Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Siswa Kelas 12, Ini Tips Sukses Hadapi UTBK SBMPTN 2022

KOMPAS.com - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sudah memulai tahapan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022.

Selain jalur SNMPTN, kamu juga bisa memanfaatkan Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Nasional Masuk Perguruan Tinggi (UTBK SBMPTN) 2022 yang akan dimulai dengan pembuatan akun LTMPT pada 14 Februari hingga 17 Maret 2022 mendatang.

Berbeda dengan SNMPTN, siswa yang mengikuti UTBK SBMPTN 2022 harus melalui sebuah tes.

Merangkum dari laman Ruang Guru, Rabu (5/1/2022), bagi siswa yang akan mengikuti UTBK SBMPTN 2022, ada banyak hal yang bisa kamu persiapkan mulai dari sekarang.

Jika kamu telah mempersiapkan seoptimal mungkin mulai sekarang, harapannya akan memperbesar peluangmu berhasil lolos UTBK SBMPTN 2022. Berikut tips sukses hadapi UTBK SBMPTN 2022 yang bisa kamu terapkan.

1. Kenali jurusan dan universitas impian

Hal pertama yang perlu dilakukan para calon mahasiswa yang akan ikut UTBK SBMPTN 2022 yakni mengenal jurusan dan universitas yang diminati.

Jika hal ini tidak dilakukan, banyak yang salah langkah dan kurang memperhitungkan peluang yang ada.

Calon mahasiswa perlu tahu, berdasarkan data tahun lalu yang dikutip dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), sebanyak 184.942 peserta dinyatakan lulus seleksi di 85 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se-Indonesia melalui UTBK SBMPTN tahun 2021.

Sementara itu, angka pendaftar SBMPTN tahun 2021 mencapai 777.858 peserta.

Dari data itu, bisa dilihat persaingan sangat ketat agar berhasil lulus UTBK SBMPTN.

Karena persaingan yang sangat ketat ini harus membuatmu berjuang ekstra. Kamu harus rajin-rajin membuka informasi mengenai jurusan dan universitas impianmu.

Jangan sampai kamu salah strategi dan justru membuatmu gagal mendapatkan peluang di UTBK SBMPTN 2022.

2. Pahami syarat-syarat yang ditentukan

Pada semua seleksi masuk ke perguruan tinggi negeri, baik SNMPTN, SBMPTN maupun jalur Mandiri pasti ada syarat yang harus dipenuhi calon mahasiswa.

Oleh karena itu kamu memahami dan cermat terhadap syarat-syarat untuk pendaftaran. Jangan sampai ada berkas atau dokumen yang ketinggalan.

Pastikan kamu membaca dengan teliti syarat serta peraturan yang berlaku.

Semua informasi mengenai persyaratan pelaksanaan UTBK SBMPTN 2022 bisa dilihat langsung di laman LTMPT.

3. Memperbanyak latihan soal

Untuk masuk PTN melalui jalur SBMPTN, calon mahasiswa harus melalui tes.

Pada SBMPTN 2022, mata pelajaran yang diujikan sesuai jurusan di rumpun ilmu yang dipilih.

Siswa yang memilih kelompok ujian Sains dan Teknologi (Saintek) materi ujian Tes Potensi Skolastik (TPS) yakni Bahasa Inggris dan Tes Kemampuan Akademik (TKA) Saintek Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi.

Kelompok ujian Sosial dan Humaniora (Soshum), materi ujian (TPS) yakni Bahasa Inggris dan TKA Soshum antara lain Ekonomi, Geografi, Sejarah dan Sosiologi. 

Kelompok Ujian Saintek dan Soshum (Campuran) materi ujian TPS yakni Bahasa Inggris dan TKA Saintek serta TKA Soshum.

Dengan mata pelajaran yang diujikan pada UTBK SBMPTN 2022, jika sering berlatih mengerjakan soal ujian, otak akan menstimulasi soal-soal yang sering dikerjakan. Sehingga dapat memahami berbagai macam model soal dan cara mengerjakannya.

4. Menjaga kesehatan menjelang ujian

Selain persiapan belajar, kesehatan fisik dan mental juga perlu dijaga dalam menghadapi UTBK SBMPTN 2022.

Kamu bisa melakukan olahraga ringan supaya pikiran dan badan kamu tetap segar. Kesehatan mental dan fisik adalah yang terpenting.

Pada SBMPTN 2022, ujiannya berbasis komputer, kamu harus bisa tahan berjam-jam di depan layar komputer. Pastikan kamu selalu rutin mengonsumsi makanan sehat dan vitamin untuk menjaga stamina tubuh.

Itulah tips menghadapi UTBK SBMPTN 2022 yang bisa diterapkan para siswa. Jika sudah berusaaha maksimal, kamu juga jangan lupa berdoa agar usaha yang telah kamu lakukan bisa mendapat hasil terbaik.

https://edukasi.kompas.com/read/2022/01/05/142600971/siswa-kelas-12-ini-tips-sukses-hadapi-utbk-sbmptn-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke