Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini yang Dipelajari dan Prospek Kerja Jurusan Teknik Fisika

KOMPAS.com - Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2022 telah dimulai. Tak hanya kampus swasta, tetapi kampus negeri juga telah memulai prosesnya lewat jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022.

Tapi, calon mahasiswa apakah sudah menentukan pilihan jurusan kuliah yang cocok? Tentu, hal ini penting agar bisa sesuai dengan bakat dan minatnya.

Secara khusus, bagi yang tertarik dengan jurusan Teknik Fisika, apa ya nanti yang akan dipelajari serta prospek kerjanya?

Melansir laman Gramedia Blog, Jurusan Teknik Fisika merupakan jurusan keteknikan yang memadukan konsep-konsep engineering, ilmu Fisika dan Matematika untuk menghasilkan sesuatu yang kreatif dan inovatif.

Kamu akan dibekali dengan kemampuan riset dan pengembangan, serta perancangan dan analisa untuk berbagai sistem fisis di industri.

Nanti, lulusannya akan mampu menganalisis permasalahan teknik berbasis ilmu Teknik Fisika (Instrumentasi, Energi dan Pengkondisian Lingkungan, Material, Vibrasi dan Akustik, dan Fotonika) dan berperan aktif dalam menyelesaikan permasalahan di berbagai industri.

Adapun metode pengajaran di jurusan ini menggunakan pendekatan lab based education (LBE) untuk menyeimbangkan pengetahuan teoritis dan penerapan ilmu teknik fisika di lapangan.

Yang dipelajari di Jurusan Teknik Fisika

Perkuliahan di Jurusan Teknik Fisika akan mempelajari:

Kebutuhan lulusan Jurusan Teknik Fisika

1. Lulusan Teknik fisika bisa mulai meniti karier di bidang perminyakan dan pertambangan.

2. Teknik Fisika sebagai dasar bidang keteknikan.

3. Lulusan Fisika juga bisa bekerja sebagai peneliti di LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), Lapan (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional), Balai Penelitian Daerah, Balai Penelitian SDA, BATAN, dan Puspiptek (Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi).

4. Bidang Teknologi Informasi juga bisa tidak lepas dari Fisika, jadi lulusannya pun dapat bekerja sebagai software developer maupun analis data sains di berbagai perusahaan negeri atau swasta.

Prospek kerja Jurusan Teknik Fisika

1. Ahli Fisika

Ahli fisika atau fisikawan adalah profesi yang sangat erat kaitannya dengan penyelesaian masalah berbagai fenomena alam. Profesi ini akan menganalisis berbagai sifat dan gejala unsur pembentuk alam semesta beserta akibat-akibatnya.

2. Manufaktur dan Telekomunikasi

Sedangkan di industri pengolahan atau fasilitas produksi juga memerlukan insinyur dalam bidang instrumentasi dan kontrol untuk melakukan perawatan dan perbaikan peralatan, penyelesaian masalah ataupun perancangan sistem baru yang akan ditambahkan pada panel atau fasilitas produksi.

3. Tenaga pendidik/dosen

Tak hanya bekerja di dunia industri, lulusan mahasiswa teknik fisika juga bisa bekerja di perguruan tinggi untuk menjadi dosen dengan syarat minimal s2. Biasanya juga bisa ahli jenjang ke jurusan teknik lain seperti teknik elektro, teknik mesin, dan lain-lain.

Selain menjadi dosen juga bisa menjadi peneliti di pusat penelitian sebagai penemu dan pencipta alat atau sejenisnya.

Bagi calon mahasiswa yang ingin info lebih lengkapnya, maka bisa membuka tautan ini.

https://edukasi.kompas.com/read/2022/02/06/193855771/ini-yang-dipelajari-dan-prospek-kerja-jurusan-teknik-fisika

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke