Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Cara Mengajukan Pertanyaan Saat Interview bagi Fresh Graduate

KOMPAS.com - Bagi para lulusan baru (fresh graduate), maka langkah selanjutnya ialah mencari pekerjaan. Tentunya, setiap orang ingin mendapatkan pekerjaan yang terbaik.

Tetapi, setiap perusahaan juga ingin mencari karyawan atau pegawai yang terbaik pula. Maka, di situ HRD (human resources development) bertugas untuk menyaringnya.

Jika pelamar sudah sampai pada interview (wawancara) kerja, maka mungkin ada kesempatan dari HRD untuk menerima pertanyaan dari pelamar kerja.

Karena kesempatan ini tidak datang dua kali, maka kamu bisa bertanya kepada HRD. Namun kamu tidak bisa sembarang bertanya.

Cara mengajukan pertanyaan saat interview

Lantas, bagaimana bertanya kepada HRD yang benar? Melansir laman kitalulus.com, Jumat (14/1/2022), ini tips atau cara mengajukan pertanyaan saat interview dengan HRD:

1. Siapkan dulu pertanyaan

Tips pertama mengajukan pertanyaan untuk HRD adalah dengan menyiapkan pertanyaan yang ingin kamu tanya terlebih dulu. Dengan melakukan hal ini, kamu akan lebih siap saat ditanyakan “apakah ada pertanyaan?”

Namun sayangnya terkadang tidak semua daftar pertanyaan bisa kamu tanyakan. Kamu juga harus menyesuaikan dengan kondisi dan keadaan saat interview. Jika memang memungkinkan, baru kamu bisa ajukan pertanyaan untuk HRD.

Selain itu, tips lainnya adalah jangan tanyakan hal yang sudah dijawab pada saat interview.

2. Hal yang bisa ditanyakan

Menurutmu, pertanyaan untuk HRD yang seperti apa yang bisa diajukan? Dalam melakukan interview kerja, biasanya kita melewati proses yang panjang dan melelahkan.

Karena itu, manfaatkan kesempatan dengan mengajukan pertanyaan untuk HRD seputar pekerjaan yang kamu lamar. Pastikan kamu mendapatkan semua informasi seputar pekerjaan dan perusahaan.

Contohnya seperti budaya kerja, tahap interview selanjutnya, ekspektasi perusahaan, hingga seputar lingkungan kerja.

3. Hal yang sebaiknya tidak ditanyakan

Bagi para pelamar harus mengetahuinya, yakni ada pertanyaan untuk HRD yang sebaiknya ditanyakan, tapi ada juga yang tidak. Sebaiknya kamu hindari jenis pertanyaan yang sekiranya kamu bisa mencari jawabannya dengan mudah.

Contohnya kamu bisa mendapatkan jawabannya di internet atau sudah dijelaskan oleh HRD sebelumnya.

Lalu sebaiknya kamu juga menghindari pertanyaan untuk HRD seputar gaji dan benefit yang akan kamu dapatkan.

Biasanya jika kamu mengajukan pertanyaan untuk HRD seperti itu, staf HRD akan menilai bahwa kamu lebih memikirkan soal gaji dan keuntungan dibandingkan dengan rasa antusias dengan posisi yang dilamar.

Lalu hindari pertanyaan yang sekiranya membutuhkan penjelasan yang panjang. Sebab hal ini akan memakan banyak waktu.

Ingin tahu rasanya berhadapan langsung dengan HRD dalam interview? Ajukan lamaran kerja sekarang juga melalui KitaLulus!

KitaLulus adalah platform penyedia lowongan kerja lengkap dengan proses aman, mudah, dan bebas penipuan. Dapatkan info lowongan kerja dari seluruh Indonesia di platform ini!

https://edukasi.kompas.com/read/2022/01/18/171029471/3-cara-mengajukan-pertanyaan-saat-interview-bagi-fresh-graduate

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke