Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perkuat Pendidikan Karakter, Sekolah Semesta Semarang Gelar "Charity Akbar"

KOMPAS.com - Sekolah Semesta Semarang mengadakan kegiatan Semesta Charity Akbar di bulan Februari 2022 ini. Semesta Charity Akbar merupakan bagian dari penguatan pendidikan karakter siswa, utamanya dalam hal kepedulian terhadap sesama.

Iskandar Mulia, GM Sekolah Semesta melalui rilis resmi (28/2/2022) menjelaskan, inti kegiatan ini adalah berbagi dengan anak yatim piatu dhuafa di Semarang dan sekitarnya.

"Sekolah Semesta berhasil mengumpulkan 646 paket dengan nilai lebih dari 160 juta rupiah dan telah didistribusi ke 15 panti asuhan di kota Semarang dan sekitarnya," ungkap Iskandar Mulia.

Dalam penutupan Semesta Charity Akbar yang digelar secara daring pada Sabtu, 26 Februari 2022, General Manager Sekolah Semesta Semarang menyampaikan kegiatan ini juga menjadi sarana memperkenalkan indahnya berbagi kepada para siswa.

"Alhamdulillah acara berjalan lancar dan khidmat. Kita sekarang sudah memasuki Tiga Bulan Mulia dalam ajaran Islam. Di Tiga Bulan Mulia ini kita sangat dianjurkan untuk beribadah lebih giat dan lebih tekun," jelasnya.

"Itulah salah satu motivasi kami dalam acara Semesta Charity Akbar ini. Kami ingin merasakan keindahan dalam berbagi dengan sesama," tambah Iskandar Mulia.

Dalam kesempatan sama, Sunarto, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I Provinsi Jawa Tengah memberikan apreasiasi atas kegiatan yang dilakukan Sekolah Semesta.

"Banyak orang yang kurang mampu di lingkungan kita dan perlu mendapat uluran tangan dari kita. Program charity ini selain bermanfaat untuk warga kurang mampu namun juga akan memberikan kepada kita yang mau berbagi," ujar Sunarto.

Ketua Semesta Charity Akbar, Ulinnuha mengatakan, kegiatan Semesta Charity Akbar merupakan program tahunan di mana aktivitas ini mengajak siswa Sekolah Semesta mulai dari PG, TK, SD, SMP dan SMA untuk berbagi dengan anak yatim piatu dhuafa.

“Ini merupakan agenda tahunan kami yang pada intinya membahagiakan anak yatim piatu dhuafa. Selain memberikan paket santunan, para anak yatim piatu juga akan diberikan hiburan berupa pentas seni maupun kuis secara daring," jelas Ulinnuha.

Mengusung tema "We Care, We Share ”, Ulinnuha yang juga merupakan guru bahasa Indonesia Sekolah Semesta menyampaikan, tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan edukasi kepada siswa Sekolah Semesta tentang berbagi dengan sesama.

"Harapannya empati anak-anak Sekolah Semesta semakin meningkat sehingga kelak nanti jika sudah lulus memiliki kepedulian yang tinggi dengan sesama," harap Ulinnuha.

Ulinnuha menambahkan, “kami berharap anak-anak Sekolah Semesta dapat mengambil makna dari kegiatan ini dengan harapan semakin peka untuk berbuat baik kepada sesama khususnya yang kurang mampu."

Ulinnuha juga menjelaskan, dana santunan berasal dari hasil bazar yang telah dilakukan jauh hari sebelumnya oleh siswa-siswi Sekolah Semesta ditambah dengan sumbangan siswa, guru, orangtua, mahasiswa, alumni dan juga kolega.

“Sejak dua bulan lalu kami telah membuka donasi, dari hasil donasi itulah kami sumbangkan untuk santunan anak yatim piatu dhuafa kali ini,” pungkasnya

Selain kegiatan donasi, dalam menyambut ulang tahun ke-23, Sekolah Semesta juga membuka jalur beasiswa untuk masuk ke SMP dan SMA Semesta Bilingual School.

Beasiswa terdiri dari beasiswa Pendidikan (beasiswa bagi siswa berprestasi), beasiswa KSN, beasiswa KOSN, Beasiswa Basket, Beasiswa Talent dan Beasiswa Tahfidz.

Pendaftaran jalur beasiswa akan diperpanjang sampai tanggal 15 Maret 2022. Info lengkap dan pendaftaran beasiswa dapat diakses melalui laman resmi sekolah Semesta https://semesta.sch.id/

https://edukasi.kompas.com/read/2022/03/01/114014971/perkuat-pendidikan-karakter-sekolah-semesta-semarang-gelar-charity-akbar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke