Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Cegah Osteoporosis Sejak Dini ala Dosen Unesa, Coba Yuk

KOMPAS.com - Penyakit Osteoporosis bisa menimpa siapa saja. Penyakit ini disebabkan karena penurunan kepadatan tulang. Penyakit ini bisa juga timbul karena faktor usia, jenis kelamin hingga keturunan. Seseorang yang menderita osteoporosis, kondisi tulangnya menjadi lemah dan rapuh.

Dari data yang dirilis Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), penderita osteoporosis di dunia mencapai 200 juta orang. Bahkan sebanyak 50 persen kejadian patah tulang diakibatkan osteoporosis.

Hal ini bisa memicu terjadinya kecacatan seumur hidup hingga kematian. WHO pun menyebut osteoporosis sebagai silent killer atau penyakit mematikan.

Cara cegah osteoporosis sejak dini

Dosen Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Kunjung Ashadi membagikan cara agar terhindar dari osteoporosis. Menurutnya, penyakit tulang keropos bisa diatasi sejak dini dengan melakukan beberapa cara berikut ini.

1. Aktivitas fisik atau olahraga

Kunjung Ashadi menerangkan, cara yang bisa ditempuh untuk mencegah osteoporosis yaitu dengan melakukan aktivitas fisik dan olahraga cukup dan teratur. Menurut Kunjung Ashadi, aktivitas fisik atau olahraga membuat metabolisme di dalam tubuh bekerja dengan optimal. Selain itu hormon pun bisa bekerja dengan baik. Sehingga kekuatan otot dan kepadatan tulang tetap terjaga.

Kunjung menjelaskan, untuk melakukan olahraga, direkomendasikan melakukan aktivitas olahraga 3-5 kali seminggu dengan kurun waktu antara 30-60 menit.

"Jenis olahraga yang disarankan, yaitu olahraga bersifat kardio atau melatih jantung. Misalnya dengan berjalan kali, bersepeda, jogging dan berenang. Selain itu juga bisa melakukan latihan kekuatan otot, dengan push up dan sit up, back up dan squat," papar Kunjung seperti dikutip dari laman Unesa, Jumat (3/12/2021).

2. Latihan beban

Kunjung menyampaikan, bagi masyarakat yang sudah berusia dewasa, aktvitas berolahraga bisa ditambahkan dengan latihan beban. Jika tidak memiliki peralatan beban, bisa tetap melakukan push up, sit up dan lain sebagainya.

Kunjung mengungkapkan, pada kasus patah tulang bisa disebabkan karena jatuh atau kecelakaan. Untuk mengurangi risiko patah tulang saat jatuh, Kunjung merekomendasikan melakukan aktivitas olahraga yang melibatkan gerakan keseimbangan.

"Dengan seseorang memiliki keseimbangan yang baik, akan mampu menjaga keseimbangan agar tidak jatuh dan saat jatuh pun resikonya tidak parah," terangnya.

3. Latihan keseimbangan

Kunjung menambahkan, latihan keseimbangan bisa dengan berjalan maju dan mundur pada satu titik. Kemudian, berjalan maju mundur dengan berjinjit. Bisa juga dengan maju mundur dengan tumit.

Selain itu bisa juga dengan variasi berjalan ke samping sisi kiri dan kanan untuk melatih kekuatan otot sekitar panggul.

4. Latihan gym ball

Kunjung menambahkan, salah satu aktivitas fisik yang bisa mencegah osteoporosis yakni dengan latihan gym ball. Latihan ini bisa menjaga keseimbangan dan kekuatan tulang.

Caranya dengan menggunakan bola ukuran besar sebagai tempat untuk push up, sit up dan sebagainya. Bola memiliki permukaan sempit, mudah menggelinding sehingga mendapatkan dua manfaat sekaligus yaitu melatih otot perut sekaligus melatih keseimbangan. 

5. Cukupi kebutuhan nutrisi

Selain melatih beberapa aktivitas fisik, mencegah osteoporosis sejak dini bisa dilakukan dengan memperhatikan asupan gizi.

Kunjung menekankan, asupan gizi menjadi faktor penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Termasuk kalsium dan vitamin D.

"Dianjurkan, saat melakukan olahraga di luar rumah, agar sekaligus dapat vitamin D, olahraganya pada pukul 09.00 hingga 10.00 pagi," pungkasnya.

https://edukasi.kompas.com/read/2021/12/04/204500271/5-cara-cegah-osteoporosis-sejak-dini-ala-dosen-unesa-coba-yuk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke