nusantara (Binus), Senin (29/11/2021), selama kuliah, mahasiswa jurusan ini akan belajar banyak hal. Mulai dari rekayasa perangkat lunak, pemrograman sistem, digitalisasi, AI, jaringan komputer, analisis numerik, desain dan analisa algoritma.

Serta beberapa hal lain yang belum tentu bisa dipelajari di jurusan serupa. Berbagai ilmu yang dipelajari selama kuliah ini yang membuat lulusan Computer Science banyak dibutuhkan.

Jika kamu tertarik menekuni Computer Science, ada beberapa hal menarik tentang bidang keilmuan ini yang membuat banyak orang terpikat. Yuk simak bersama ulasannya.

1. Computer Science bisa memprediksi masa depan

Ketika memilih jurusan ini, mahasiswa mengenal kemampuan mengolah data. Dalam prosesnya, pengolahan data melibatkan banyak hal dan informasi sehingga bisa menghasilkan prediksi-prediksi akurat.

Seperti potensi letusan gunung berapi, populasi penduduk di sebuah negara, atau tinggi rendahnya angka kematian di sebuah tempat.

Prediksi semacam ini jelas menarik karena informasi tersebut dapat dimanfaatkan untuk membuat teknologi yang benar-benar dibutuhkan nantinya. Inilah alasan dalam penerapannya, Ilmu Komputer banyak dimanfaatkan dalam berbagai bidang mulai dari pendidikan, kesehatan, ekonomi, hingga manufaktur.

2. Bisa diterapkan di segala bidang

Computer Science termasuk salah satu bidang kelimuan fleksibel dan bisa diterapkan ke banyak bidang. Hal ini membuat lulusan jurusan School of Computer Science tidak hanya bisa bekerja di perusahaan berbasis teknologi saja tetapi juga yang bergerak di bidang lain.

Bahkan di bidang paling sederhana seperti pertanian pun, Ilmu Komputer bisa diterapkan dalam bentuk aplikasi untuk membantu para petani memprediksi musim tanam.

Lulusan Computer Science juga bisa saja menciptakan robot yang dapat membantu menyelesaikan pekerjaan seperti menyuburkan tanah, menyiram tanaman, mempercepat proses panen, hingga membantu memudahkan proses pembuatan produk hasil pertanian.

3. Peluang inovasi sangat besar

Mempelajari Ilmu Komputer juga bisa menstimulasi kemampuan mahasiswa dalam menciptakan inovasi baru. Hal ini didorong karena lingkup pembelajaran dan perkembangan bidang keilmuan ini sangat tidak terbatas. Ada banyak peluang yang bisa dimanfaatkan untuk menciptakan inovasi-inovasi bermanfaat untuk masa depan dan membantu kegiatan manusia sehari-hari.

Lulusan Computer Science bisa saja menciptakan alat sederhana seperti aplikasi untuk mengetahui lokasi hewan peliharaan atau memprediksi cuaca di tempat yang akan dikunjungi.

4. Peluang kerja bervariasi

Ilmu yang diperoleh di Computer Science bisa diterapkan di semua bidang. Hal ini membuat tenaga ahli Ilmu Komputer banyak dibutuhkan di berbagai jenis perusahaan. 

Setelah lulus, akan ada banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga, latar belakang akademik, dan keterampilan kita di bidang Ilmu Komputer. Beberapa contoh peluang karier jurusan Computer Science adalah:

  • Pengusaha di bidang digital
  • Teknisi game
  • Teknisi jaringan
  • Desainer game
  • Developer aplikasi dan software
  • Tenaga komputerisasi
  • Pendidik

5. Cakupan ilmu luas

Di Ilmu Komputer, mahasiswa tidak hanya bisa belajar tentang komputer. Tetapi juga banyak hal lain mulai dari ekonomi, keuangan, pendidikan, kesehatan, pertanian, cuaca, aerodinamis, transportasi, dan lain sebagainya.

Hal ini karena, ketika membuat sebuah inovasi, pasti dituntut untuk mengenali bidang yang terlibat. Mau tidak mau, mahasiswa jurusan Ilmu Komputer memang harus berawawasan luas dan mampu beradaptasi dengan segala kondisi.

Itulah beberapa hal menarik tentang Computer Science. Dengan informasi ini, bisa jadi bahan pertimbangan bagi kamu yang masih bimbang menentukan jurusan di perguruan tinggi.

https://edukasi.kompas.com/read/2021/11/29/181900571/yuk-kenali-5-hal-menarik-dari-jurusan-computer-science

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.