Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini 4 Keuntungan Bisa Mahir Lebih dari 2 Bahasa

KOMPAS.com - Ada banyak orang di dunia ini yang bisa menguasai banyak bahasa di dunia. Apakah kamu juga memiliki cita-cita ini?

Hal ini bukan sesuatu yang mustahil untuk dilakukan. Ada sejumlah orang di dunia yang sudah membuktikan bahwa mereka dapat berbicara hingga puluhan bahasa sekaligus.

Mereka adalah poliglot. Apa itu poliglot?

Poliglot, adalah seseorang yang bisa mahir menggunakan lebih dari 2 atau 4 bahasa sekaligus.

Menjadi poliglot, sebetulnya bisa dipersiapkan dan dilatih baik melalui kursus bahasa atau otodidak.

Namun menjadi poliglot memiliki beberapa manfaat yang baik. Apa saja itu? Dilansir dari laman Ditjen Diktiristek, berikut manfaat menjadi seorang poliglot.

1. Otak dapat berfungsi lebih baik

Seorang poliglot memiliki otak yang dapat bekerja lebih baik, terutama saat harus melakukan perencanaan dan pemecahan masalah.

Ini disebabkan kemampuan otak yang terbiasa bekerja menerjemahkan bahasa membuatnya menjadi lebih peka dan bekerja lebih efisien.

2. Meningkatkan prospek pekerjaan

Pada era globalisasi ini, perusahaan baik lokal dan internasional akan tertarik dengan seseorang yang kemampuan menguasai banyak bahasa.

Sebab, dengan banyak menguasai bahasa maka akan mempermudah kamu atau perusahaan menjalin relasi yang kuat. Terutama, dalam urusan bisnis.

Kemampuan menguasai banyak bahasa akan sangat berguna untuk menjalin relasi dengan perusahaan luar, atau dalam proses negosiasi dengan perusahaan internasional. 

Kemampuan ini akan sangat terpakai kalau kamu ditempatkan di cabang perusahaan di luar negeri. Selain itu, banyak juga perusahaan yang mencari jasa penerjemah dengan bayaran yang cukup besar

3. Meningkatkan kemampuan memori

Kemampuan mengingat begitu banyak kosa kata dari berbagai bahasa dapat meningkatkan kemampuan memori.

4. Menekan risiko penyakit demensia

Menurut studi, seseorang yang mempelajark lebih dari satu bahasa dapat menunda perkembangan resiko Alzheimer selama 5 tahun.

Bagaimana melihat empat manfaat menjadi orang yang mahir menggunakan banyak bahasa di atas? Apakah membuatmu ingin terjun juga menjadi poliglot?

https://edukasi.kompas.com/read/2022/02/15/102003471/ini-4-keuntungan-bisa-mahir-lebih-dari-2-bahasa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke