Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Seperti Ini Jenis Makanan bagi Penderita Diabetes dari Akademisi UGM

KOMPAS.com - Penyakit di dunia ada banyak. Mulai dari yang ringan hingga penyakit yang tergolong berat seperti kanker, jantung, stroke dan lain-lain.

Seperti halnya penyakit diabetes. Di Indonesia masih menempati urutan ke-7 dari 10 negara dengan jumlah pasien diabetes tertinggi.

Apalagi sejak pandemi Covid-19, prevalensi pasien penderita diabetes di Indonesia mengalami peningkatan. Karena masyarakat harus bisa menjaga kesehatan dengan baik.

Akademisi dari Departemen Biostatistik, Epidemiologi, dan Kesehatan Populasi FK-KMK Universitas Gadjah Mada (UGM), Lastdes Cristiany Friday, S.Gz., MPH., memberikan penjelasan.

Menurutnya, kasus diabetes terbanyak di Indonesia adalah diabetes tipe 2 yang penyebabnya kebanyakan karena gaya hidup yang tidak benar.

"Pemilihan jenis makanan dan pengolahannya menjadi salah satu penyebab diabetes," ujar Lastdes seperti dikutip dari laman FK-KMK UGM.

Dia menjelaskan, tujuan diet pada pasien diabetes adalah menjaga gula darah tetap stabil agar dapat mendukung aktivitas sehari-hari.

Kemudian prinsip diet pada penderita diabetes sebetulnya adalah diet sehat yang memperbolehkan makanan apapun namun harus memperhatikan jenisnya, jumlahnya dan jadwalnya atau biasa dikenal dengan prinsip 3J pada pasien diabetes.

Maka, disarankan pasien diabetes tidak mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik tinggi seperti:

  1. nasi putih
  2. cornflakes
  3. jenis kue-kue manis

"Makanan ini akan mudah meningkatkan gula darah. Selain itu juga tidak memberikan gula tambahan pada makanan, cukup 4 sendok/hari saja," terang Lastdes.

Makanan bagi penderita diabetes

Sedangkan mengonsumsi buah dan sayuran sangat dianjurkan pada pasien diabetes. Namun harus memperhatikan jenis sayuran apa saja yang diperbolehkan.

Sayuran yang diperbolehkan ialah:

Sayuran tipe A seperti sawi putih, sawi hijau, timun, dan wortel adalah jenis sayuran yang tidak ada kalori sehingga aman digunakan.

Sayuran yang dibatasi:

Sedangkan sayuran tipe B seperti daun pepaya, daun singkong, dan mlinjo harus dibatasi karena mengandung kalori.

Cara mengolah makanan:

Cara mengolah makanan juga menjadi penting, karena jika mengolah makanan secara tidak tepat akan memberikan tambahan kalori pada makanan tersebut.

Cara memasak supaya bisa dimakan dan bisa merasakan enak misalnya dengan cara merebus dan ditambahkan bumbu-bumbu rempah khas Indonesia, memasak dengan dipepes juga bisa menjadi alternatif pasien diabetes.

"Disarankan untuk pasien diabetes menghindari masakan indonesia yang ada penambahan kalori berlebihan seperti penambahan santan pada rendang dan gulai," terang Lastdes.

Tak hanya itu saja, selain mengatur pola makanan, aktivitas fisik jenis aerobik seperti jalan pagi dan sepeda statis juga dapat membantu menstabilkan gula darah.

https://edukasi.kompas.com/read/2021/12/21/122624971/seperti-ini-jenis-makanan-bagi-penderita-diabetes-dari-akademisi-ugm

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke