Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Psikolog Unair: 3 Cara Bantu Korban Kejahatan Seksual Bangkit Kembali

KOMPAS.com - Luka yang timbul akibat kejahatan seksual adalah bentuk stres besar dalam hidup atau bisa dikatakan sebagai trauma. Kondisi itu tidak dapat diremehkan.

Dari kacamata ilmu psikologi, Dosen Fakultas Psikologi Universitas Airlangga (Unair) Margaretha Rehulina mengaku, korban kejahatan seksual harus segera mendapatkan bantuan konseling oleh profesional.

Bisa melalui psikolog atau psikiater, jika dibutuhkan. Tujuannya adalah membuat korban kejahatan seksual menjadi kuat dan melanjutkan hidupnya kembali.

"Keluarga atau lingkungan masyarakat sangat penting untuk membantu korban. Misalnya bantuan mengakses layanan konseling agar korban dapat melanjutkan hidupnya kembali," ujarnya melansir laman Unair, Rabu (22/12/2021).

Dia menyebut, setidaknya ada tiga cara yang bisa dilakukan untuk membantu korban kejahatan seksual menjadi lebih baik lagi.

1. Memercayai korban kejahatan seksual

Berbicara mengenai kesehatan mental korban kejahatan seksual, fakta yang terjadi cukup miris.

Pasalnya, orang terdekat seringkali tidak percaya pada cerita korban.

"Jika masih terlalu kecil, dianggap anak-anak membuat fantasi mungkin. Atau ketika dia sudah besar dianggap berbohong. Nah ini yang Justru malah menumpulkan keinginan korban untuk mencari bantuan. Akhirnya si korban akan tambah terpuruk dengan luka kejahatan seksual," kata Dosen yang sering disapa nama Retha.

2. Beri waktu ekspresikan emosi para korban kejahatan seksual

Tahapan berikutnya usai memercayai cerita korban, yakni memberikan kesempatan bagi mereka untuk mengekspresikan emosinya.

Perlu dipahami, kata Retha, berbagai emosi dapat muncul secara alamiah ketika tubuh kita dijarah oleh seseorang.

Bisa merasa marah, sedih, menangis, malu, bisa juga diam. Itu terjadi baik pada orang dewasa, anak kecil, maupun pada laki-laki.

"Nah ini jangan dipaksa untuk dikendalikan emosinya. Saya pernah lihat ada orang menangis dibilang jangan menangis kamu harus kuat. Atau sudah, bangkit, jangan ingat masa lalu," ungkap dia.

Retha menyampaikan, kondisi itu berbeda pada setiap orang. Ada beberapa orang yang butuh waktu lebih lama untuk memproses emosinya.

Untuk itu, setidaknya orang terdekat membantu dengan mendengarkan atau memberikan akses kepada konseling profesional.

"Kita perlu menyediakan kesempatan bagi korban untuk mengekspresikan, memahami, dan mengelola emosinya hingga suatu saat dia yang mengendalikan sendiri emosinya," tegas Retha.

3. Tidak perlu mengungkit cerita korban kejahatan seksual

Di samping itu, keluarga juga perlu memberikan dukungan terbaik, dengan tidak terus-menerus mengulang cerita tentang luka dan trauma korban.

Yang sering terjadi di Indonesia, sebut dia, orang-orang terlalu banyak menggali informasi yang tidak dibutuhkan.

"Jadi kalau memang membantu korban kejahatan seksual tidak perlu bergunjing, tidak perlu mengetahui detail, karena tidak perlu semua orang tahu informasi ini. Justru keluarga harus menjaga kerahasiaan tidak perlu informasi ini dibongkar untuk semua tanpa tujuan," tutur dia.

Alih-alih untuk menggali informasi, lebih baik memberikan dukungan.

Misalkan memfasilitasi minat dan potensi korban kejahatan seksual untuk melanjutkan hidupnya. Tanpa harus menggali detail traumanya apalagi mempergunjingkan.

https://edukasi.kompas.com/read/2021/12/22/191005371/psikolog-unair-3-cara-bantu-korban-kejahatan-seksual-bangkit-kembali

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke