Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

14 Jurusan Kuliah Favorit Anak IPS, Mana Pilihanmu?

KOMPAS.com - Siswa SMA/Sederajat yang mengambil jurusan IPS tak perlu minder dengan anak IPA. Sebab, di jurusan IPS ke depannya juga bakal dihadapkan banyak pilihan.

Terlebih yang ingin melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi, tentu dimulai dengan harus memilih jurusan kuliah. Hingga disesuaikan dengan prospek kerja nanti.

Jika kamu belajar dengan rajin, maka semua akan dimudahkan dari segala hal. Bahkan mampu meraih cita-cita sesuai impian.

Kini, anak IPS harus mulai menentukan pilihan jurusan kuliah yang cocok. Apakah sesuai dengan minat dan bakatmu? Apakah prospek kerjanya menjanjikan? Bagaimana tingkat persaingannya?

Jurusan kuliah IPS

Melansir laman Quipper, Jumat (24/12/2021), berikut ini daftar jurusan kuliah favorit untuk anak IPS:

1. Hubungan Internasional

Untuk jurusan kuliah Hubungan Internasional atau sering disingkat HI ini menjadi salah satu yang favorit bagi anak IPS. Jurusan HI banyak diminati oleh anak-anak jurusan IPS karena dianggap menjanjikan prospek masa depan yang bagus.

Banyak profesi yang tergolong prestisius di mata masyarakat dijabat oleh lulusan HI seperti diplomat, konsultan imigrasi, wartawan internasional, dan konsultan politik.

Selama kuliah di Jurusan HI, kamu akan diberikan materi yang tidak jauh-jauh dari hubungan internasional antar negara seperti hukum internasional, perdagangan luar negeri, dan lain sebagainya.

2. Psikologi

Jurusan Psikologi adalah ‘Jurusan Kedokterannya’ anak IPS. Setelah lulus S1, kamu bisa melanjutkan ke jenjang S2 profesi dan menjadi seorang psikolog untuk membuka praktik konsultasi secara mandiri.

Bagaimana kalau kamu hanya lulus S1 Psikologi saja? Tidak perlu cemas karena kamu bisa bekerja sebagai staf HRD di perusahaan dari berbagai bidang industri, mulai dari pendidikan, kesehatan, pariwisata, manufaktur, dan lain-lain.

Di jurusan ini, kamu bisa memilih konsentrasi ilmu Psikologi Industri, Klinis, Anak, dan Perkembangan.

3. Ilmu Komunikasi

Jurusan Ilmu Komunikasi memiliki cakupan yang luas, karena dapat diimplementasikan di berbagai jenis pekerjaan termasuk menjadi artis. Buktinya, tak sedikit dari kalangan selebritis yang memilih kuliah di Jurusan Ilmu Komunikasi.

Tentu, di jurusan ini kamu akan belajar tentang public speaking, fotografi, pembuatan iklan, keterampilan menulis, dan lain-lain. Setelah lulus, pekerjaan yang cukup bergengsi bagi Sarjana Ilmu Komunikasi misalnya public relation (PR) manager, marketing manager, dan jurnalis.

4. Ekonomi Akuntansi

Jurusan Ekonomi Akuntansi dipandang cukup mentereng dan kesempatan kerjanya cukup luas. Setelah lulus dari jurusan ini, kamu bisa bekerja sebagai akuntan, akuntan publik, pemeriksa keuangan, dan sejenisnya.

Di setiap kantor baik milik pemerintah maupun swasta pastinya membutuhkan seorang akuntan. Begitu juga di lembaga-lembaga ataupun yayasan pendidikan.

Di jurusan ini, materi-materi yang akan kamu pelajari antara lain prinsip akuntansi, akuntansi keuangan, akuntansi pajak, pengendalian akuntansi, hukum akuntansi, prosedur pelaporan akuntansi, audit, dan semacamnya.

5. Ilmu Hukum

Profesi sebagai pengacara atau lawyer selain sangat bergengsi juga menjanjikan pendapatan yang tinggi. Jika kamu ingin berkarier sebagai pengacara, tentu saja harus menempuh pendidikan di Fakultas Hukum lebih dulu.

Tidak jauh berbeda dengan Jurusan Psikologi, untuk menjadi seorang pengacara kamu harus melanjutkan pendidikan profesi setelah tamat S1 Ilmu Hukum. Pilihan profesi lainnya, kamu bisa menjadi seorang notaris dan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT). Syaratnya, kamu harus menempuh pendidikan profesi notaris dahulu setelah lulus dari Jurusan Hukum.

Bagi kamu yang belum bisa melanjutkan ke jenjang profesi tidak perlu merasa kecil hati, karena lulusan S1 Hukum masih memiliki banyak kesempatan kerja. Seorang Sarjana Hukum biasanya dapat menduduki posisi HRD atau legal di perusahaan atau industri. Tugasnya adalah mengurus surat-surat kontrak perusahaan baik untuk karyawan maupun kerja sama bisnis.

6. Desain Komunikasi Visual (DKV)

Sedangkan Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) adalah jurusan yang mempelajari tentang konsep komunikasi yang disampaikan melalui media visual seperti gambar, foto dan bentuk rupa lainnya.

Kamu nantinya dapat membuat desain logo, gambar, dan media visual lainnya sebagai sarana promosi dan informasi. Media visual tersebut digunakan sebagai sarana untuk menyampaikan informasi tertentu atau mempersuasi (mempengaruhi) orang.

Jurusan yang satu ini makin diminati sejak majunya era digital. Kamu bisa menjalani profesi sebagai seorang animator, ahli multimedia, desainer grafis, dan sebagainya di berbagai institusi baik di perusahan swasta, juga pemerintahan.

7. Penyiaran atau Broadcasting

Jurusan penyiaran ini merupakan bagian dari Jurusan Ilmu Komunikasi, tetapi di beberapa kampus ada yang berdiri sendiri. Di Jurusan Penyiaran atau Broadcasting, kamu akan belajar mengenai bagaimana menciptakan serta mengemas sebuah ide tertentu menjadi sebuah program yang menarik bagi masyarakat.

Produksi program tersebut nantinya akan disiarkan melalui media massa seperti televisi, radio, media sosial, dan lain-lain.

8. Manajemen Perbankan

Pekerjaan sebagai pegawai bank dari dulu sampai sekarang masih dianggap bergengsi oleh kebanyakan orang. Kalau kamu ingin menjadi seorang banker, maka salah satu pilihan jurusan kuliahnya adalah Jurusan Manajemen Perbankan.

Setelah lulus nanti kamu akan menjadi orang yang ahli dalam menangani aktivitas perbankan seperti pekerjaan teller dan customer service officer (CSO), karyawan unit tabungan, hingga manajer bank.

9. Fashion Bisnis

Apakah kamu menyukai bidang fashion dan ingin mendalaminya secara profesional? Jika iya, maka kamu bisa mempertimbangkan Jurusan Fashion Bisnis sebagai salah satu pilihan.

Jurusan ini mempelajari tentang bagaimana melakukan pengaturan pada bisnis bidang fashion termasuk bagaimana perilaku konsumen dan tren yang terjadi. Setelah lulus, pilihan pekerjaan dan profesi yang tepat buat kamu antara lain fashion stylish, visual merchandiser ataupun pengusaha bidang fashion.

10. Administrasi Fiskal

Untuk Jurusan Administrasi Fiskal mempelajari tentang bagaimana seluk beluk dalam pengelolaan terhadap sumber kekayaan maupun keuangan termasuk pajak.

Materi kuliah khusus di jurusan ini antara lain yaitu kebijakan fiskal, dasar-dasar perpajakan seperti pajak pertambahan nilai (PPN), pajak penghasilan (PPh) dan sebagainya. Profesi yang cocok untuk lulusan Administrasi Fiskal misalnya ahli perencanaan pajak dan pengawas bea cukai.

Sedangkan dilansir dari laman Universitas Pasundan, ini jurusan kuliah IPS lainnya:

11. Jurnalistik

Perlu diketahui, saat ini perkembangan dunia digital dan internet mendorong media akan terus tumbuh. Imbasnya, masyarakat akan butuh informasi berita yang jelas dan akurat.

Ketika kamu tertarik kerja di media, maka harus belajar ilmu pengetahuan seputar jurnalistik. Yakni Analis Media, Ilmu Komunikasi, Creative Writing, Press Release, riset, dan sebagainya.

Sedangkan profesi atau prospek kariernya seperti Wartawan TV/koran/media online, Editor, Penulis, Copy editor, Dosen, Analis, media, Peneliti.

12. Sastra

Jika di SMA kamu suka belajar bahasa baru, maka Program Studi (Prodi) yang cocok buat kamu adalah Sastra. Karena ada banyak macam pilihan yang bisa dipelajari.

Sedangkan untuk prospek karier juga cukup bagus. Kamu bisa mengembangan karier sebagai Penerjemah, Media, Guru, Dosen, Guide, Kerja di kedubes.

13. Ilmu Politik

Setelah lulus kuliah, kamu yang mengambil Prodi Ilmu Politik tak serta merta menjadi politikus, namun kamu bisa mengembangkan karier sebagai Analis politik, Dosen, Peneliti, Aktivis LSM, Jurnalis politik, Humas.

14. Bisnis dan Manajemen

Tak hanya dapat bekerja di kantor, kamu juga bisa menjadi pengusaha. Tak heran jika prodi ini juga selalu ramau peminatnya karena prospek kerjanya cukup bagus. Setelah lulus, kamu bisa menjadi Akuntan, Analis investasi, Penasihat keuangan, Manajer pajak, Konsultan bisnis, Wirausaha.

https://edukasi.kompas.com/read/2022/01/11/131920671/14-jurusan-kuliah-favorit-anak-ips-mana-pilihanmu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke