Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jurusan Arkeologi, Ini Informasi Kuliah dan Prospek Kerjanya

KOMPAS.com - Menjelang Seleksi Masuk Nasional Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), calon mahasiswa harus menentukan jurusan kuliah.

Di jenjang perguruan tinggi, banyak sekali jurusan yang bisa kamu pilih, baik dari rumpun Saintek maupun Soshum. Bagi kamu yang ingin lebih jauh tentang sejarah, jurusan yang satu ini bisa kamu pilih lho.

Ilmu Arkeologi mengkaji kehidupan manusia serta kebudayaan di masa lampau. Teknik penelitian yang dilakukan adalah melalui survei dan penggalian atau ekskavasi.

Para arkeologi ahli inilah yang berperan menemukan peninggalan-peninggalan bersejarah dari masa lalu.

Melansir dari laman Ruang Guru, Rabu (15/12/2021), jurusan ini banyak mengkaji kehidupan dan kebudayaan kuno di masa lalu lewat benda peninggalannya. Selama berkuliah, mahasiswa jurusan Arkeologi akan mempelajari budaya manusia dari berbagai zaman dengan menggabungkan ilmu sejarah dan ilmu geologi.

Mata kuliah jurusan Arkeologi

Mahasiswa jurusan Arkeologi akan banyak belajar tentang sejarah-sejarah kebudayaan dari berbagai jenis benda peninggalan masa lalu. Seperti peralatan rumah tangga, patung, prasasti, serta lukisan dan pahatan yang tertinggal di berbagai tempat.

Mahasiswa akan banyak menganalisis tentang peristiwa di masa lalu, seperti mempelajari artefak, mengkaji peninggalan purbakala. Hingga mengira-ngira berapa usia artefak yang ada.

Tak hanya mempelajari sejarah budaya dari berbagai benda peninggalan masa lalu, di jurusan ini juga belajar menganalisis artefak. Kamu akan diajarkan bagaimana cara meneliti fakta sejarah di balik artefak, menaksir umur artefak, melakukan ekskavasi artefak purbakala, hingga mempelajari pengorganisasian museum. 

Dilansir dari ugm.ac.id, mahasiswa jurusan Arkeologi akan mendapat mata kuliah seru seperti Pengantar Arkeologi, Arkeologi Prasejarah, Akeologi Arsitektur, Ikonografi, Peradaban Kuno, Paleoantropologi, Epigrafi Indonesia, Keramologi, Kuratorial Museum, Rancang Pameran, Metode Ekskavasi, dan masih banyak lagi.

Prospek kerja jurusan Arkeologi

1. Arkeolog

Jurusan Arkeologi termasuk jurusan yang sepi peminat. Hal ini mungkin karena ada anggapan lulusan Arkeologi sulit mendapatkan pekerjaan. Padahal, ada banyak peluang kerja yang bisa dicoba setelah lulus. Kamu bisa menjadi arkeolog atau ahli di bidang arkeologi. Selain itu juga bisa meneliti barang peninggalan sejarah, seperti artefak, fosil, bangunan, hingga teks dan dokumen kuno.

2. Reporter atau jurnalis

Tak hanya sebagai seorang arkeolog, lulusan Arkeologi juga bisa bekerja sebagai reporter atau jurnalis yang menulis tentang barang peninggalan sejarah di media terkenal. Seperti National Geographic. Dengan menjadi jurnalis, kamu pun berkesempatan untuk keliling dunia untuk menemukan dan mempelajari fosil-fosil.

3. Pengelola museum

Lulusan Arkeologi juga bisa bekerja sebagai manajer atau pengelola museum yang bertugas merawat benda-benda bersejarah serta mengelola museum agar bisa mendapatkan lebih banyak pengunjung.

4. Pemandu wisata sejarah

Bagi mahasiswa yang suka traveling, kamu juga bisa bekerja di industri pariwisata sebagai pemandu wisata khusus tempat bersejarah. Seperti candi, museum, dan bangunan peninggalan sejarah lainnya. Kamu pun berkesempatan untuk mengunjungi berbagai tempat bersejarah di seluruh dunia.

Universitas terbaik dengan jurusan Arkeologi

Di Indonesia, hanya ada 6 perguruan tinggi negeri (PTN) yang memiliki jurusan Arkeologi, yakni:

Demikian informasi mengenai serba-serbi jurusan Arkeologi, mata kuliah hingga prospek kerjanya. Informasi ini bisa menambah wawasan tentang jurusan kuliah dan bisa jadi pertimbangan untuk menentukan jurusan di SNMPTN 2022.

https://edukasi.kompas.com/read/2021/12/16/070000371/jurusan-arkeologi-ini-informasi-kuliah-dan-prospek-kerjanya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke