Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Siswa, Tahukah Kamu 5 Jenis Makanan Ini Tak Punya Masa Kedaluwarsa

KOMPAS.com - Sebagian besar makanan kemasan memiliki masa penggunaan atau masa kedaluwarsa.

Biasanya produsen mencantumkan masa kedaluwarsa atau expired date (ED) ini untuk mengetahui tingkat keamanan suatu produk untuk dikonsumsi.

Tapi tahukah kamu bahwa ada beberapa makanan yang tidak mempunyai masa kedaluwarsa. Sehingga meski makanan ini tidak habis dalam jangka waktu cukup lama masih aman untuk dikonsumsi.

Merangkum dari Instagram resmi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), ada beberapa jenis makanan yang tidak memiliki masa kedaluwarsa.

5 jenis makanan yang tidak punya masa kedaluwarsa

Yuk simak bersama, makanan apa saja yang tidak mempunyai masa kedaluwarsa.

1. Madu

Rahasia di balik masa simpan madu yang abadi adalah kandungan gula alaminya yang tinggi. Selain itu madu juga bersifat asam sehingga bakteri tidak memiliki kesempatan untuk berkembang biak.

2. Pasta kering

Pasta kering mampu bertahan selama 2 hingga 3 tahun jika disimpan dengan cara yang benar. Namun tahukah kamu bahwa umur simpan pasta kering dapat diperpanjang hingga 8 sampai 10 tahun jika tertutup rapat dan disimpan di wadah yang sejuk dan kering.

3. Susu bubuk

Umumnya susu sapi asli hanya bertahan sekitar 2 minggu ketika disimpan di lemari es. Namun tidak halnya dengan susu bubuk. Susu kering penuh lemak mampu bertahan 2 hingga 5 tahun sedangkan susu kering tanpa lemak bisa bertahan hingga 25 tahun jika disimpan di lokasi yang sejuk dan kering.

Ingat ya, ini hanya diperhitungkan untuk susu bubuk bukan susu formula kering yang hanya bertahan selama 1 tahun.

4. Kopi instan

Kopi instan dapat bertahan 2 hingga 20 tahun pada suhu kamar. Jika kamu menyimpannya di lemari es atau pendingin, kopi bisa benar-benar bertahan seumur hidup. Sementara kopi bubuk dengan krim berumur hanya 18-24 bulan.

5. Beras putih

Saat disimpan di tempat yang sejuk dan kering dalam wadah kedap udara, beras putih diperkirakan akan tetap bagus selama 30 tahun. Beberapa orang berspekulasi bahwa jika beras putih disimpan di lemari es atau pendingin, beras bisa tetap segar selamanya.

Itulah 5 jenis makanan yang tidak mempunyai masa kedaluwarsa. Namun hal ini harus disertai dengan cara menyimpan yang baik dan benar terhadap 5 jenis makanan  tersebut.

https://edukasi.kompas.com/read/2022/01/29/144226071/siswa-tahukah-kamu-5-jenis-makanan-ini-tak-punya-masa-kedaluwarsa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke