Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Anak IPS, Ini 10 Jurusan Kuliah Paling Favorit yang Bisa Dipilih

KOMPAS.com - Siswa yang lulus dari jurusan IPA mempunyai tawaran jurusan kuliah yang banyak dan bergengsi, seperti Kedokteran dan lainnya.

Namun, kamu yang lulusan dari IPS jangan berkecil hati. Karena, banyak jurusan kuliah di perguruan tinggi yang bisa kamu pilih dan pastinya mempunyai masa depan yang cerah.

Pada prinsipnya, semua lulusan itu sama saja, baik dari IPA, IPS, maupun Bahasa.

Asalkan, kamu belajar dengan tekun, memilih jurusan kuliah yang tepat, dan bekerja keras, maka pintu sukses akan terbuka lebar.

Dalam memilih jurusan kuliah yang tepat, maka kamu perlu mempertimbangkan banyak hal.

Untuk itu, ada baiknya kamu perlu melakukan riset atau mencari info sebanyak-banyaknya terkait jurusan kuliah yang sedang diincar.

Dari sekian banyak jurusan kuliah yang bisa dipilih, tapi tahukah kamu ada 10 jurusan kuliah yang bisa dipilih anak IPS, karena paling favorit dan bergengsi.

Berikut 10 daftar jurusan kuliah untuk anak IPS, seperti melansir laman Quipper, Kamis (6/1/2022).

Daftar 10 jurusan kuliah yang bisa dipilih lulusan IPS

1. Jurusan Psikologi

Bisa dibilang Jurusan Psikologi adalah "Jurusan Kedokterannya" anak IPS.

Setelah lulus S1, kamu bisa melanjutkan ke jenjang S2 profesi dan menjadi seorang psikolog untuk membuka praktik konsultasi secara mandiri.

Bagaimana kalau kamu hanya lulus S1 Psikologi saja? Tidak perlu cemas, karena kamu bisa bekerja sebagai staf HRD di perusahaan dari berbagai bidang industri, mulai dari pendidikan, kesehatan, pariwisata, manufaktur, dan lain-lain.

Di jurusan ini, kamu bisa memilih konsentrasi ilmu Psikologi Industri, Klinis, Anak, dan Perkembangan.

2. Jurusan Hubungan Internasional (HI)

Jurusan kuliah favorit dan bergengsi lainnya untuk anak IPS, yaitu Hubungan Internasional (HI).

Jurusan HI ini juga banyak diminati oleh anak-anak jurusan IPS, karena dianggap menjanjikan prospek masa depan yang bagus.

Banyak profesi prestisius di mata masyarakat yang bisa diraih lulusan dari jurusan HI, seperti diplomat, konsultan imigrasi, wartawan internasional, dan konsultan politik.

Selama kuliah di Jurusan HI, kamu akan diberikan materi yang tidak jauh-jauh dari hubungan internasional antar negara seperti hukum internasional, perdagangan luar negeri, dan lain sebagainya.

3. Jurusan Ilmu Hukum

Profesi sebagai pengacara, selain sangat bergengsi juga menjanjikan pendapatan yang tinggi.

Nah, kalau kamu ingin berkarier sebagai pengacara, tentu saja harus menempuh pendidikan di Fakultas Hukum lebih dulu.

Tidak jauh berbeda dengan Jurusan Psikologi, untuk menjadi seorang pengacara kamu harus melanjutkan pendidikan profesi setelah tamat S1 Ilmu Hukum.

Pilihan profesi lainnya, kamu bisa menjadi seorang notaris dan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT).

Syaratnya, kamu harus menempuh pendidikan profesi notaris dahulu setelah lulus dari Jurusan Hukum.

Bagi kamu yang belum bisa melanjutkan ke jenjang profesi tidak perlu merasa kecil hati, karena lulusan S1 Hukum masih memiliki banyak kesempatan kerja.

Lulusan S1 Hukum biasanya dapat menduduki posisi HRD atau legal di perusahaan atau industri. Tugasnya adalah mengurus surat-surat kontrak perusahaan baik untuk karyawan maupun kerja sama bisnis.

4. Jurusan Ekonomi Akuntansi

Jurusan Ekonomi Akuntansi dipandang cukup mentereng dan kesempatan kerjanya cukup luas. Profesi apa saja yang bisa ditekuni seorang lulusan Akuntansi?

Setelah lulus dari jurusan ini, kamu bisa bekerja sebagai akuntan, akuntan publik, pemeriksa keuangan, dan sejenisnya.

Nah, di setiap kantor baik milik pemerintah maupun swasta pastinya membutuhkan seorang akuntan. Begitu juga di lembaga-lembaga ataupun yayasan pendidikan.

Di jurusan ini, materi-materi yang akan kamu pelajari, antara lain prinsip akuntansi, akuntansi keuangan, akuntansi pajak, pengendalian akuntansi, hukum akuntansi, prosedur pelaporan akuntansi, audit, dan semacamnya.

5. Jurusan Ilmu Komunikasi

Jurusan Ilmu Komunikasi memiliki cakupan yang luas, karena dapat diimplementasikan di berbagai jenis pekerjaan, termasuk menjadi artis.

Buktinya, tak sedikit dari kalangan selebritis yang memilih kuliah di Jurusan Ilmu Komunikasi.

Di jurusan ini, kamu akan belajar tentang public speaking, fotografi, pembuatan iklan, keterampilan menulis, dan lain-lain.

Setelah lulus dan meraih gelar S1 Ilmu Komunikasi, pekerjaan yang cukup bergengsi bisa didapatkan, seperti menjadi Public Relation (PR) Manager dan Marketing Manager.

6. Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV)

Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) adalah jurusan yang mempelajari tentang konsep komunikasi yang disampaikan melalui media visual seperti gambar, foto dan bentuk rupa lainnya.

Kamu nantinya dapat membuat desain logo, gambar, dan media visual lainnya sebagai sarana promosi dan informasi.

Media visual tersebut digunakan sebagai sarana untuk menyampaikan informasi tertentu atau mempersuasi (mempengaruhi) orang.

Jurusan DKV makin diminati sejak majunya era digital.

Kamu bisa menjalani profesi sebagai seorang animator, ahli multimedia, desainer grafis, dan sebagainya di berbagai institusi baik di perusahan swasta, juga pemerintahan.

7. Jurusan Administrasi Fiskal

Jurusan Administrasi Fiskal mempelajari tentang bagaimana seluk beluk dalam pengelolaan terhadap sumber kekayaan maupun keuangan termasuk pajak.

Materi kuliah khusus di jurusan ini antara lain yaitu kebijakan fiskal, dasar-dasar perpajakan seperti pajak pertambahan nilai (PPN), pajak penghasilan (PPh) dan sebagainya.

Profesi yang cocok untuk lulusan jurusan Administrasi Fiskal, seperti ahli perencanaan pajak dan pengawas bea cukai.

8. Jurusan Penyiaran atau Broadcasting

Sebenarnya Jurusan Penyiaran ini merupakan bagian dari Jurusan Ilmu Komunikasi, tetapi di beberapa kampus ada yang berdiri sendiri.

Di Jurusan Penyiaran atau Broadcasting, kamu akan belajar mengenai bagaimana menciptakan serta mengemas sebuah ide tertentu menjadi sebuah program yang menarik bagi masyarakat.

Produksi program tersebut nantinya akan disiarkan melalui media massa seperti televisi, radio, media sosial, dan lain-lain.

9. Jurusan Manajemen Perbankan

Pekerjaan sebagai pegawai bank dari dulu sampai sekarang masih dianggap bergengsi oleh kebanyakan orang.

Kalau kamu ingin menjadi seorang banker, maka salah satu pilihan jurusan kuliahnya adalah Jurusan Manajemen Perbankan.

Setelah lulus kuliah, nanti kamu akan menjadi orang yang ahli dalam menangani aktivitas perbankan, seperti pekerjaan teller dan customer service officer (CSO), karyawan unit tabungan, hingga manajer bank.

10. Jurusan Fashion Bisnis

Jika kamu menyukai bidang fashion dan ingin mendalaminya secara profesional, maka kamu bisa mempertimbangkan Jurusan Fashion Bisnis sebagai salah satu pilihan.

Jurusan ini mempelajari tentang bagaimana melakukan pengaturan pada bisnis bidang fashion termasuk bagaimana perilaku konsumen dan tren yang terjadi.

Setelah lulus dari Jurusan Fashion Bisnis, pilihan pekerjaan dan profesi yang tepat buat kamu, seperti fashion stylish, visual merchandiser atau pengusaha bidang fashion.

Jadi itulah 10 jurusan kuliah untuk anak IPS. Dari semua jurusan itu, paling tidak ada satu yang kamu pilih, tapi harus sesuai minat dan jangan ada paksaan. Dengan begitu, kamu bisa kuliah dengan baik dan lulus dengan nilai yang memuaskan.

https://edukasi.kompas.com/read/2022/01/06/130522771/anak-ips-ini-10-jurusan-kuliah-paling-favorit-yang-bisa-dipilih

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke