Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Orangtua Mengenalkan Profesi pada Anak-anak

KOMPAS.com - Mengenalkan profesi pada anak membutuhkan cara yang tepat agar memudahkan mereka dalam memahaminya, di samping menambah wawasan anak terkait ragam pilihan profesi sejak dini.

Agar anak bisa memahami profesi atau pekerjaan orangtua, perlu dikenalkan dengan cara yang menyenangkan. Misalnya, merancang kegiatan yang menarik. Kegiatan apa sajakah yang dapat dilakukan untuk mengenalkan profesi tersebut? Berikut caranya dilansir dari laman Paudpedia. 

Kenalkan profesi dari orang terdekat

Orangtua bisa mengenalkan profesi ayah bunda dan anggota keluarga (misal kakek/nenek, paman, dan tante) atau orang-orang yang dikenal baik anak.

Bisa juga, secara bertahap mengenalkan profesi-profesi yang khas secara visual. Misalnya karena berseragam, atau yang sering disaksikan. Seperti karakter di film anak, seperti chef atau koki, dan olahragawan akan mudah dikenalkan kepada anak-anak kita.

Bacakan buku cerita

Bacalah bersama anak buku cerita tentang profesi tertentu lalu ajaklah anak mengobrol tentang buku itu. Obrolan bisa tentang apa yang dikerjakan oleh orang dengan profesi itu dan bagaimana supaya orang punya profesi itu.

Ketika anak diajak berkunjung ke suatu tempat

Ajak anak mengunjungi suatu tempat, misalnya keperpustakaan, museum, atau kebun binatang, ayah dan bunda bisa menjelaskan profesi orang yang ditemui.

Ayah dan bunda bisa juga mendorong anak untuk bertanya sendiri kepada orang-orang yang ditemui di tempat tersebut.

Jelaskan kepada anak apa itu profesi

Pada saat di TV terdapat liputan tentang suatu profesi, orang tua dapat langsung membicarakannya dengan anak. Misalnya ada tayangan tentang pertandingan sepakbola, orang tua dapat mendiskusikan dengan anak hal-hal yang harus dilakukan pemain sepakbola.

Orangtua dapat menjelaskan kalau pesepakbola harus makan makanan sehat, latihan dengan tekun dan disiplin, bertanding dengan sportif, tidak putus asa jika kalah, dan berdoa sebelum bertanding.

Mengenalkan profesi dengan mengajak anak bermain

Bermain adalah cara anak belajar. Banyak hal yang mereka dapatkan melalui bermain tersebut. salah satu permainan yang dapat dilakukan untuk mengenalkan profesi di antaranya main peran.

Orangtua juga dapat mengajak anak untuk bermain peran profesi tertentu. Contohnya anak diajak jadi dokter, koki, guru, dan lain sebagainya.

https://edukasi.kompas.com/read/2021/12/23/110000271/cara-orangtua-mengenalkan-profesi-pada-anak-anak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke