Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Orangtua, Ini Manfaat Baik Menyekolahkan Anak Sejak Playgroup

KOMPAS.com - Setiap orangtua memiliki pertimbangan yang berbeda mengenai kapan tepatnya anak mulai sekolah, berdasarkan tujuan, manfaat, hingga biaya.

Seiring waktu, orangtua masa kini yang lebih didominasi oleh generasi milenial semakin menyadari pentingnya pendidikan anak sejak dini.

Ahli bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sekaligus Pendidik Rumah Main Cikal, Christopora Intan Himawan Putri, S.Pd M.Psi T menyatakan bahwa secara esensial anak-anak usia dini, bahkan sejak bayi wajib memperoleh stimulasi pendidikan dan dimulai dari komunitas keluarga.

Namun, dalam beberapa kondisi, seperti ayah dan ibu bekerja, pendidikan anak usia bayi direkomendasikan ke lembaga PAUD atau pendidik yang lebih ahli agar stimulasi anak dapat optimal di masa emas perkembangan manusia 0-6 tahun.

Sebagai ahli PAUD, Intan juga menjelaskan beberapa pertimbangan yang harus dimiliki oleh orangtua saat ini menyekolahkan anak sejak dini, antara lain:

Disesuaikan dengan kebutuhan anak

Menurut Intan, menyekolahkan anak sejak usia dini, terlebih di bawah tiga tahun harus dengan pendampingan program khusus dan pendampingan pendidik harus disesuaikan dengan kebutuhan anak.

“Pendidikan anak usia dini wajib dimulai sejak bayi, di mana stimulasi untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak dimulai dari komunitas keluarga. Namun, jika pertanyaannya, apakah anak bayi wajib distimulasi dengan program khusus dan bantuan dari tenaga pendidik lainnya maka jawabannya adalah menyesuaikan dengan kebutuhan dari anak dan juga lingkungan utamanya,” tutur Intan.

Rutinitas terarah saat orangtua bekerja

Intan juga menerangkan bahwa apabila anak tidak memiliki rutinitas terarah dalam keseharian saat orang tua bekerja maka sekolah sejak bayi menjadi opsi yang tepat untuk optimalkan tumbuh kembang anak.

"Jika kedua orangtua bekerja kemudian anak diasuh dengan bantuan kakek nenek atau pengasuh lainnya serta tidak memiliki rutinitas yang terarah maka sekolah sejak bayi dapat dilakukan dengan tujuan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak," ucapnya.

Penuhi kebutuhan sosialisasi sejak bayi

Apabila orang tua dengan anak bayi sudah memahami bahwa kebutuhan anak bersekolah itu penting maka anak wajib untuk disekolahkan untuk memenuhi kebutuhan bersosialisasinya.

Kebutuhan sosialisasi ini semakin disadari oleh para orangtua dari generasi milenial yang bekerja dan atau memang membutuhkan mitra.

"Seiring bertambahnya usia, kebutuhan untuk bersosialisasi dengan teman sebaya juga menjadi hal yang perlu dipertimbangkan untuk “bersekolah”. Tidak hanya orang tua yang bekerja penuh waktu (full time), orangtua yang membutuhkan mitra untuk tumbuh kembang pun juga bisa menyekolahkan anak sejak dini,” jelas Intan.

https://edukasi.kompas.com/read/2022/02/27/141149571/orangtua-ini-manfaat-baik-menyekolahkan-anak-sejak-playgroup

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke