Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER EDUKASI] Penghapusan Tenaga Honorer 2023 | Jurusan Sepi Peminat UI, UGM, ITB | Lowongan BUMN

KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) akan menghapus status tenaga honorer di pemerintahan mulai 2023.

Penghapusan pegawai honorer sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2018 tentang manajemen PPPK.

Dengan demikian, pegawai pemerintah hanya akan terdiri dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK). Berita terkait penghapusan status honorer, terutama guru honorer, menjadi artikel paling banyak dibaca di kanal edukasi periode Senin-Rabu (24-26/1/2022).

Selain itu, artikel terkait jurusan kuliah dan jumlah pendaftar sedikit di Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Institut Teknologi Bandung (ITB) juga menjadi tema yang diminati pembaca. Dilanjutkan dengan artikel tentang informasi lowongan kerja di salah satu perusahaan BUMN.

Berikut rangkuman artikel terpopuler kanal edukasi Kompas.com:

1. Tenaga Honorer Dihapus, Guru Honorer Bisa Ikut Seleksi CPNS

Beberapa waktu lalu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo memberikan waktu kepada instansi pemerintah untuk menyelesaikan perihal tenaga honorer hingga 2023.

Artinya, nanti tidak ada lagi tenaga honorer di instansi pemerintah. Atau, status pegawai pemerintah mulai 2023 nanti hanya ada dua jenis, yakni Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Hanya saja, masih ada kabar baik bagi tenaga honorer. Sebab, tenaga honorer yang saat ini sudah bekerja di instansi pemerintah akan diangkat menjadi CPNS, tetapi dengan proses seleksi.

Mengacu PP 48 Tahun 2005 tentang Pengangkatan Tenaga Honorer Menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil, ada sejumlah hal yang perlu dipahami terkait pengangkatan honorer menjadi CPNS tersebut. Informasi lengkap dapat dilihat melalui laman ini.

2. Referensi SNMPTN 2022, Ini Jurusan Sepi Peminat di UI, UGM dan ITB

Salah satu tips sukses saat mendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 adalah tepat memilih jurusan kuliah.

Siswa kelas 12 harus jeli dalam menentukan jurusan kuliah. Selain sesuai dengan bakat dan minat, kamu juga harus cerdik memilih jurusan yang sesuai dengan nilai rapor yang dimiliki.

Jika punya nilai rata-rata tinggi ditambah berhasil meraih juara di berbagai perlombaan, tentu kamu memiliki peluang memilih jurusan favorit dengan keketatan tinggi.

Tetapi jika nilai rapor biasa-biasa saja, lebih baik memilih jurusan dengan persaingan aman atau yang tidak banyak diminati.

Ada beberapa jurusan di Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Institut Teknologi Bandung (ITB) yang sepi peminat pada SNMPTN 2021 silam. Mau tahu jurusan apa saja yang sepi peminat UI, UGM dan ITB di SNMPTN 2021, yuk simak bersama informasinya di laman ini.

3. Perusahaan BUMN Ini Buka Lowongan Kerja Lulusan S1

Perusahaan BUMN di bidang jasa konsultan enjiniring dan manajemen, yakni PT Virama Karya (Persero) sedang membuka lowongan kerja lulusan S1.

Virama Karya merupakan perusahaan di bidang jasa konsultan enjiniring dan manajemen yang lahir di tahun 1970. Sebelum diambil negara, perusahaan ini merupakan milik swasta Belanda bernama NV. Architecten Ingenieurs Bureau Fermon Cuypers.

Dari tahun 1971 sampai sekarang telah banyak pekerjaan-pekerjaan yang dipercayakan kepada Virama Karya. Sampai saat ini, perusahaan independen dan tidak mempunyai hubungan dengan perusahaan kontraktor manapun.

Makin berkembangnya perusahaan, maka membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni.

Melansir laman resmi Virama Karya, Selasa (25/1/2022) memberitahukan ada lowongan kerja yang sedang dibuka perusahaan BUMN ini bagi lulusan S1. Jika berminat mari simak kualifikasi yang dibutuhkan Virama Karya di artikel ini.

https://edukasi.kompas.com/read/2022/01/27/154554271/populer-edukasi-penghapusan-tenaga-honorer-2023-jurusan-sepi-peminat-ui-ugm

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke