Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Cepat Tidur dari Fakultas Psikologi UMA

KOMPAS.com - Terkadang, seseorang pernah mengalami sulit tidur di malam hari. Tetapi jika hal itu keseringan, justru menjadi insomnia dan beban tersendiri di malam hari.

Ketidakmampuan untuk tidur di malam hari tidak hanya merugikan Anda keesokan harinya, tetapi dampak psikologis dari tidak bisa tidur dapat menghantui kepercayaan diri Anda selama berhari-hari.

Bagi yang ingin mudah tidur, maka butuh tips cepat tidur. Apa saja tipsnya?

Tips cepat tidur

Melansir laman Fakultas Psikologi Universitas Medan Area (UMA), ini tips cepat tidur:

Ciptakan rutinitas waktu tidur

Coba ciptakan rutinitas waktu tidur, dan ikuti dengan setia setiap malam. Anda bisa mulai dengan menonton acara favorit dengan secangkir teh herbal. Mandi, atau cuci muka, dan floss gigi bisa dilakukan berikutnya.

Pergilah ke tempat tidur, dan bacalah buku damai, atau renungan, lalu matikan lampunya. Setelah Anda terbiasa dengan rutinitas, tidur harus menjadi langkah alami berikutnya.

Ingat bagaimana Anda tidur nyenyak sebagai seorang anak? Itu karena orang tuamu memaksakan rutinitas waktu tidur yang teratur padamu. Cobalah sekarang sebagai orang dewasa.

Tarik napas dalam-dalam, mainkan musik lembut, atau nikmati mandi air hangat. Lakukan ini setiap hari pada waktu yang sama untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak.

Gunakan pemutar audio

Gunakan pemutar audio, sebaiknya yang dilengkapi pengatur waktu, untuk membantu Anda tertidur di malam hari. Pilih musik yang lembut dan santai.

Ada banyak produk di pasaran yang dirancang untuk membantu orang mendapatkan tidur malam yang lebih nyenyak. Anda mungkin menemukan bahwa suara selain musik membantu Anda juga.

Tidur siang

Jika Anda tidur siang untuk mengejar ketinggalan tidur, Anda sebenarnya dapat merusak kesempatan Anda untuk tidur nyenyak di malam hari. Pikiran Anda mengasosiasikan kegelapan serta waktu tidur yang konsisten dengan tidur. Ketika Anda mulai tidur siang, itu bisa mulai mengacaukan pola tidur dan pikiran Anda.

Terapi kognitif

Jika insomnia Anda semakin parah, mungkin ada baiknya untuk mempertimbangkan terapi kognitif. Dalam terapi jenis ini, Anda belajar mengidentifikasi dan mengoreksi pikiran atau keyakinan apa pun yang mengganggu tidur Anda. Ini juga memberi Anda informasi tentang mengubah pola tidur Anda dan berapa lama Anda harus tidur.

Alihkan pikiran Anda

Anda mungkin tidak akan menyelesaikan semua masalah Anda saat Anda di tempat tidur. Jika Anda merasa khawatir tentang segala hal yang bisa salah atau masalah yang perlu Anda selesaikan, alihkan pikiran Anda.

Tarik napas dalam-dalam dan pikirkan tentang sesuatu yang menenangkan atau menyenangkan. Jika perlu, bangunlah dan tuliskan hal-hal yang membuat Anda tidak bisa tidur nyenyak.

Olahraga

Olahraga akan membantu mengatur tubuh, membuatnya lebih mudah untuk tidur lebih banyak. Namun, jangan berolahraga menjelang waktu tidur. Olahraga pagi adalah yang terbaik dalam banyak hal.

Hindari meningkatkan metabolisme Anda tepat sebelum tidur. Tujuannya adalah membuat tubuh Anda melambat dengan sendirinya.

Minum teh alami

Beberapa orang tidak menyukai susu atau berusaha untuk tidak memasukkan susu ke dalam menu makanan mereka.

Jika ini masalahnya, Anda perlu mempertimbangkan untuk meminum teh tertentu dengan bahan-bahan alami. Camomile, catnip, adas dan teh adas adalah beberapa favorit saat membantu orang untuk bersantai.

Periksa kasur dan bantal

Periksa kasur Anda sesering mungkin untuk mengetahui tanda-tanda keausan. Jika Anda tidak nyaman, mungkin perlu diganti. Belilah bantal dan sprei baru bila diperlukan.

Hindari alergen saat memilih alas tidur. Meskipun bantal bulu mungkin lebih nyaman, namun hanya membuang-buang uang jika Anda alergi terhadapnya.

Lakukan yoga atau meditasi

Cobalah melakukan yoga atau meditasi sebelum tidur. Mandi, lakukan sesuatu yang nyaman, lalu lakukan yoga atau meditasi. Keduanya dapat membantu menjernihkan pikiran dari hal-hal yang membuat stres dan mengendurkan otot sehingga Anda dapat lebih mudah tertidur.

https://edukasi.kompas.com/read/2021/12/15/103207571/tips-cepat-tidur-dari-fakultas-psikologi-uma

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke