Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Atasi Vertigo dengan 4 Gerakan, Info Stikes Panti Kosala

KOMPAS.com - Bagi seseorang yang pernah mengalami pusing hebat, maka harus berhati-hati. Sebab, bisa jadi itu adalah vertigo. Apa itu vertigo?

Sebenarnya, vertigo itu bukan penyakit. Melainkan gejala masalah kesehatan tertentu. Vertigo adalah kondisi yang membuat penderitanya merasakan tubuhnya tidak seimbang dan sekelilingnya seolah berputar.

Bahkan, vertigo bisa dialami oleh semua orang. Namun, umumnya dialami oleh para orang lanjut usia (lansia). Tetapi usia produktif juga bisa mengalami vertigo.

Lantas, bagaimana jika Anda mengalami vertigo secara tiba-tiba? Melansir laman Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Panti Kosala, ini 4 cara atasi vertigo dengan gerakan efektif.

Cara atasi vertigo

1. Manuver Epley

Jika vertigo berasal dari telinga dan sisi kiri, maka:

Jika vertigo berasal dari telinga kanan, maka:

Anda tinggal mengulang instruksi yang sama dengan di atas. Duduk di atas kasur, putar kepala Anda 45 derajat ke kanan, dan lanjutkan instruksinya lanjutannya.

Lakukan gerakan ini tiga kali sebelum tidur setiap malamnya, sampai Anda tidak pusing lagi selama 24 jam.

2. Manuver Semont

Untuk pusing yang Anda rasakan dari telinga dan bagian kiri, maka:

  • Duduk di pinggir kasur Anda. Putar kepala Anda 45 derajat ke kanan.
  • Segera berbaring ke sisi kiri Anda. Tunggu 30 detik.
  • Segera pindah posisi ke sisi yang berlawanan. Jangan ganti arah kepala Anda. Tetap jaga sudut 45 derajat dan tunggu 30 detik. Lihat ke lantai.
  • Kembali duduk secara perlahan dan tunggu beberapa menit.

Lakukan gerakan yang sama untuk telinga kanan. Dan lagi, lakukan gerakan ini 3 kali sehari sampai 24 jam dan Anda merasa vertigo Anda hilang.

3. Manuver Foster/Half Somersault

Beberapa orang menyatakan bahwa manuver ini lebih mudah untuk dilakukan, caranya:

  • Berlutut dan lihat ke atas menatap langit-langit untuk beberapa detik.
  • Sentuh lantai dengan kepala Anda dalam posisi sujud, tempel dahi Anda ke lantai. Tunggu 30 detik untuk berbagai vertigo agar berhenti.
  • Putar kepala Anda ke arah telinga yang bermasalah (kalau Anda merasa pusing di sisi kiri, putar wajah ke siku kiri). Tunggu 30 detik.
  • Angkat kepala Anda sedikit sampai posisinya lurus horizontal dengan punggung Anda. Jaga kepala Anda tetap pada sudut 45 derajat. Tunggu 30 detik.
  • Segera angkat kepala Anda sampai ke posisi teratas, tapi tetap jaga kepala Anda menghadap bahu pada posisi yang sama dengan telinga yang bermasalah. Lalu, pelan-pelan bangun.

Anda bisa mengulangnya beberapa kali untuk mengurangi pusingnya. Setelah ronde pertama, istirahatlah selama 15 menit sebelum lanjut lagi ke ronde kedua.

4. Follow Up

Setelah melakukan beberapa manuver tadi, coba untuk tidak menggerakkan kepala Anda terlalu jauh ke atas ataupun ke bawah.

Jika Anda tidak merasa lebih baik selama seminggu setelah mencoba latihan di atas, bicarakan dengan dokter Anda lagi, dan tanya apa yang sebaiknya Anda lakukan selanjutnya.

Anda mungkin tidak melakukan latihan tersebut dengan benar, atau mungkin ada sesuatu lainnya yang menyebabkan sakit kepala Anda.

https://edukasi.kompas.com/read/2021/12/17/051700571/cara-atasi-vertigo-dengan-4-gerakan-info-stikes-panti-kosala

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke